Memahami Pemasaran Produk

Image result for marketing management
Memahami Pemasaran Produk

Setelah memahami manajemen SDM, Keuangan, Produksi & Operasional tentunya teman-teman UMKM susah siap masuk ke dalam pembelajaran masalah marketing produk. Ilmu marketing merupakan ilmu yang sangat menarik untuk dipelajari meskipun kadang sulit untuk diterapkan.

Marketing benar-benar mengkombinasikan antara logic dan art yang membuatnya mampu menghasilkan kombinasi-kombinasi yang tidak terduga. Mungkin dalam hal theory (knowledge), para akademisi sangat menguasainya tetapi ketika dihadapkan kepada masalah riil di lapangan, maka banyak improvisasi, kepekaan dan ketrampilan yang mesti dikuasai oleh seorang marketer. 

Tidak hanya cukup dengan kemampuan komunikasi yang menjadi modal utama dalam pemasaran, tetapi kemampuan menganalisa dan mengambil keputusan juga merupakan faktor penentu dari suksesnya kinerja marketing. Bagaimana seorang marketer menghimpun data base pelanggan, berkomunikasi dengan mereka, menganalisa apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan mereka dan mengapresiasi mereka merupakan sebuah sistem yang harus dibangun dengan rapi dan alamiah agar menjadi habit dan kultur marketing.

Ilmu marketing akan terus berkembang dengan dinamis, dan kita harus selalu update dengan perkembangannya setiap saat. Kunci keberhasilan dari marketing adalah selalu update ! Baik update mengenai perkembangan teknik pemasaran yang terbaru sampai dengan teknologi yang mendukungnya.

Pada kesempatan ini, kami ingin sharing bagaimana memahami pemasaran produk melalui sebuah materi yang akan kami lampirkan berikut: 

Memahami Pemasaran Produk

































Komentar