14 Strategi yang Telah Terbukti untuk Meningkatkan Penjualan Produk Anda

Strategi Meningkatkan Penjualan

Sukses Penjualan, Praktik Terbaik Penjualan, Peningkatan Penjualan, Pelatihan Penjualan

Menemukan orang baru untuk membeli produk atau jasa Anda adalah bagian penting dari proses penjualan. Apakah Anda memiliki produk hebat tetapi tidak mendapatkan pelanggan yang tepat untuk membelinya ?Apakah Anda tidak yakin bagaimana mendekati pelanggan anda atau anda memiliki pesan penjualan yang membingungkan?Gunakan 14 tips penjualan ini untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan yang tepat yang akan membeli produk Anda.

1) Ingat, Orang Beli ManfaatOrang tidak membeli produk dan fiturnya, mereka membeli manfaat dari produk yang mereka beli. Mulai dari proses anda mengidentifikasi pelanggan ideal anda dengan membuat daftar semua manfaat bahwa pelanggan Anda akan menikmati dengan menggunakan produk atau layanan Anda.Kampanye "Berbagi Coke"Kampanye "Berbagi Coke" yang meningkatkan penjualan 4% Coca Cola hanya dengan menambahkan nama pribadi di botol Coke. Mereka mendengar kebutuhan masyarakat untuk persahabatan dan personalisasi, tidak ada yang seperti "minum Coke" dengan nama anda di atasnya. Di sini terlihat bagaimana Coca Cola mengenal dan mengetahui permasalahan pelanggannya (persahabatan dan personalisasi) dan membuat strategi kampaye tersebut di atas.

Share a Coke with ....

2) Tentukan Pelanggan dengan Jelas

Siapakah orang yang paling mungkin untuk membeli produk anda dan segera membelinya ? 

Mengetahui informasi pelanggan anda dengan jelas dan detail akan memberikan banyak keuntungan bagi anda dalam membuat strategi penjualan yang tepat. Untuk mengetahuinya, bisa dilakukan dengan membuat daftar pertanyaan tertentu, seperti:
  •     Berapa umur mereka ?
  •     Apakah mereka laki-laki atau perempuan ?
  •     Apakah mereka memiliki anak ?
  •     Berapa banyak uang yang mereka miliki ?
  •     Apakah mereka memiliki latar pendidikan ? 

Kenali Pelanggan Anda ?

3) Mengidentifikasi Masalah dengan Jelas


Masalah apa yang pelanggan Anda memiliki yang dapat anda atasi ? Jika anda telah mengidentifikasi pelanggan anda dengan benar, orang-orang ini akan membayar anda untuk memecahkan masalah mereka.

Jika pelanggan tidak tahu mereka memiliki masalah, maka mereka tidak akan membeli produk anda. 
Jika pelanggan tidak tahu masalah yang mereka hadapi maka anda akan memberi tahu pelanggan anda tentang masalah yang mereka hadapi. 
Jika pelanggan tahu mereka memiliki masalah, dan mereka tidak tahu solusinya maka peluang anda untuk memecahkan masalah anda  dengan produk yang anda miliki.

4) Mengembangkan Keunggulan Kompetitif AndaAnda harus menentukan keunggulan kompetitif anda, memberikan alasan mengapa membeli produk atau jasa yang anda jual, dalam hal manfaat atau hasil yang pelanggan anda akan nikmati dari pembelian produk atau jasa anda tersebut yang tidak akan mereka nikmati dari pembelian produk atau jasa dari pesaing Anda .Fokus pada manfaat dari apa yang membuat produk A\anda lebih baik daripada pesaing.

5) Gunakan Content dan Social Media Marketing untuk Keuntungan AndaAda begitu banyak cara mempromosikan produk anda ke pelanggan daripada sebelumnya. Apa bagian terbaiknya ? Mereka semua gratis. Anda dapat menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan blog Anda untuk keuntungan anda. Dengan membangun hubungan dengan pelanggan Anda melalui saluran ini Anda dapat mengakses lebih banyak orang daripada sebelumnya.Beberapa manfaat dari pemasaran konten meliputi:
  •  Akses lebih untuk prospek yang berkualitas.
  •  Lebih banyak saluran untuk menjual produk Anda.
  •  Biaya yang lebih rendah untuk memperoleh pelanggan.
Berikut ini adalah grafik dari seberapa cepat data yang dihasilkan di internet. Lihatlah situs media sosial. Bukankah akan luar biasa untuk meningkatkan pemirsa ini ?

 

6) Kadang-kadang, Anda Perlu Melakukan Cold Call


Cold Call prospek potensial bisa membuat frustasi. Apakah anda melakukannya secara pribadi via telepon ? Itu adalah tugas anda untuk menghangatkan pelanggan potensial. Apalagi jika produk anda ada yang baru, anda mungkin harus membangkitkan minat dengan menelepon pelanggan Anda.

Cold Call adalah ketika kita menghubungi prospek kita melalui telepon untuk membuat janji bertemu, sehingga kita dapat mempresentasikan produk/ jasa kita secara langsung. Biasanya, bagian ini adalah bagian yang paling "dibenci" oleh kebanyakan sales people, karena besarnya kemungkinan ditolak oleh prospek.

7) Coba Metode 100 Panggilan Ketika Anda Mulai MenjualIni adalah metode yang saya kembangkan ketika saya pertama kali mulai menjual untuk mengatasi ketakutan ditolak. Menjangkau 100 pelanggan secepat yang anda bisa. pada akhirnya anda tidak benar-benar peduli tentang hasil penjualan anda, hanya jumlah orang yang anda hubungi. Anda akan menjadi takut ketika menjual produk anda. 

8) Pilih Harga yang TepatLakukanlah riset pasar pesaing anda untuk menentukan harga yang tepat. Jika Anda memiliki produk mahal, bersiaplah untuk memberikan kualitas lebih kepada pelanggan anda. Harga dapat ditentukan oleh "nilai yang dirasakan" dari produk Anda. Jika Anda dapat membuat produk Anda tampak lebih unggul dari pesaing Anda, Anda dapat menetapkan harga yang lebih tinggi.

9) Pelajari Teknik NegosiasiNegosiator terampil biasanya cukup prihatin dengan memberikan solusi atau pengaturan yang memuaskan kedua belah pihak. Mereka mencari apa yang disebut "win-win solution" situasi, di mana kedua belah pihak puas dengan hasil negosiasi.Negosiator terbaik memiliki ini 3 Kualitas:
  •     Mereka mengajukan pertanyaan yang baik untuk mengetahui apa yang Anda butuhkan.
  •     Mereka sabar.
  •     Mereka mempersiapkan dengan sangat baik.
10) Membuat Presentasi EfektifDalam menjual adalah penting untuk membuat presentasi penjualan kreatif dan menarik untuk pelanggan Anda. Salah satu dari banyak cara untuk membuat presentasi yang efektif dengan menggunakan PowerPoint.

Dan hal ini selalu saya ingatkan kepada teman-teman UMKM untuk selalu belajar membuat presentasi bisnis yang menarik untuk memudahkan akses ke pasar melalui internet. Banyak yang sudah menyadarinya, tetapi lebih banyak lagi yang tidak mampu membuatnya karena tidak sadar atas pentingnya presentasi tersebut atau memang tidak bisa membuatnya.

11) Fokus Pada Menjaga Pelanggan Anda Selamanya.
 "Awalnya pelanggan, seterusnya adalah pelanggan."

Setelah pelanggan membeli produk Anda, hal ini bukan akhir dari hubungan anda dengan mereka. Fokus pada menjaga hubungan yang kuat dengan pelanggan anda. Hal Ini akan menciptakan lebih banyak kepercayaan dan menambah nilai produk Anda.

12) Tawarkan Pelanggan Potensial Sesuatu yang Benar-Benar Besar, Gratis.Pelanggan ideal Anda jauh lebih mungkin untuk membeli produk anda jika anda memberi mereka preview untuk mencoba. Rekam video singkat tentang produk anda dalam tindakan, memberi mereka sepotong gratis konten yang benar-benar hebat dan mendapatkan pelanggan Anda bersemangat untuk apa yang berikutnya.

13) Berikan Pelanggan Anda Inside ScoopJika Anda akan melakukan promo sales pada produk Anda, beritahu pelanggan anda tentang hal itu. Mereka akan senang mendengar tentang hal itu, dan itu akan membangun kepercayaan dengan mereka. Mereka bahkan dapat membeli lebih karena itu.

14) Pesan Berbeda Untuk Pelanggan BerbedaMemilih satu atau dua manfaat dari produk anda dan menyatakannya jelas di headline penjualan. Membuat jelas kepada pelanggan PERSIS apa yang akan produk anda lakukan untuk mereka. Jadilah spesifik. Jika produk Anda memiliki beberapa keuntungan, buatlah pesan penjualan untuk pelanggan yang berbeda.


Dari 14 strategi tersebut, strategi mana yang telah anda terapkan dalam penjualan anda ? Silahkan berbagi di komentar,.

Komentar