Tips Pengajuan Proposal Kredit Ke Bank

Pengajuan Proposal Kredit Ke Bank

Belakangan ini banyak bank-bank besar mengucurkan kredit untuk kalangan usahasegmen KUKM. Bahkan ada bank yang mendirikan unit/divisi yang khusus menanganikredit mikro, seperti Bank Danamon membentuk KUKM Center. Hal ini dimaksudkanuntuk lebih mendekatkan bank dengan kalangan KUKM. Namun sayang, banyakpengusaha dikalangan KUKM masih gamang dengan hal-ikhwal kredit. 
Hal ini boleh jadi karena ketidaktahuan mereka tentang seluk beluk pengajuan kredit dan pengucurannya. Jika Anda atau koperasi Anda ingin mendapatkan pinjaman dari bank, maka Anda perlu mengetahui step-step yang harus dilalui. Nah, berikut ini proses atau alur kerja permohonan dan penyaluran kredit.
 
1. Persiapan Sebelum ke Bank 

Sebelum Anda pergi ke bank, sebaiknya Anda terlebih dahulu menyiapkan beberapa dokumen penting, antara lain: 

a. Membuat proposal yang bankable (memenuhi syarat perbankan) yang meliputi:
  • Data historis usaha
  • Perkembangan usaha (neraca dan rugi laba);
  • Sumber dan penggunaan dana
  • Jenis, jumlah, dan penggunaan kredit;
  • Penerimaan dan pengeluaran dalam bentuk arus kas (cashflow); 
b. Administrasi dan legalitas usaha. 

Jika Anda telah menyiapkan semua dokumen dan berkas sebagai penunjang permohonan kredit, langkah selanjutnya Anda menemui petugas bank di bagian kredit. Biasanya Anda akan diberikan formulir (isian) permohonan kredit.

2. Mengisi Formulir Permohonan Kredit 

Di bank tertentu, formulir permohonan kredit Anda diisi oleh petugas bank. Jadi, Anda hanya diwawancarai saja. Namun, tidak menutup kemungkinan, di bank lain Anda akan mengisi formulir sendiri. Formulir tersebut pada umumnya berisi tentang data pribadi, profil usaha, pengalaman usaha, jumlah pengelola, jumlah karyawan, jenis dan pemasaran produk (barang atau jasa) termasuk bahan bakunya, omset usaha, profit margin rata-rata, modal, jaminan, tujuan penggunaan kredit, kebutuhan kredit, kepemilikan jaminan, dan lain sebagainya. 

Setelah formulir diisi dan ditandatangani oleh Anda, lalu diserahkan kembali kepada petugas bank, maka bank akan melakukan berbagai analisa atas permohonan kredit Anda tersebut.

3. Analisa Awal Pejabat Bank 

Analisa awal dilakukan bank dengan cara antara lain: 
  • Wawancara. Gunanya untuk untuk mencari kebenaran data di dalam formulir permohonan kredit dan data tambahan yang diperlukan bank.
  • Call visit (kunjungan pihak bank ke tempat usaha Anda).
  • Call report (laporan kunjungan) 

4. Analisa Lanjutan oleh Bank 

a. Analisa Keuangan menyangkut:
  • Likuiditas, kemampuan prototype usaha dalam membayar utang yang jatuh tempo.
  • Leverage, mengukur seberapa besar asset calon debitur yang dibiayai oleh bank (kreditur). Kalkulasi ini dapat dilihat melalui komparasi total utang yang dimiliki dengan modal sendiri, perbandingan total utang dengan modal sendiri, dan perbandingan antara pendapatan bersih dengan bunga yang harus dibayar.
  • Aktivitas usaha, dinilai oleh bank melalui perbandingan pembayaran yang diterima dengan persediaan barang, perbandingan-perbandingan penjualan dengan persediaan total asset, serta perputaran modal kerja dalam setahun.
  • Profitabilitas atau kemampuan menghasilkan keuntungan, diukur melalui perbandingan laba bersih dengan total asset, serta perbandingan laba bersih dengan modal sendiri. 

b. Analisa Usaha/industri
c. Analisa Manajemen
d. Analisa Yuridis Usaha
e. Analisa Karakter
f. Analisa Jaminan 

5. Persetujuan/Penolakan Kredit 

Setelah melakukan analisa-analisa tersebut diatas, bank akan menyetujui atau menolak permohonan kredit Anda. Jika bank menyetujuinya, maka Anda (calon debitur) akan memperoleh offering letter (surat persetujuan prinsip bersyarat) dari bank yang bersangkutan. 

6. Pengikatan/Perjanjian Kredit 

Bila Anda (calon debitur) setuju atas persyaratan yang termuat dalam offering letter, maka akan dilanjutkan dengan pengikatan pembiayaan (kredit) dan jaminan. 

7. Pencairan Kredit (Pembiayaan) 

Setelah offering leffer yang dilanjutkan dengan pengikatan/ perjanjian kredit (utangpiutang) maka proses selanjutnya adalah pencairan dana. Tiap bank mempunyai kebijakan berbeda. Seperti Bank Muamalat, Anda tidak akan diberi uang dalam bentuk cash, tetapi barang yang Anda butuhkan sesuai dengan usaha Anda. Pemilihan produsen atau pedagang yang menjual diatur dalam kesepakatan antara debitur dan kreditur. 

8. Monitoring 

Bank akan melakukan monitoring (pengawasan) terhadap usaha Anda agar dapat berjalan secara sustainable (berkesinambungan) dan meningkat menjadi besar. Sistem nomitoring yang dijalankan sesuai kebijakan masing-masing bank. Biasanya, sifatnya timbal balik, Anda membuat laporan kegiatan usaha, dan pihak perbankan akan mendatangi usaha Anda. 

9. Pelunasan Utang 
Hutang yang Anda peroleh dari bank, mempunyai hak untuk dibayar. Buatlah budget anggaran setiap bulan dari penyisihan laba usaha Anda. 
Demikian tips pengajuan proposal kredit ke bank ini di sampaikan, semoga bermanfaat bagi pembaca RumahUMKM.Net sekalian.
Penulis: Ayi Muzayini Kosasih

Komentar