5 Cara Mengetahui Apa yang Diinginkan Customer Sebelum Mereka Membeli

Salah satu kiat sukses penjualan adalah bagaimana kita mengenali customer kita, semakin baik kita mengetahui apa yang diinginkan oleh cusomer maka semakin mudah proses penjualan dilakukan. Bagaimana mengenali keinginan customer ? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagaimana uraian di bawah ini:
  • Kecenderungan pelanggan menjadi kurang loyal dan jauh kurang percaya sebagaimana biasanya. Hal ini terjadi pada saat persaingan menjadi mulai ketat dan customer menjadi punya banyak pilihan.
  • Konsumen memiliki kekuatan lebih dari sebelumnya, berkat media sosial, mudahnya mengakses belanja online, dan banyaknya pilihan. 
  • Keragaman pelanggan terus meningkat, menempatkan premium pada mikro-segmentasi dan wawasan pelanggan yang mendalam.
  • Meningkatnya rasio noise-to-data, banjir data yang disebabkan oleh Internet benar-benar dapat membuat lebih sulit untuk memahami pelanggan Anda.
  • Ketidakpastian ekonomi dan data yang berlebihan membingungkan pelanggan juga, membuat mereka kurang tertarik dengan produk daripada fleksibilitas, solusi adaptif.

Untuk mendekati "klien yang lebih menuntut" ini, Anda benar-benar perlu untuk mengetahui apa yang ada di dalam benaknya. Berikut adalah 5 cara untuk melakukannya:
  • Menempatkan diri di sisi pelanggan Anda. Lihatlah di luar bisnis inti Anda dan memahami berbagai pilihan pelanggan Anda, serta ekosistem pemasok, mitra dan lain-lain. yang Anda merupakan bagian dari hal ini. Latihan ini juga akan memperdalam pemahaman Anda tentang pesaing dan membantu Anda lebih baik mengantisipasi gerakan mereka.
  • Melibatkan ke dalam pesanan pelanggan. Melacak pengalaman pelanggan utama saat mereka melintasi jalur perusahaan Anda dan perhatikan bagaimana pengalaman buruknya saat melakukan pesanan. Beberapa rumah sakit meminta pekerja magang untuk mengalami proses check-in sebagai pasien palsu. Salah satu klien meminta manajer untuk mendengarkan call center-nya. Jika Anda tidak bisa menempatkan diri melalui pengalaman pelanggan tersebut, cobalah latihan role-playing di semua titik pengalaman pelanggan terhadap perusahaan Anda.
  • Lengkapi "team pelanggan" dengan berbagai bidang ilmu. Suatu bank menambahkan anggota kelompok dukungan back-office untuk tim pelanggan, melengkapi peran saat menghadapi pelanggan. IBM mengirimkan tim senior dari berbagai disiplin ilmu ke lapangan untuk memenuhi pelanggan dan mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana cara untuk melayani mereka dengan lebih baik.
  • Belajar bersama dengan pelanggan. GE mengundang pelanggan papan atas di China, bersama dengan eksekutif lokal dan manajer account, untuk seminar tentang kepemimpinan dan inovasi. Melakukan hal ini tidak hanya membantu eksekutif GE lebih memahami pola pikir rekan-rekan China; tetapi juga membantu mereka untuk mempengaruhi pola pikir itu.
  • Berdiri ke depan dan mengantisipasi. Fokus pada apa yang pelanggan inginkan besok, sebagaimana Steve Jobs dan Richard Branson melakukannya dengan baik. Cobalah untuk membayangkan masa depan yang berbeda dan berjangka waktu melalui alat seperti perencanaan skenario dan kemudian mengeksplorasi hal yang mendasari pergeseran pasar dapat mempengaruhi pelanggan Anda.

Ingat bahwa kadang-kadang Anda harus keluar dari cara yang biasa Anda lakukan untuk benar-benar memahami pelanggan Anda. Anda cenderung mendengarkan masalah yang sesuai dengan penawaran Anda sendiri, yang dapat menyebabkan Anda kehilangan kesempatan penting, atau yang sering membutakan anda terhadap apa yang diinginkan oleh pelanggan.

Komentar