Kerajinan Tas Kulit dari Semarang, Belum Banyak yang Mengetahuinya.

Kerajinan Tas Kulit Semarang

Jika tidak karena manangani sendiri pembinaan UMKM di Kota Semarang, mungkin kami tidak pernah tahu jika di Semarang ada beberapa UMKM produsen tas kulit yang menurut saya sudah layak diajak promosi produk Semarang.

Adalah Palupi Craft dan Zawa Leather Bag yang kami coba bantu promosi dan pemasarannya. Palupi Craft berdomisili di daerah Tlogosari Semarang Timur dan Zawa Leather Bag berdomisili di daerah Erowati Semarang Barat. Pelan tapi pasti mereka mengalami progress yang cukup signifikan dalam pembenahan kualitas dan desain.

Untuk kerajinan tas kulit ini, hal yang paling mendasar adalah desain, pemilihan material dan pembahanan, cutting, stiching dan finishing. Desain memegang peranan yang sangat penting dalam visualisasi produk di mata customer. Pemilihan material dan pembahanan juga menjadi faktor penentu daya gedor pasar, disamping cutting dan stiching (jahitan) yang rapi dan finishing produk.

Memang pada awalnya kelemahan UMKM adalah dalam hal desain, tetapi dengan banyak referensi kelemahan ini berangsur-angsur sudah berkurang. Terbukti dengan munculnya desain-desain baru dari UMKM binaan kami tersebut yang cukup "eye catching" dan menarik untuk pasar import. Kombinasi kulit dengan batik dan kulit dengan rajutan memang membawa daya tarilk yang luar biasa.

Dengan peralatan yang sudah diperbaharui dan dengan peningkatan skill dari pekerja, masalah cutting, stiching dan finishing pun sudah tidak menjadi masalah lagi. Ternyata UMKM kami ini mau dan berani berinvestasi dengan mesin-mesin yang lebih canggih dari sebelumnya, sehingga kualitas dan kapasitas bisa ditingkatkan.

Beberapa buyer dari luar negeri seperti dari Singapore, Selangor dan Sabah juga sudah mempertanyakan kepada kami untuk peluang kerjasama dengan kedua UMKM tersebut. Kami memang sedikit mengulur waktu agar UMKM binaan kami tersebut sudah cukup waktu untuk membangun kepercayaan diri untuk pasar ekspor. Setelah beberapa bulan kami mengulurnya, sepertinya sudah waktunya bagi kami untuk mempromosikan produk tersebut, baik melalui GetAsean.Com maupun pemasaran secara langsung.



Produksi PALUPI CRAFT Semarang

Produksi PALUPI CRAFT Semarang

Produksi PALUPI CRAFT Semarang

Produksi PALUPI CRAFT Semarang

Tas Batik & Kulit dari PALUPI CRAFT Semarang.

Anyaman, Khasnya Produksi ZAWA Leather Bag.

Untuk Ukuran Berbahan Kulit, Tas ini Tidak Mahal.

Desain Harus Sederhana.

Zawa Leather Bag, Cukup Berkelas.


Add caption

Tas Kulit Zawa, Hardware Pun Kami Perthatikan dengan Seksama

Mencoba Tas ini Untuk Traveling, Ternyata Asyik, Tambah PD.

Inovasi Dari Zawa Leather Bag

Yang ini Belum Sempat Kebeli Oleh Kami, HeHe

Tas Kulit + Songket, Kelihatan Mewah.

Tas Batik + Kulit, Perlu Lebih Kreatif Lagi.

Tas Batik + Kulit

Koleksi Tas Kulit + Batik dari Zsawa Lether
Kami dari Rumah UMKM yakin ketika produk ini sudah dipasarkan secara luas, pasti permintaan dari pasar akan mulai terlihat. Kami juga akan meminta kedua UMKM kami tersebut membuat strategi harga yang mampu menarik reseller untuk ikut berkiprah, baik dalam pemasaran konvensional maupun dalam pemasaran online.

Bagi pembaca yang berminat menjadi reseller untuk produk ini silahkan kontak Rumah UMKM untuk kami atur diskusinya dengan kedua UMKM binaan kami tersebut.






Komentar