Cash Flow, Hal Penting Dalam Bisnis

Image result for keep your cash flow
Cash Flow, Hal Penting Dalam Bisnis
Cash flow amburadul, maka bisnis pun amburadul. Inilah sebabnya banyak usaha skala UMKM yang tidak lulus sejak awal karena mereka benar-benar tidak paham bagaimana mengatur cash flow usaha mereka. Tulisan di bawah hanyalah untuk mengingatkan kepada teman-teman UMKM untuk fokus pada beberapa hal, bukan memberikan edukasi lengkap tentahg cash flow.
Setidaknya dengan peringatan ini, teman-teman lebih berhati-hati dalam mengatur cash flow usahanya. Agar bisnis yang dikelola nantinya bisa menghasilkan laba atau keuntungan yang besar serta dapat meningkatkan laba tersebut secara terus menerus, maka teman-teman UMKM harus bisa mengatur cash flow seoptimal mungkin. 
Terdapat beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mengelola cash flow dalam bisnis. Silahkan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Memulai bisnis baru memanglah tidak mudah untuk dilakukan. Apalagi jika Anda memulainya sendiri tanpa mengetahui apa saja yang harus dilakukan. Namun Anda tidak perlu khawatir. Di zaman yang semakin modern saat ini, melalui internet Anda bisa mencari tahu informasi sebanyak mungkin mengenai bagaimana cara memulai bisnis yang baik dan menguntungkan. Di samping itu, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan jika Anda sudah mulai menjalankan bisnis yang Anda miliki sekarang, salah satunya yaitu bagaimana cara mengelola cash flow secara baik dan benar. 

1. Minimalkan Stok 

Stok dapat diartikan dengan uang yang berhenti. Stok yang masih ada karena sedikitnya pembelian, akan menjadi pengeluaran yang sia-sia. 

2. Utamakan Terima Uang Di Depan 

Sistem menerima uang di muka sama halnya dengan Anda telah memiliki modal yang banyak. Untuk menerapkan sistem tersebut, Anda harus bisa mengurangi jumlah pembeli yang melakukan pembelian dengan cara kredit. 

3. Pastikan Cash In Lebih Besar Daripada Cash Out 

Untuk dapat menghasilkan keuntungan yang besar, Anda harus memastikan bahwa pemasukan Anda lebih besar daripada pengeluaran Anda. 

4. Alokasikan Pendapatan Anda Agar Lebih Terstruktur 

Pendapatan atau pemasukan Anda harus dialokasikan supaya lebih terstruktur, seperti misalnya dari 100 persen pendapatan Anda, 10 persennya untuk biaya ternak uang, 20 persennya untuk biaya cadangan, dan 70 persennya untuk biaya operasional. 

5.Bila Hutang Pastikan Cash Flow Mampu Membayar 

Maksud dari hal tersebut yaitu pastikanlah orang yang memiliki hutang harus bisa membayar pada waktu yang tepat dan sesuai dengan nominal atau jumlah yang telah ditentukan. Cara ini akan mempermudah Anda dalam mengelola cash flow bisnis Anda dengan baik. 

6. Atur Penerimaan Cash Flow 

Anda harus bisa mengatur penerimaan cash flow dengan baik. Seperti misalnya Anda melakukan pengelolaan dan pengaturan cash flow dari segi pendapatan. Dengan melakukan hal tersebut akan diketahui dari mana saja masuknya cash flow tersebut. 

7. Atur Pengeluaran Cash Flow 

Lakukanlah pengelolaan dan pengaturan cash flow dari segi pengeluaran. Dengan begitu Anda akan tahu cash flow yang keluar digunakan untuk apa saja.

Itulah beberapa cara yang perlu Anda terapkan untuk mengelola cash flow bisnis Anda secara benar. Dengan menerapkan cara-cara tersebut, diharapkan bisnis yang baru Anda kelola dapat berjalan dengan baik dan bisa meningkatkan laba bisnis Anda. Semoga informasi yang telah dibahas tersebut dapat bermanfaat.

Komentar