Laman

  • Home

Senin, 29 Mei 2017

Pemasaran Produk Melalui Internet

Image result for Internet Marketing
Pemasaran Produk Melalui Internet
Peran Media Online bagi Perkembangan Usaha Anda 
 
Internet sudah merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam bisnis, tidak terkecuali bisnis skala UMKM. Pelaku usaha saat ini seolah "dipaksa" untuk mengakrabinya, atau mereka benar-benar akan ketinggalan informasi maupun aplikasinya. Jika dikatakan bahwa ini adalah hal baru, tentunya bukan, karena internet sudah mulai dikenal lebih dari satu dasa warsa. Hanya saja saat ini, kemunculan android beberapa tahun lalu, benar-benar membuat percepatan yang luar biasa dalam dunia internet.

Dunia dalam genggamanmu, benar-benar terbukti karena hampir semua tangan sekarang bisa memainkan internet. Informasi menjadi hal yang sangat mudah saat ini, termasuk beberapa applikasi jejaring sosial semakin meluas melalui android.

Semakin mudah, semakin cepat, semakin luas dan semakin murah adalah fakta-fakta yang tidak bisa terhindarkan dalam dunia usaha saat ini. Hampir semua peusahaan besar telah memanfaatkan fasilitas ini untuk promosi dan pemasarannya, lantas bagaimana dengan UMKM ?
 
Media promosi yang sangat efektif

Media online juga memberikan ruang seluas-luasnya bagi para pelaku usaha untuk mengenalkan dan menginformasikan produk atau jasa yang mereka ciptakan kepada khalayak ramai. Melalui jaringan internet, Anda bisa mempromosikan produk atau jasa tersebut melalui website, iklan online, mailing list, jejaring sosial, blog, komunitas bisnis, dan lain sebagainya. Dengan jangkauan pasar yang tidak terbatas, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya.

Peran Media Online bagi Perkembangan Usaha Anda

Sarana yang tepat untuk membangun Brand yang Kuat

Semakin rutin Anda mempromosikan produk atau jasa melalui internet, maka tidak menutup kemungkinan bahwa brand image yang Anda miliki segera bisa terbangun dengan kuat. Dan semakin kuat brand image yang terbentuk, maka kepercayaan konsumen akan mulai terbangun dan bisa dipastikan bahwa bisnis Anda tidak kalah bersaing dengan bisnis lainnya yang ada di pasaran. 
 
Mempermudah riset pasar
 
Peran media online yang tidak kalah penting yaitu sebagai sarana bagi pelaku usaha untuk melakukan riset pasar. Melalui informasi dari internet, Anda bisa mengetahui seberapa besar keunggulan yang Anda miliki, seberapa besar minat pasar, serta mencari informasi tentang siapa-siapa saja yang menjadi kompetitor utama bagi bisnis Anda.
 
Hasil riset yang Anda dapatkan di pasaran bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda menentukan strategi bisnis ke depannya.
 
Menjadi jembatan bagi pelaku usaha dan konsumennya

Dengan bantuan internet Anda bisa menjalin komunikasi dengan Konsumen dan calon konsumen Anda di berbagai belahan dunia. Misalnya saja melalui situs jejaring sosial, email, Yahoo Messenger, Skype, chating, dan lain sebagainya.
Image result for Internet on smart phone
Pemasaran ada di tangan anda.
MANFAATKAN SITUS JEJARING SOSIAL—
 
Jejaring (Networking) dan inovasi merupakan dua isu penting yang memberikan kemampuan kompetitif pada klaster-klaster di dalam proses globalisasi ( Eraydin, Ayda Etal, 2005). —Pengusaha UKM (Usaha Kecil Menengah) selayaknya menyadari potensi yang besar dari memanfaatkan situs jejaring sosial. 
 
—Perusahaan besar kini memanfaatkan situs jejaring sosial seperti facebook untuk kegiatan pemasaran yang tidak membatasi wilayah jangkauan, waktu, pelanggan dan tempat. Media Sosial mampu mendukung kegiatan pemasaran sebuah perusahaan atau organisasi melalui beberapa cara, diantaranya:
  • Situs Jejaring Sosial yang cukup potensial untuk dijadikan sebagai lapak online.
  • —Situs Jejaring Sosial dapat mempublikasikan produk atau jasa yang anda tawarkan serta menjalin komunikasi langsung dengan calon konsumen yang tertarik dengan penawaran produk Anda.
  • —Strategi ini sering diambil pelaku UKM karena selain gratis dan caranya terbilang mudah, jejaring sosial juga banyak digunakan masyarakat luas di berbagai daerah. Sehingga peluang anda untuk mendatangkan konsumen semakin terbuka lebar.
  • —Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada di internet, diharapkan para pelaku UKM bisa mengoptimalkan dan menghasilkan omset penjualan yang sebesar-besarnya.
Tips Menjual Produk Secara Online 
 
Pada kesempatan ini kami juga akan memberikan tips bagaimana menjual produk secara online kepada UMKM, yaitu:
  • Miliki web atau blog
  • Lakukan promosi secara Continue
  • Lakukan promosi menggunakan media yang tepat
  • Berikan pelayanan terbaik untuk konsumen
  • Membangun citra sebagi perusahaan yang terpercaya
  • Adakan program-program menarik
  • Tampilkan foto produk Anda secara jelas di web atau blog
  • Selektif memilih perusahaan jasa pengantaran
  • Berikan jaminan
Berikan Pelayanan Terbaik Untuk Konsumen

Pembeli adalah raja. Penjual harus berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan atau servis yang memuaskan. Pembeli yang puas biasanya akan menyebarkan informasi positif tentang produk dan perusahaan Anda kepada orang-orang di sekitarnya, dan kemungkinan besar mereka pun akan tertarik untuk menjadi konsumen Anda. Pembeli yang puas biasanya juga akan kembali melakukan pembelian di waktu mendatang.

Untuk memuaskan pembeli dapat dilakukan dengan cara-cara, antara lain komunikasi yang memberikan kenyamanan, prosedur pemesanan dan pembayaran yang mudah, ketepatan waktu pengiriman, dan kesesuain barang yang dipesan dengan yang ada di katalog.

Membangun Citra Sebagai Perusahaan yang Terpercaya

Sebelum membeli barang secara online, konsumen pasti telah mencari banyak informasi dari bebagai sumber tentang kredibilitas perusahaan Anda dan kualitas barang yang Anda jual. Jadi, agar Anda memiliki citra positif yang mampu menciptakan kepercayaan konsumen, Anda mesti menjalankan bisnis Anda secara jujur dan bertanggung jawab. Berikan data diri dan alamat perusahaan yang jelas, dan ke mana pembeli harus melakukan berbagai konfirmasi jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan. 
 
Berikan Pelayanan Terbaik Untuk Konsumen

Pembeli adalah raja. Penjual harus berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan atau servis yang memuaskan. Pembeli yang puas biasanya akan menyebarkan informasi positif tentang produk dan perusahaan Anda kepada orang-orang di sekitarnya, dan kemungkinan besar mereka pun akan tertarik untuk menjadi konsumen Anda. Pembeli yang puas biasanya juga akan kembali melakukan pembelian di waktu mendatang.

Untuk memuaskan pembeli dapat dilakukan dengan cara-cara, antara lain komunikasi yang memberikan kenyamanan, prosedur pemesanan dan pembayaran yang mudah, ketepatan waktu pengiriman, dan kesesuain barang yang dipesan dengan yang ada di katalog. 
 
Membangun Citra Sebagai Perusahaan yang Terpercaya

Sebelum membeli barang secara online, konsumen pasti telah mencari banyak informasi dari bebagai sumber tentang kredibilitas perusahaan Anda dan kualitas barang yang Anda jual. Jadi, agar Anda memiliki citra positif yang mampu menciptakan kepercayaan konsumen, Anda mesti menjalankan bisnis Anda secara jujur dan bertanggung jawab.

Berikan data diri dan alamat perusahaan yang jelas, dan ke mana pembeli harus melakukan berbagai konfirmasi jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan.
 
Adakan Program-Program Menarik

Konsumen selalu tertarik dengan program-program khusus dari penjual yang dirasa menguntungkan mereka.

Celah ini harus Anda manfaatkan untuk menigkatkan penjualan produk Anda. Program tersebut, misalnya diskon, bonus, potongan harga untuk pembelian dalam jumlah tertentu, atau hadiah jika seseorang berhasil mengajak orang lain untuk membeli produk Anda.

Tampilkan Foto Produk Anda Secara Jelas di Web atau Blog


Konsumen yang akan membeli barang secara online tentu ingin melihat produk yang hendak dibelinya dengan jelas. Oleh karena itu, tampilkan foto dari barang-barang yang Anda jual dan berikan detail spesifikasinya.

Selektif Memilih Perusahaan Jasa Pengantaran


Bekerja samalah hanya dengan perusahaan jasa pengantaran barang yang terpercaya sehingga barang-barang yang Anda jual dipastikan sampai ke tangan pembeli tepat waktu dan tanpa mengalami kerusakan atau jumlahnya berkurang.
Berikan Jaminan

Berikan jaminan kepada konsumen jika mereka menerima barang yang rusak, tidak sesuai pesanan, pengirimannya tidak tepat waktu, atau barang tidak sampai. Jaminan dapat berupa penggantian barang, potongan harga, atau pengembalian uang pembelian.

Bisnis online memang menjanjikan peluang tanpa batas. Namun, untuk meraih sukses di bisnis ini Anda perlu bekerja keras untuk dapat menarik sebanyak mungkin pembeli. Tips sukses menjual produk pemasaran online di atas dapat Anda jalankan jika Anda bergerak di bidang penjualan barang.
 
Baca juga: