Laman

  • Home

Selasa, 14 Maret 2017

Panduan Pemasaran Online Menggunakan Facebook

Image result for marketing with facebook
Penduan Pemasaran Online Menggunakan Facebook
Anda mungkin akan terkejut mengetahui bahwa Facebook adalah platform media sosial nomor 1 yang digunakan oleh bisnis. Bahkan, menurut eMarketer, 41% dari usaha kecil di USA saat ini menggunakan Facebook sebagai bagian dari strategi pemasaran online mereka. Tidak terkecuali UMKM di Jawa Tengah yang terbukti lebih mudah dijangkau dengan Facebook.

Namun, meskipun penggunaannya sangat luas, banyak pemilik usaha melaporkan bahwa usaha mereka tidak seefektif yang mereka inginkan. Dalam sebuah survei terhadap lebih dari 3.700 pemasar, Social Media Examiner menemukan bahwa hanya 45% merasa bahwa upaya pemasaran mereka di Facebook bekerja. 

Hal ini menggarisbawahi kebutuhan pemilik usaha untuk memahami bagaimana strategi dan praktek yang benar dalam upaya mencapai ROI yang positif. Artikel ini akan memecahkan komponen utama pemasaran menggunakan Facebook, yang akan memberikan saran kepada pemilik bisnis untuk ditindaklanjuti dan best practice untuk masing-masing komponen. Komponen-kompenen tersebut adalah :
  1.     Mengoptimalkan halaman Facebook Anda untuk SEO dan sejenisnya.
  2.     Menggunakan group Facebook untuk terlibat dengan target pasar Anda.
  3.     Mendorong sosial sharing melalui penggunaan tombol Facebook dan plugin.
  4.     Membuat posting Anda dilihat oleh lebih banyak penggemar Anda.
  5.     Kapan dan seberapa sering untuk mengirim posting.
  6.     Menggunakan opsi berbayar untuk meningkatkan "like" dan jangkauan.
  7.     Best practise untuk iklan Facebook
Mengoptimalkan Facebook Page Anda Untuk SEO Dan "Like"

Halaman Facebook Anda adalah titik awal untuk semua upaya pemasaran Facebook Anda. Idealnya, Anda ingin menjadi peringkat kedua di Google dan mencari Facebook untuk nama merek Anda sehingga pelanggan Anda dan prospek dapat dengan mudah menemukan Anda. Kemudian, setelah mereka menemukan halaman Anda, halaman Anda harus menarik sehingga orang akan benar-benar memilih untuk 'seperti' Anda. Best practise berikut akan membantu Anda mengoptimalkan page Anda untuk kedua tujuan ini.

Pilih nama pengguna yang deskriptif dan mengesankan: Kadang-kadang hal ini disebut kesombongan URL, Nama pengguna facebook page adalah alamat web untuk halaman Anda (misalnya, www.facebook.com/yourbusiness). Secara default, halaman Anda akan diberikan URL acak terdiri dari angka. Nama pengguna yang akurat harus menggambarkan topik halaman Anda atau nama bisnis lengkap sehingga mesin pencari dan pelanggan dapat menemukan Anda di pencarian Google dan Facebook. Anda harus memiliki setidaknya 25 'like' dalam rangka untuk mengklaim kesombongan URL.


Gunakan kata kunci yang deskriptif di About Section Anda: About section Adalah adalah berbasis teks yang merupakan real estate utama Anda pada page Anda. Pastikan untuk menggambarkan secara akurat bisnis dan produk Anda, gunakan kata kunci yang mungkin digunakan pelanggan dalam permintaan pencarian. Pastikan untuk menyertakan URL website Anda dalam deskripsi Anda untuk mendorong klik ke situs Anda.

Pastikan Anda telah menggunakan kategori yang sesuai untuk bisnis Anda: Terlalu sering saya melihat bahwa beberapa bisnis salah dalam memasukkan kategori mereka. Hal Ini bisa menjadi masalah serius, terutama ketika Anda ingin muncul di Facebook Graph Search. Jika Anda seorang pebisnis lokal, penting bagi Anda memilih kategori bisnis Anda, karena hal ini akan memungkinkan orang untuk "check-in" di bisnis Anda. Jika Anda tidak tipikal memiliki traffic aktif dalam bisnis Anda dan tidak memiliki kebutuhan untuk check-in, maka memilih 'Perusahaan & Organisasi' mungkin lebih tepat.

facebook-page-options

Optimalkan gambar halaman Anda: Cover page Anda dan foto profil adalah apa yang dilihat oleh pengunjung page Anda pertama kali. Gambar Anda harus berkualitas profesional, dan harus secara akurat mencerminkan tampilan dan nuansa dari merek Anda. Memastikan mereka memenuhi persyaratan ukuran optimal sehingga mereka tidak muncul miring: foto sampul Anda harus 851x315 pixel dan foto profil Anda harus 160x160 pixel.

Manfaatkan posting disematkan: Penelitian dan pengalaman mengatakan bahwa kebanyakan orang akan mengunjungi wall halaman Anda sekali. Mereka akan menyukai halaman Anda, dan kemudian terus berinteraksi dengan posting Anda yang muncul di newsfeed mereka - tapi akan jarang mengunjungi dinding Anda. Untuk alasan ini, fungsi utama page Anda adalah untuk membuat orang menge-klik tombol 'Like'. Facebook memungkinkan halaman admin untuk pin satu posting di atas halaman mereka. Pastikan bahwa topik posting ini menarik, unik dan berisi gambaryang  eye-catching.


Menggunakan Group Facebook Untuk Terlibat Dengan Target Pasar Anda

Sementara face book page adalah alat utama bagi pemilik bisnis untuk memasarkan bisnis mereka di Facebook, group facebook dapat menjadi strategi add-on yang sangat efektif di banyak industri dan niche. Ketika digunakan dengan benar, group dapat menjadi sumber traffic yang luar biasa, dan dapat menyebabkan peningkatan keterlibatan dan kewenangan untuk bisnis Anda.

Mendorong Sosial Share Melalui Penggunaan Tombol Facebook Dan Plugins 


Website dan Facebook anda harus bekerja bersama-sama dengan mulus. saluran pemasaran Anda akan sering bekerja di traffic  yang bergerak dari Facebook page Anda ke situs Web atau blog. Namun, Anda juga perlu pastikan bahwa Anda memberikan pengunjung situs Anda cara untuk like dan berbagi konten Anda di Facebook, dan berinteraksi dengan halaman Anda.

Pastikan setiap bagian dari konten di situs Anda memiliki tombol berbagi di sebelahnya. Anda dapat menambahkan ini secara manual, atau Anda dapat menggunakan layanan pihak ketiga untuk tambahkan ini atau plugin untuk menyesuaikan tombol Anda dan membuat proses penambahan tombol menjadi mudah.


Untuk memberikan pengunjung situs Anda memiliki kesempatan untuk suka dan berinteraksi dengan halaman Anda, instal halaman Plugin di sidebar situs Anda. Saat membuat plugin, Anda akan diberi pilihan tentang bagaimana Anda ingin terlihat. Saya sarankan memilih 'Tampilkan Halaman Kiriman' sehingga pengunjung website Anda mendapatkan preview dari apa jenis konten Anda saat berbagi pada halaman Anda.

Mendapatkan Posting Anda Dilihat Oleh Lebih Banyak Penggemar Anda 


Keluhan umum di antara pemilik halaman adalah bahwa banyak dari penggemar mereka tidak benar-benar melihat posting Facebook mereka. Facebook telah menjawab kekhawatiran ini, menyatakan bahwa gagal jangkauan adalah hasil dari dua faktor utama: Pertama, karena jumlah batasan konten yang dibagikan setiap hari, sehingga tidak cukup ruang di newsfeed pengguna untuk menunjukkan setiap posting. Hal ini membuat persaingan untuk penempatan di newsfeed pengguna menjadi sengit, dan hasil dalam paparan menurun untuk posting organik.

Alasan kedua pasca jangkauan telah gagal adalah bahwa algoritma Facebook ini dirancang untuk menampilkan konten yang paling relevan untuk pengguna; dan relevansi ditentukan oleh - di antara ribuan faktor-faktor lain - bagaimana seseorang telah berinteraksi dengan posting halaman di masa lalu (suka, komentar, share), jenis posting yang dibagikan (gambar, video, tautan, dll) dan popularitas posting terakhir di halaman semua pengguna. Dengan kata lain, yang lebih populer dari posting Anda, akan semakin sering ditampilkan di newsfeed pengguna.


Untuk memberikan Anda kesempatan terbaik dalam membuat feed penggemar Anda, gunakanlah strategi berikut untuk posting organik Anda:


Gunakan video sebagai bagian dari strategi postingan Anda. Menurut penelitian, video kini memimpin dalam hal jangkauan organik. Antara Oktober 2014 dan Februari 2015, video menerima jangkauan organik dari 8.71%, dibandingkan dengan jangkauan 5,77% dari status yang hanya teks.

Teratur melihat insight halaman Anda untuk melihat apa jenis konten yang beresonansi dengan audiens Anda. Halaman insight Anda berisi banyak data tentang jenis konten apa yang semakin diminati oleh audiens Anda. Mengetahui format posting yang paling kuat traksinya (foto, video, link, posting teks saja), serta topik yang audiens Anda tampaknya bergairah. Juga catat hari dan waktu, serta frekuensi posting yang tampaknya bekerja dengan baik untuk penggemar Anda.

Ketika posting konten promosi, pastikan untuk menyertakan backstory yang relevan dan menarik untuk jangkauan yang optimal. Pada akhir 2014, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membatasi jangkauan mereka saat menemukan tulisan yang "terlalu promosi": tulisan yang mendorong orang untuk membeli produk, mengikuti kontes atau konten digunakan untuk iklan. 



Untuk memberikan posting promosi Anda kesempatan terbaik dilihat, pastikan Anda menyediakan konten menarik - bukan hanya imbauan untuk membeli produk atau mengunjungi situs web Anda. Tanyakan pada diri sendiri, "Apakah penggemar saya menemukan posting ini cukup menarik untuk membacanya dan berinteraksi dengan itu, bahkan jika mereka tidak ingin membeli produk saya?"

Kapan Dan Seberapa Sering Untuk Posting ? 


Kami tahu beberapa pemilik usaha terpaku pada postingan dengan waktu yang sempurna, pada hari yang sempurna untuk optimal dan mendapatkan keterlibatan. Tapi kebenarannya adalah, tidak ada satu ukuran cocok untuk semua pendekatan yang memasukkan waktu. Ada banyak penelitian yang dilakukan pada waktu optimal dan frekwensi posting, tetapi yang paling baik digunakan sebagai titik awal untuk penelitian adalah Anda sendiri. Pastikan untuk melihat Facebook Insights Anda untuk melihat apakah praktek-praktek terbaik berlaku untuk audiens Anda. 


Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa posting di hari Kamis dan Jumat dapat mengakibatkan keterlibatan yang lebih tinggi. Waktu optimal postingan tampaknya bervariasi, namun 13:00 dan 15:00 tampaknya menjadi waktu yang baik untuk memulai pengujian Anda.

Dalam hal frekuensi posting, kami suka saran Buffer ini: "Pukullah keseimbangan antara informatif dan menjengkelkan". Kami tahu beberapa bisnis yang sukses membukukan 5-10 kali per hari. Untuk bisnis lainnya, sekali per hari (atau bahkan 3x / minggu) lebih tepat. Social Bakers menemukan bahwa 5-10 posting per minggu cukup ideal: "Biasanya jika Anda memposting sedikit kemudian 2 posting seminggu, Anda tidak akan terlibat audiens Anda cukup bagi mereka untuk mempertahankan hubungan sosial dengan Anda, atau Anda akan kehilangan keterlibatan. Jika Anda memposting lebih dari 2 per hari (sebagai merek) Anda biasanya akan kehilangan keterlibatan. Itu berarti jumlah ideal adalah antara 5 - 10 posting per minggu sebagai merek, dan sebagai perusahaan media, ini biasanya 4 -. 10 × tinggi, seperti berita yang merupakan informasi agar orang terlibat dengannya sepanjang hari "

when-to-post


Menggunakan Pilihan Berbayar Untuk Meningkatkan "Like" Dan Jangkauan 


Meskipun dimungkinkan untuk memiliki jangkauan yang luas untuk posting Anda menggunakan strategi gratis, namun Anda mungkin ingin melengkapi strategi organik Anda dengan pilihan berbayar. Facebook saat ini menawarkan dua cara utama untuk memperluas jangkauan posting halaman Anda. 


Meningkatkan Posting (Boost Post) : Meningkatkan posting akan meningkatkan visibilitas di newsfeeds pengguna. Anda dapat memilih ini untuk memiliki postingan Anda ditampilkan di halaman penggemar Anda, teman-teman penggemar Anda, atau orang lain yang Anda pilih melalui penargetan. Penargetan pilihan untuk posting Anda termasuk kepentingan, usia, jenis kelamin, dan lokasi. Untuk meningkatkan posting, cukup klik pada 'Boost Post' saat membuat posting baru; Anda juga akan menemukan pengaturan ini pada posting lama jika Anda ingin meningkatkan posting yang sudah diterbitkan. 


Meningkatkan posting adalah cara cepat dan mudah untuk memperluas jangkauan posting Anda, tapi saya sarankan mempromosikan posting Anda sebagai gantinya. Sementara itu sedikit lebih rumit untuk membuat posting yang dipromosikan, penargetan dan kontrol posting dipromosikan biasanya membuat mereka melakukan usaha ekstra. 


Pesan yang dipromosikan (Promoted Post): Tulisan yang dipromosikan dapat diakses melalui Iklan Facebook Manager Anda. Untuk mulai membuat posting Anda dipromosikan, pergi ke Facebook Ad Creator dan klik untuk meningkatkan posting Anda. Perhatikan bahwa sementara ini masih disebut 'Boost', Anda akan memiliki lebih penargetan dan pilihan penganggaran dari hanya dengan mengklik 'Boost' dari halaman Anda.

target-demos

spend-options

Kapan mempromosikan posting ?

Salah satu kesulitan yang dihadapi pemilik bisnis adalah mengetahui kapan untuk mempromosikan posting. Secara umum, Anda hanya ingin mempromosikan posting yang membantu Anda memenuhi tujuan tertentu, seperti mendapatkan lalu lintas ke situs Anda atau menjual produk. Ketika Anda telah memutuskan pada posting yang Anda ingin promosikan, kami sangat menyarankan menggunakan strategi STIR Jay Behr ini. Best practise untuk mempromosikan atau 'mengaduk' posting Facebook termasuk bertanya pada diri sendiri dengan beberapa pertanyaan tentang Shelf-Life (kehidupan sendiri - S), Timing (waktu - T), Impact (dampak - I) dan Result (hasil - R) dari posting Anda, seperti yang terlihat di sini:
 

stir-method
Image courtesy of Convince and Convert
 
    
Iklan Facebook: Facebook menawarkan berbagai pilihan iklan lain selain mempromosikan single post.

Anda dapat memilih jenis iklan berdasarkan pada sejumlah tujuan. Seperti yang telah kita bahas, salah satu tujuan tersebut adalah untuk meningkatkan atau mempromosikan posting. Namun, pilihan lain termasuk mempromosikan halaman Anda (semakin suka), mengirim orang ke situs web Anda, meningkatkan konversi di situs Anda dan mendapatkan orang untuk mengklaim tawaran Anda.

Setelah Anda memilih tujuan kampanye, Anda dapat mengatur pilihan penargetan dan penganggaran Anda sendiri, dan memilih kreatif (gambar, video, teks, tautan, dll) untuk iklan Anda.
 

campaign-objective

Memilih tujuan kampanye akan membantu Anda memenuhi sasaran iklan Anda.

Iklan Anda dapat memiliki tiga potensi penempatan: newsfeed desktop, newsfeed seluler, dan kolom kanan desktop. Secara default, semua tiga pilihan akan dipilih. Untuk menghentikan iklan dari yang ditampilkan di salah satu lokasi ini, cukup klik 'Hapus' di samping nama lokasi.

facebook-ad-options

Best Practise Untuk Iklan Facebook Anda 


Sayangnya, sangat mudah untuk menghabiskan sejumlah besar uang pada iklan Facebook Anda tanpa mencapai tujuan yang Anda inginkan. Iklan dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk mendapatkan traffic, like dan konversi, tetapi ada sejumlah best practise terbaik (beberapa langsung dari Facebook) yang akan mengurangi kurva belajar dan membuat Anda mencapai tujuan Anda lebih cepat. 


Selalu gunakan penargetan pemirsa: Periklanan luas, khalayak umum tidak menggunakan penargetan sama saja dengan membuang uang Anda keluar jendela. Seperti disebutkan sebelumnya, sementara meningkatkan posting langsung dari halaman Anda kadang-kadang bisa efektif, meluangkan waktu untuk mempromosikan posting dalam Ad Manajer Anda biasanya akan membantu Anda mencapai tujuan Anda lebih cepat. Secara khusus, menguji berbagai pilihan penargetan perilaku, seperti ini cenderung menjadi salah satu opsi penargetan yang paling efektif. 


Masukan konten Anda yang paling penting pertama kali: Pengguna yang paling mungkin untuk melihat konten adalah yang terdekat dengan iklan Anda. Untuk alasan ini, penting untuk menempatkan konten yang paling penting (misalnya, link atau panggilan untuk tindakan) di dekat awal salinan. 


Memutar iklan Anda setiap 1-2 minggu: Terutama jika Anda menggunakan target spesifik untuk iklan Anda (dan oleh karena itu perlu iklan berulang kepada khalayak yang relatif kecil), penting untuk mengubah citra iklan dan menyalin setiap minggu atau dua minggu sekali. Menggunakan konten yang sama berulang akan menghasilkan "kelelahan terhadap iklan" atau "blindness banne", mengurangi kemungkinan iklan Anda mendapatkan perhatikan dan di-klik. 


Gunakan piksel konversi untuk melacak efektivitas iklan Anda: Jika Anda akan membeli beberapa iklan, gunakan piksel konversi yang akan membiarkan Anda tahu mana iklan yang membantu memenuhi tujuan Anda. Anda dapat memilih dari berbagai jenis konversi saat membuat pixel Anda, termasuk checkout, pendaftaran, lead, tampilan halaman, dan menambahkan ke keranjang. Untuk petunjuk rinci tentang pengaturan piksel konversi di situs Anda, lihat halaman bantuan Facebook.

tracking-pixel-overview

Gunakan panggilan yang kuat untuk bertindak: Selalu membiarkan pengguna tahu apa yang Anda ingin mereka lakukan. Meskipun Anda tidak perlu menjadi seperti direktif mengatakan kepada mereka untuk mengklik iklan Anda, Anda harus membiarkan mereka tahu mengapa mereka harus mengklik iklan Anda. Ini bisa untuk mengambil keuntungan dari urusan penjualan, untuk membaca konten, untuk meminta informasi lebih lanjut, dll 


Menggunakan iklan yang berbeda untuk penempatan newsfeed berbeda: Sementara Facebook memungkinkan Anda untuk menggunakan gambar yang sama dan copy untuk semua jenis iklan, penting untuk membuat iklan terpisah untuk masing-masing iklan. Iklan untuk ponsel, newsfeed komputer desktop atau kolom kanan desktop akan cenderung memiliki tujuan yang sedikit berbeda dan jelas akan ditampilkan secara berbeda dalam feed pengguna. Sesuaikan iklan Anda untuk lokasi yang dimaksudkan, dan pastikan untuk melacak kinerja mereka seolah Anda pergi lama.

Kesimpulan

 

Facebook dapat menjadi platform yang sangat efektif untuk mencari dan melibatkan diri dengan target pasar Anda. Ketika digunakan dengan benar, dapat mengakibatkan peningkatan traffic, jangkauan dan konversi. Menggunakan best practise yang diuraikan di atas akan membuat Anda berada di jalan yang benar untuk mengalami semua manfaat Facebook yang ditawarkan.
 

Apakah Anda saat ini menggunakan Facebook untuk memasarkan bisnis Anda? Mengapa atau mengapa tidak?