Laman

  • Home

Rabu, 10 Mei 2017

APA Yang Membuat Perusahaan Kecil Memiliki Nilai Jual Yang Tinggi ?

Image result for Selling Company
APA Yang Membuat Perusahaan Kecil Memiliki Nilai Jual Yang Tinggi ?

Banyak juga pertanyaan dari teman-teman UMKM yang kritis yang datang kepada kami saat melakukan konsultasi bisnis dengan Rumah UMKM mengenai apa yang bisa membuat perusahaan kecil skala UMKM memiliki nilai (jula) yang tinggi di mata investor. Ini adalah pertanyaan yang sangat bagus, karena apa yang akan menjadi jawaban dari kami adalah "sesuatu" yang akan mereka kejar dan perbaiki.

Dari pengalaman dan pengamatan, maka jawaban kami adalah "APA". Tentunya mereka bingung karena jawaban saya berupa pertanyaan, APA ? 

APA adalah singkatan kami atas ASSET, PROSPECT dan ACHIEVEMENT yang bisa kami jabarkan sebagai berikut:

ASSET, baik tangible assset yang merupakan asset-asset fisik perusahaan, maupun tangible asset yang berupa sistem manajemen, SOP, patent, sertifikasi, jaringan pemasaran dan distribusi, jaringan supply dan sebagainya.

PROSPECT, adalah peluang bisnis perusahaan ini di masa mendatang, baik peluang pemasarannya maupun peluang pengembangan bisnisnya.

ACHIEVEMENT,  adalah pencapaian-pencapaian yang telah diraih oleh perusahaan selama ini. 

3 hal di atas harus diperjuangkan oleh teman-teman pelaku UMKM untuk membuat perusahaan mereka memiliki nilai yang tinggi di mata investor. 

Hal yang paling mendasar yang kami inginkan dilakukan oleh para pelaku UMKM adalah membangun sistem manajemen yang baik, terstruktur dan terstandarisasi. Sistem manajemen ini merupakan asset besar yang sering diabaikan oleh para pelaku UMKM karena dianggap tidak penting, padahal ketika perusahaannya mulai berkembang mereka "dipaksa" harus memiliki sistem manajemen yang baik agar semua kinerja terukur dan tertata rapi. Dengan kinerja yang tertata rapai, maka produktivitas dan efisiensi bisa ditingkatkan sehingga hasil produknya memiliki daya saing yang tinggi dibanding pesaing yang kurang memperhatikan sistem manajemen yang baik.

Perusahaan skala UMKM yang telah memiliki SOP (standard operating procedure) memiliki standar pengendalian mutu yang lebih baik. Sertifikasi produk dan skill juga merupakan hal yang menjadi pertimbangan para investor dalam menilai kualitas perusahaan. 

Jaringan pemasaran dan distribusi serta jaringan supply merupakan jaminan keberlangsungan usaha bagi investor sehingga menjadi pertimbangan utama dalam menilai perusahaan tersebut.

Proyeksi dan peluang bisnis tersebut di masa mendatang yang bisa disajikan dengan perhitungan dan referensi yang kuat merupakan daya tarik bisnis tersebut di mata investor yang tentunya ingin menuai hasil dari bisnis ini selama kurun waktu tertentu di masa mendatang.  Sementara pencapaian-pencapaian perusahaan merupakan bukti yang jelas atas kinerja perusahaan.

Dengan gambaran singkat dari kami ini, kami berharap para pelaku UMKM memahami arah yang akan mereka kejar dalam membangun perusahaannya sehingga memiliki nilai yang tinggi, meskipun tidak dimaksudkan untuk dijual. Semoga bermanfaat.

Baca juga: