Laman

  • Home

Jumat, 24 Maret 2017

UMKM Naik Kelas, Lewat Ekspor

UMKM Naik Kelas, Lewat Ekspor
Acara NGUCING ke-14 UMKM Center Jawa Tengah hari ini mengambil tema UMKM Naik Kelas, Lewat Ekspor. Nara sumber yang diundang untuk menyampaikan materi adalah Mas Denny Ajie dari Summertrans Logistics dengan judul "UMKM Ekspor ? Siapa takut ...." dan Mas Widia Erlangga dengan judul "Apa itu KITE ? Kemudahan Impor, Tujuan Ekspor".

Tujuan dari NGUCING ke-14 kali ini adalah agar UMKM termotivasi untuk ekspor, pastinya setelah semua ketentuan dan syarat ekspor dari produk UMKM telah dipenuhi. Sebagaimana tulisan saya mengenai http://www.rumahumkm.net/2017/03/cara-bodoh-melakukan-ekspor-bagi-umkm.html bahwa UMKM tidak perlu takut untuk ekspor karena banyaknya kemudahan ekspor saat ini.

Sebagaimana informasi dari Mas WIdia Erlangga hari ini bahwa ekspor dari UMKM masih relatif rendah, sehingga perlu ditingkatkan lagi. KITE merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan kemudahan ekspor kepada UMKM ketika bahan baku untuk produksi berasal dari bahan baku impor.


Salah satu upaya memotivasi UMKM adalah dengan mendorong UMKM tersebut melakukan ekspor, karena dengan cara ini tanpa terasa UMKM dikondisikan bekerja dengan tuntutan kualitas dan delivery produk yang "tidak" seperti biasa mereka lakukan saat ini. Bekerja dengan level kualitas dan kapasitas yang lebih besar serta tuntutan delivery yang ketat tanpa terasa akan "memaksa" UMKM bergerak ke satu level di atasnya.

Jika mereka telah terbiasa bekerja dengan kondisi ini maka mereka akan menyadari bahwa mereka masih memiliki banyak kekurangan dan akan terus berbenah menjadi lebih baik. Pasar dan kebutuhannya lah yang mengajarkan kepada mereka untuk bergerak ke level yang lebih tinggi, yang mungkin akan sulit terpenuhi ketika mereka hanya sekedar dihimbau untuk naik kelas. Praktisnya, mereka dapat permintaan dari pasar dan mereka berupaya memenuhi kebutuhan tersebut sebaik-baiknya.






Dalam proses ekspor barang komponen logistik memegang peranan penting mulai dari handling produk sejak di gudang produsen sampai dengan gudang buyer, baik melalui darat maupun melalui laut dan udara. Pemahaman UMKM terhadap logistik menjadi salah satu modal dalam keberhasilannya melakukan ekspor.

Menghadirkan banyak pilihan perusahaan logistik memberikan banyak opsi bagi UMKM untuk memperoleh layanan ekspor yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Pemahaman perusahaan logistik tentang kemampuan UMKM dalam ekspor juga akan memberikan peluang pengembangan layanan mereka kepada UMKM. misalnya memberikan layanan ekspor lincense ketika UMKM belum memilikinya.

Sebagaimana yang kita tahu, UMKM masih sangat terbebani dengan fokus produksi dan pemenuhan produk. Mereka tidak "sempat" untuk berpikir lebih jauh tentang syarat dan prosedur ekspor, dan hal ini harus ditangkap dengan lebih baik oleh para perusahaan logistik untuk memberikan layanan "all in" kepada UMKM. Bukankah dalam hal logistik untuk ekspor, teman-teman dari perusahaan logistik lah yang menguasainya ? Maka buatlah ekspor menjadi semakin mudah untuk UMKM.

Semoga sharing dari teman-teman logistik hari ini bisa memotivasi para UMKM untuk berorientasi ekspor. Semangat !

Baca juga :
1. Cara Bodoh Melakukan Ekspor Bagi UMKM. 
2. Ekspor Mudah, Jika Tahu Tips-nya.
3. Memahami UKM Go EKspor Dengan Sederhana.