Laman

  • Home

Selasa, 28 Maret 2017

Mencari Krupuk Ikan Laut ? Kecap ? Mengapa Tidak Ke Kabupaten Pati Saja ?

Belanja di Pasar Pragolo Kabupaten Pati
Perjalanan 3 kota kami membawa ke Kabupaten Pati, tetapi karena waktu sudah cukup malam untuk datang ke lokasi teman-teman UMKM, maka kami hanya sempatkan untuk mengunjungi Pasar Pragolo, UMKM Center-nya Kabupaten Pati yagn megah dan menarik ini.

Yang pasti kami datang ke Pati ini karena ingin "mencicipi" berbagai krupuk ikan laut yang menjadi andalan Kabupaten Pati, mulai dari krupuk bandeng, krupuk cumi, krupuk rajungan, krupuk udang dan sebagainya. Semua yang serba laut yang ingin kami coba, dan lagi, kami pasti akan belanja kecap dari Kabupaten Pati ini karena di kabupaten ini adalah gudangnya pabrik kecap seperti Kecap Lele, Kecap Gentong, Kecap Enak dan beberapa merk lagi. Ini produk yang jelas unik dari kabupaten ini, yang sering dilupakan oleh banyak orang. Bahkan produk terasi udang dari Kabupaten Pati (Juwana) adalah yang terbaik menurut kami.

Sidikit dipoles kemasannya, maka produk-produk dari Kabupaten Pati ini sudah layak "nongkrong" di rak-rak pasar modern yang ada di Indonesia saat ini.


Selain produk olahan ikan dan kecap di atas, sebenarnya Kabupaten Pati dikenal sebagai kota kuningan dan kerajinan logam, tepatnya di kota Juwana yang merupakan sentra kuningan yang produknya sudah melanglang buwana terutama ketika ekspor mebel Jawa Tengah masih di atas puncak kejayaan.

Pasti masyarakat juga tidak akan melupakan keberadaan 2 produsen kacang besar yang berada di Kabupaten Pati, yaitu Kacan Garuda dan Dua Kelinci yang selalu aktif memasarkan produk snack dan minuman ke luar negeri. 2 perusahaan tersebut adalah kebanggaan Jawa Tengah karena sudah sangat dikenal di luar negeri.

Beberapa produk kerajinan juga saya temukan di Pasar Pragola, terutama kerajinan logam. Dan yang cukup menarik adalah kerajinan dari kaleng minuman dan snack yang diubah menjadi berbagai bentuk skuter.
 


 
Kota tapioka ini memang memunculkan banyak pelaku UMKM yang bergerak di bidang produksi makanan hasil olahan ikan laut, kecap dan kacang. Dan produk-produk ini saat ini memiliki peluang besar untuk diekspor, sehingga perlu adanya perhatian untuk meningkatkan kualitas kemasannya.

Ke depan kami akan gandeng Disperindag setempat untuk mempromosikan produk-produk andalan tersebut, agar tembus pasar ekspor dan mampu menaikkan kelas UMKM Kabupaten Pati di level yang lebih tinggi lagi.

Baca juga: