Laman

  • Home

Selasa, 21 Juni 2016

Benar, Kami di Pasar Pragolo Pati Hari Ini.

Perburuan UKM Pangan berlanjut ke Kabupaten Pati hari ini, dan kami bersandar di Pasar Pragolo Pati yang nantinya akan menjadi pusat display produk unggulan Kabupaten Pati. Pasar yang belum lama ini diresmikan dan dibangun berdampingan dengan Disperindagkop Kabupaten Pati ini merupakan bukti perhatian pemerintah daerah terhadap pengembangan pemasaran produk UMKM di Kabupaten Pati.

Seperti biasa, sebelum memulai perburuan kami berkoodinasi dengan instansi terkait di daerah sebagai mitra kerja Disperindag Propinsi Jawa Tengah. Keterlibatan Kadin Jawa Tengah dalam ajang ini merupakan berita yang manarik bagi pemerintah daerah setempat untuk selanjutnya akan menggandeng Kadin Kabupaten setempat dalam mengembangkan pemasaran produk UMKM.
 
Saat ini untuk mendapati produk UMKM Kabupaten Pati jauh lebih mudah, karena sudah disentralisir di Pasar Pragolo yang masih baru saja diresmikan di tahun ini. Sebuah bangunan pasar yang modern dengan lokasi yang sangat strategis di pinggir Jalan Raya Kudus - Pati. Bangunan ini merupakan wujud perhatian pemerintah daerah Kabupaten Pati terhadap pengembangan pemasaran produk khas Pati.

Pasar Pragolo Pati dari Kantor Disperindagkop Kabupaten Pati

Pasar Pragolo Terletak di Jl Raya Kudus - Pati, Sangat Strategis.

Besar dan Megah, Pasar Pragolo Mungkin Merupakan UKM Center Terbesar.

Ruang Santai Pasar Pragolo
Produk UKM Pangan di Kabupaten Pati didominasi oleh produk olah ikan yang merupakan unggulan Kabupaten Pati. Sebagaimana kita tahu bahwa pati terkenal dengan produk olahan ikan bandeng yang sentranya ada di daerah Juwana. Produk yang khas dari Pati adalah produk kecap, terasi, petis ikan dan kecap. Sudah tentu produk olahan pangan dari bahan baku tapioka merupakan andalan Kabupaten ini, mengingat di Kabupaten ini ada 2 perusahan berkelas internasional yang merupakan produsen olahan kacang dan tapioka, yaitu Garuda Food dan Kacang Dua Kelinci.

Produk pengembangan lain yang sedang merebak luas adalah produk olahan ikan menjadi kerupuk ikan. Kami melihat adalah banyak olahan krupuk ikan yang dipajang di display Pasar Pragolo.

Sambil melihat potensi produk pangan dari Kabupaten ini, kami pun menyarankan kurasi atas beberapa kemasan produk yang didisplay di Pasar Pragolo untuk perbaikan di masa mendatang. Koordinasi ini kami lakukan dengan instansi terkait yang hari ini mendampingi kami dalam memilih produk yang akan kami ajukan sebagai wakil dari Kabupaten Pati untuk ajang UKM Pangan Award 2016.


Toko Oleh-Oleh Khas Pati

Salah Satu Produk Unggulan Khas Pati

Produk UMKM Pati

Produk UMKM Pati

Produk UMKM Pati

Produk UMKM Pati

Produk UMKM Pati

Produk UMKM Pati

Produk UMKM Pati

Produk UMKM Pati

Produk UMKM
Berdasarkan keunikan, kekhasannya dan kemasanya, kami memilih 3 produk olanhan pangan yaitu terasi udang, petis ikan dan kecap untuk kami ajukan sebagai produk unggulan dari Kabupaten Pati untuk mengikuti UKM Pangan Award 2016. 

Tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan produk lain, ketika instansi terkait di daerah mengajukan tambahan nominasi lain dalam batas waktu yang tersisa. Harapan kami ada UKM Pangan dari Kabupaten Pati yang bisa memenangkan salah satu kategori pemenang dan UKM Pangan Award 2016.

Demikian agenda kerja Rumah UMKM dalam mendukung pemerintah (Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Tengah) dalam mendukung pembinaan dan pengembangan UMKM di Jawa Tengah. Hal ini merupakan wujud sinergitas Kadin Jawa Tengah kepada pemerintah yang merupakan wujud nyata dari slogan "Lanjutkan Kebersamaan" dari Ketua Umum Kadin Jawa Tengah, Kukrit Suryo Wicaksono.

Salam Sukses dari Kadin Jawa Tengah untuk UMKM Jawa Tengah !