Laman

  • Home

Sabtu, 05 Maret 2016

GetAsean.Com, Semangat Kadin Jateng Memasarkan Produk UMKM Jawa Tengah

RumahUMKM.Net Mengawal GetAsean.Com Untuk Bertumbuh

Lahir sekitar 10 bulan lalu, sementara tuntutan terhadap kinerja eCommerce GetAsean.Com dalam melahirkan transaksi-transaksi ekspor dari berbagai pihak terus berdatangan merupakan tantangan yang berat bagi RumahUMKM.Net. Kami menyadari bahwa membangun sebuah eCommerce dibutuhkan investasi biaya dan waktu yang tidak main-main. Tetapi kami pun juga harus bisa segera melakukan suat pencapaian-pencapaian yang bisa menjadikan testimoni kinerja dari GetAsean.Com.




Sementara ini kami terus melakukan sosialisasi ke seluruh instansi terkait dan pelaku-pelaku UMKM di seluruh Jawa Tengah, terutama bagi UMKM yang berorientasi ekspor dan berkemampuan ekspor. Secara fisik kami melakukan sosialisasi ini bersama dengan pelatihan-pelatihan yang kami lakukan bersama Dinas Koperasi & UMKM Jawa Tengah dan Dinas Perindustrian & Perdagangan Jawa Tengah. Pelatihan yang terkait dengan sosialisasi ini antara lain: pelatihan ekspor, pelatihan kemasann dan pelatihan pemasaran online.

Kinerja kami dari pantauan Alexa.Com pun memberikan bukti bahwa kinerja kami dalam promosi dan pemasaran eCommerce ini menunjukkan lonjakan yang sangat pesat dalam 1 bulan terakhir. Sebuah pencapaian yang kami selalu upayakan daam semua keterbatasan kami sebagai organisasi non profit. Di samping itu sebenarnya sudah eCommerce ini sudah mendapatkan beberapa respon dari buyer di luar negeri, hanya saja proposal dari teman-teman UMKM kurang "menjual" sehingga mereka masih kurang intensif dalam menyikapi penawaran-penawaran dari UMKM.

Beberapa Kendala Yang Perlu Segera Kami Sikapi

Kendala yang pertama adalah kendala kecepatan recruitment member (offer to sell) dari UMKM.

Memahamkan teknologi pemasaran kepada UMKM memang menjadi permasalahn bagi kami, mengingat banyak dari UMKM binaan kami belum akrab dengan teknologi internet (online). Hal ini menjadi PR bagi kami dan instansi terkait untuk lebih giat melakukan pelatihan pemasaran online di kalangan teman-teman UMKM yang belum paham teknologi internet.

Kecepatan respon dari UMKM yang telah kami sosialisasikan program ini juga kurang cepat, terutama dalam mengirimkan data perusahaan dan proposal bisnis, meskipun kami telah melakukan jemput bola dengan membantu mereka melakukan registrasi dan pembuatan proposalnya.

Kendala kelayakan kemasan dari produk UMKM juga merupakan salah satu faktor kendala kami dalam melakukan percepatan promosi. 

Dalam menyikapi kendala-kendala ini kami berkoordinasi dengan instansi terkait dalam melakukan pembinaan bersama agar produk yang nantinya dipromosikan dan dipasarkan melalui GetAsean.Com adalah produk-produk yang benar-benar terjamin kualitasnya.

Kendala yang kedua, kurangnya keterlibatan instansi pemerintah di luar negeri (Kemenlu dan Kemendag) dalam mempromosikan GetAsean.Com

Mungkin karena komunikasi kami yang kurang intensif dengan rekan-rekan kedutaan dan ITPC sehingga keterlibatan mereka dalam program ini masih belum maksimal. Kami berharap rekan-rekan ITPC di luar negeri bisa memperkaya informasi offer to buy di GetAsean.Com agar transaksi tidak hanya sekedar harapan tetapi bisa segera direalisasikan.

Kendala yang ketiga, Kadin Link yang sedang kami rintis masih terlalu lamban reaksinya dari kamar dagang - kamar dagang di luar negeri.

Jalur strategis komunikasi antar kadin (kamar dagang) di luar negeri sebenarnya merupakan potensi bisnis yang luar biasa, dan kami menyadari hal ini harus dibangun dan kami rintis. Upaya korespondensi dengan mereka memang terasa sangat lamban karena reaksi mereka tidak sebesar semangat kami untuk bekerjasama.

Besar harapan kami, rekan-rekan dari kedutaan bisa menjembati upaya membangun Kadin Link dengan cara memberikan PIC dari setiap kadin yang bisa kami ajak bekerjasama.

Kendala yang keempat, Promosi & Pemasaran dari GetAsean.Com yang membutuhkan anggaran promosi yang besar.

eCommerce GetAsean.Com tidak dibangun dengan konsep full komersial, karena eCommerce ini adalah merupakan kiprah Kadin Jateng dalam mengangkat perekonomian Jawa Tengah melalui pemberdayaan pemasaran UMKM.

Semua usaha promosi dan pemasaran GetAsean.Com diupayakan sendiri oleh Kadin Jateng secara swasembada sampai eCommerce ini mampu memberikan kontribusi pemasaran produk Jawa Tengah. Bahwa setidaknya promosi produk UMKM Jawa Tengah telah mendapatkan respon positif dari beberapa buyer adalah salah satu pencapaian kami saat ini.

Dalam menyikapi biaya promosi dan pemasaran yang besar kami mencoba mencari sponsor dalam setiap kegiatan kami. Menggandeng beberapa rekanan yang sama visi merupakan target kami dalam membangun eCommerce ini. Pertukaran link dengan beberapa mitra juga merupakan salah satu upaya kami untuk memperluas awareness dari UMKM.

GetAsean.Com Di Masa Mendatang

Upaya-upaya kami dalam mengawal GetAsean.Com pada akhirnya mendapatkan respon positif dari berbagai pihak, dan berita apik yang kami terima adalah bahwa program ini akan dinasionalisasi oleh Kadin Indonesia selalu dari program Edu Kadin yang dimiliki Kadin Jateng.

Kami sangat optimis GetAsean.Com dapat melalui masa-masa 1-2 tahun masa pertumbuhan ini dengan baik. Sehingga pada saatnya nanti bisa menjadi pilihan utama pemasaran UMKM yang ingin melakukan ekspor dengan cara yang mudah dan aman.

Memberikan jaminan kinerja website selama 1-2 tahun ke depan merupakan fokus kami saat ini selain terus melakukan sosialisasi untuk recruitment member. Sehingga pada akhirnya GetAsean.Com bisa menjadi impian kita bersama untuk membesarkannya.