Laman

  • Home

Sabtu, 10 Oktober 2015

7 Tips Kecil Untuk Memulai Bisnis Konveksi

Di Kabupaten Semarang, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Kudus dan Kota Solo banyak kita jumpai bisnis konveksi. Banyak dari mereka bisa bertahan sampai dengan sekarang, bahkan pemain-pemain baru pun mulai bermunculan. Mereka yang kreatif dan inovatif serta memiliki jaringan pemasaranlah yang bisa bertahan dengan bisnis ini. BisnisHack.Com memberikan share "7 Tips Kecil Untuk Memulai Bisnis Konveksi" yang mungkin bermanfaat bagi teman-teman yang ingin memulai usaha di bidang konveksi.

BisnisHack.Com - Bisnis konveksi memnag menjanjikan keuntungan yang berlipat bagi yang berhasil. Sehingga banyak yang mencoba peruntungan di bidang ini. Anda harus mengetahui seluk beluk dunia konveksi, peluang, keuntungan dan kerugian, serta mempertimbangkan dampaknya bagi lingkungan. Bisnis tidak selalu dimulai dengan modal yang besar, banyak usaha yang dimulai dari modal yang kecil namun kini bahkan dengan pemasukan besar yang tak dibayangkan sebelumnya. Berikut ini adalah hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis konveksi.

1. Buat pabrik “kecil” di rumah Anda



Jika tidak memiliki banyak modal untuk membuka sebuah pabrik konveksi, Anda bisa memulainya di rumah, dengan Anda sendiri yang menjahit. Jika diperlukan untuk menambah pegawai lain untuk membuat jenis pakaian yang sering dicari dan selalu dibutuhkan, seperti seragam sekolah, kaos untuk pria, blus wanita atau kemeja. Anda bisa menjualnya pada pengecer atau pedagang di sekitar kota. 
Langkah pertama memberi penawaran pada mereka dengan mendatangi satu per satu. Anda harus membawa contoh barang yang akan ditawarkan. Yakinkan mereka bahwa barang-barang Anda berkualitas dan layak jual, selain itu juga banyak dicari. Untuk permulaan, Anda bisa memberikan bonus. Memang tidak mudah, tapi Anda hanya perlu melewatinya.

2. Buat kontrak “kecil” dengan partner

Dalam bisnis konveksi, tidak setiap saat barang laku keras. Ada kalanya Anda berada di kondisi yang kurang menyenangkan, apalagi saat inflasi atau krisis ekonomi. Anda bisa mencoba alternatif lain agar produksi terus berjalan dengan membuat kesepakatan untuk menerima  proyek memotong atau menjahit dari rumah produksi yang lebih besar dan merek lokal. 
Biasanya perusahaan yang besar akan mencari industri konveksi rumahan untuk membantu pengerjan proyek yang membludak. Bisa juga Anda dengan inisiatif sendiri memberi penawaran pada mereka untuk memberikan mereka “proyek kecil” pengerjaan untuk dibantu dijalankan.

3. Buka toko baju eceran

Anda bisa membuka toko baju di sebuah kios dalam mall atau pinggir jalan. Usaha kecil ini cukup menjanjikan sebagai permulaan. Anda harus mulai dari awal dengan pemasaran yang berbeda dari yang lain. Promosi dengan diskon selalu menjadi incaran, selain itu Anda juga bisa memberi promo setengah harga atau sejenisnya. Ini saat yang penting untuk memperlihatkan produk dan barang apa saja yang dimiliki. 
Pastikan semuanya memiliki kualitas yang bagus, jadi kalaupun mereka tidak datang hari itu untuk membeli, suatu saat mereka akan datang lagi karena tahu kualitas seperti apa barang yang Anda jual. Pastikan pengunjung merasa puas dengan pelayanan dan produk yang dijual. Langkah sederhana yang berakibat besar bagi usaha Anda.

4. Jual barang kualitas ekspor

Sekarang ini, semua orang ingin selalu terlihat trendy dan gaya dengan barang-barang bermerek yang mereka pakai. Hal ini bisa dijadikan peluang dengan menjual barang barang berkualitas ekspor dan bermerek namun harga yang relatif murah. Barang-barang tersebut haruslah memiliki model yang menarik dan tampil beda, karena kebanyakan orang tidak suka memiliki barang yang semua orang bisa punya. Ingat selalu prinsip ini. 
Selain menarik dan bermerek, pastikan juga barang yang Anda pajang dan jual merupakan barang asli. Jika semua syarat barang ini terpenuhi, maka jangan khawatir toko Anda sepi, apalagi dengan diskon dan harga terjangkau wajar yang ditawarkan.  Yang harus Anda lakukan hanyalah menemukan supplier yang menawarkan harga termurah barang-barang tersebut.

5. Sablon dan bordir

Pakaian dengan hiasan bordir atau gambar sablon yang unik sangat menarik dan tampak mahal. Sebenarnya proses pembordiran dan sablon tidaklah sesulit yang dibayangkan, hanya memang memerlukan alat khusus. Hasilnya pun cukup memuaskan, hingga pakaian denagn bordir menjadi incaran dan tren sekarang ini. 
Anda bisa belajar dengan mesin bordir dari model yang dasar, kemudian nantinya bisa dikembangkan lagi lebih bervariasi. Bordiran yang selalu menjadi idola adalah dengan motif bunga atau abstrak. Motif itu cenderung mudah dan bisa dikenakan dalam berbagai kesempatan. Jika memliki cukup waktu luang, Anda bisa mempelajari teknik membordir dari buku ataupun internet.

6. Reseller 

Jika Anda ingin memulai bisnis pakaian namun tidak memiliki modal yang cukup, bisa mengambil barang dari distributor atau supplier dan menjualnya kembali dengan keuntungan sewajarnya. Jika Anda bisa menekuni dengan sabar, usaha ini dapat berkembang dengan baik. Sekarang sedang berkembang pola pembelian barang dengan pemesanan terlebih dahulu, dengan begitu semakin mudah kerja Anda. 
Hanya dengan menawarkan produk-produk yang ada, kemudian menunggu hingga ada pihak yang memesan, baru kemudian mengambil dari distributor. Usaha semacam ini biasa dikerjakan anak kuliah atau mahasiswi yang membutuhkan tambahan uang saku atau sekedar mengisi waktu luang. Apapun alasannya, melatih jiwa dagang baik untuk merangsang kreativitas Anda.

7. Pasarkan lewat internet 


Jika Anda memiliki barang-barang yang akan dijual, namun tidak memiliki karyawan untuk memasarkan, maka Anda bisa menggunakan teknologi bernama internet untuk melakukannya. Bisa melalui berbagai media sosial seperti  Facebook, Twitter, Path, ikut ambil bagian dalam forum jual beli juga dimungknkan. Anda bisa membuat domain web sendiri, hingga dengan mudah Anda memiliki toko di dunia maya.

Usaha apapun di bidang pakaian memberi kita celah untuk bisa sukses kedepannya, karena isnis pakaian ini long lasting dan selalu berkembang. Jika Anda snaggup menciptakan tren yang berbeda, maka kemungkinan sukses bisa Anda capai.  Juallah pakaian yang tak akan lekang dimakan zaman, seperti kaos santai, celana pendek yang serbaguna, pakaian dalam dan seragam. Barang barang tersebut akan selalu dibutuhkan dan dicari.