Laman

  • Home

Rabu, 21 Oktober 2020

Edukasi Hak Atas Kekayaan Intelektual

Edukasi Hak Atas Kekayaan Intelektual

Berlangsung di Hotel Muria Semarang, kegiatan Sosialisasi Hak Atas Kekayaan Intelektual di hadapan para IKM Jawa Tengah dibuka langsung oleh Kepala Disperindag Propinsi Jawa Tengah, Arief Sambodo dan diikuti oleh 50 IKM Jawa Tengah.

Yang berbeda dari kegiatan serupa adalah, RumahUMKM.Net memberikan pembekalan "Strategi Branding untuk Usaha Kecil" agar para peserta memahami benar apa pentingnya brand bagi usaha mereka dan bagaimana memulai membangun brand mereka sejak dini. Sebuah materi yang seharusnya selalu ada mendampingi pembekalan materi HKI secara umum. 

Mengembangkan asset fisik dalam iklim persaingan yang ketat tentu bukan perkara mudah, oleh sebab itu para IKM harus mengembangkan asset non fisik (itangible asset), yaitu brand, agar asset perusahaan mereka terdongkrak cepat. Memang brand tetap harus diawali dengan selling untuk menciptakan revenue, kemudian dikelola dengan marketing untuk membangun kepuasaan pelanggan dan dikendalikan dengan branding untuk membangun loyalitas pelanggan. Bukan masalah apa yang penting dari ketiganya, melainkan memahami bagaimana ketiga kegiatan tersebut bisa terpadu dalam mencapai tujuan perusahaan.

Disamping dipahamkan masalah brand dan branding, para peserta juga bisa membedakan apa itu selling, marketing dan branding dan bagaimana mereka ("bertiga") bekerja secara bersama-sama saling mendukung satu dengan yang lainnya.

Untuk ke depannya setiap sosialisasi HKI akan didampingi dengan materi strategi membangun brand untuk usaha kecil agar pemahaman terhadap HKI bisa dilakukan secara komprehensif. Sukses!









Tidak ada komentar:

Posting Komentar