Laman

  • Home

Jumat, 07 Agustus 2020

RumahUMKM.Net, Growing Through Networking.

RumahUMKM.Net, Growing Through Networking.

Network atau jejaring menjadi sebuah konsistensi bagi RumahUMKM.Net dalam mengembangkan bisnis usaha kecil di Jawa Tengah, mulai dari jejaring mentor pembinaan UMKM, jejaring media, jejaring pasar, jejaring pembiayaan dan jejaring investor dan lain sebagainya. Selain bergerak dalam pengembangan edukasi UMKM, RumahUMKM.Net secara praktis juga masuk dalam bisnis usaha kecil sebagai praktisi promosi dan pemasaran untuk produk-produk UMKM di Jawa Tengah.

Hari ini, kami seperti biasa ngopi bareng dengan Mas Shareang Kusuma dari INVESTREE.ID, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang financial technology yang telah bekerjasama dengan RumahUMKM.Net selama lebih dari 3 tahun. Diskusi yang berlangsung di Strada Cafe Semarang ini memperbincangkan program-program INVESTREE untuk pembiayaan UMKM, terutama investasi untuk usaha kecil.

Kami berencana untuk membuat suatu program pembiayaan semacam KUR tetapi dengan sistem syariah yang dalam fintech disebut peer-to-peer lending, karena pemberi pinjaman bisa memilih sendiri siapa atau proyek apa yang akan dibiayainya. Meskipun sebenarnya fintech sudah beberapa tahun lalu dikenal, namun di kalangan pelaku UMKM, sosialisasinya masih perlu digalakkan lagi terutama dalam hal pemahamannya.

Tumbuh bersama adalah slogam dari INVESTREE yang secara umum bisnisnya adalah menggalang dana dan mengelola kredit dan investasi secara online, jadi dalam bisnis ini dikenal investor dan debitor. Konsep ini adalah konsep perbankan di masa mendatang.

Investree saat ini siap membiayai pekerjaan-pekerjaan para pelaku UMKM dari pemerintah, BUMN atau perusahaan swasta TBK, jika dibutuhkan, sementara sedang mengembangkan konsep yang lebih tepat untuk para pelaku UMKM yang ingin mengembangkan usahanya. Yang menarik dari fintech ini adalah jaminan kreditnya bisa berupa PO atau invoice.

Semoga kemitraan kami dengan INVESTREE bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM di Jawa Tengah yang butuh pembiayaan dan investasi. Sukses!



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar