Laman

  • Home

Rabu, 15 Juli 2020

Pelatihan Manajemen Pengelolaan Usaha Disperindag Kota Magelang.

Pelatihan Manajemen Pengelolaan Usaha Disperindag Kota Magelang

Sebuah rangkaian pelatihan UMKM dalam manajemen pengelolaan usaha digelar oleh Disperindag Kota Magelang pada tanggal 14, 15 dan 16 Juli 2020 dalam upaya membantu para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Meskipun Kota Magelang adalah "zona hijau" dalam penyebaran Covid-19 namun ternyata secara ekonomi banyak pelaku UMKM terdampak dengan penerapan social distancing dan lock down di beberapa kota di sekitar Magelang yang menjadi daerah pemasaran produk UMKM kota Magelang. 

Pelatihan yang dibuka langsung oleh Sekda Kota Magelang (Joko Budiyono), Kepala Disperindag Kota Magelang (Catur Budi Fajar Sumarmo), Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro (Bapak Wahyu Herwanto) berlangsung di Hotel Puri Asri Magelang dengan menerapkan protokol kesehatan standard dan social distancing. Diikuti oleh 40 UMKM dari Kota Magelang, yang memiliki usaha skala mikro.

RumahUMKM.Net mendapatkan kepercayaan untuk mengisi 8 materi pelatihan dalam rangkaian pelatihan tanggal 14 dan 15, sedangkan tanggal 16 Juli 2020 ditutup dengan kunjungan kepada usaha kecil yang telah berjalan di Kota Magelang. Materi tersebut adalah: 
  • Menakar Kadar Motivasi Pelaku UMKM dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. 
  • Motivasi Kewirausahaan dan Kelembagaan Usaha.
  • 9 Praktek Manajemen Usaha untuk Usaha Kecil.
  • Rencana Strategi Pemasaran untuk Usaha Kecil.
  • Packaging is A Silent Marketing.
  • Pengenalan Branding untuk Usaha Kecil.
  • Marketing Tools.
  • Pemasaran Digital : Social Media Marketing dan e-Commerce.
Para nara sumber dari RumahUMKM.Net adalah para praktisi usaha sehingga diharapkan pelatihan ini mampu menghadirkan solusi-solusi praktis yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM, dan semua materi terkait antara satu dengan yang lainnya agar terjadi penguatan pemahaman serta pendalaman materi. Ada 4 nara sumber yang dihadirkan dalam pelatihan ini, yang masing-masing nara sumber membawakan 2 materi pelatihan.

Beberapa dokumentasi berikut memberikan gambaran atas pelatihan pengelolaan manajemen usaha yang berlangsung selama 2 hari di Hotel Puri Asri Magelang:

Dokumentasi Pelatihan Manajemen Pengelolaan Usaha

Dokumentasi Pelatihan Manajemen Pengelolaan Usaha

Dokumentasi Pelatihan Manajemen Pengelolaan Usaha
Dokumentasi Pelatihan Manajemen Pengelolaan Usaha



Dokumentasi Pelatihan Manajemen Pengelolaan Usaha

Dokumen Pelatihan Manajemen Pengelolaan Usaha

Bagi kami para nara sumber di RumahUMKM.Net, pelatihan ini adalah pelatihan yang sangat berkesan karena Kepala Disperindag dan Ka Bid Koperasi dan Usaha Mikro tidak hanya sekedar membukan pelatihan namun mengikuti dan memantau pelatihan-pelatihan yang kami berikan secara langsung. Dari beberapa diskusi kami dengan Bapak Catur Budi Fajar Sumarmo dan Bapak Wahyu Herwanto, kami memahami pemilihan bekerjasama dengan RumahUMKM.Net karena para nara sumber yang bergabung adalah para praktisi usaha, sehingga mereka juga pernah mengalami apa yang mereka sampaikan dalam pelatihannya. Selain itu bahasa dan contoh-contoh riil yang disampaikan oleh nara sumber praktisi akan lebih mudah dicerna oleh para peserta.

Selesai pelatihan pun kami dari RumahUMKM.Net akan terus memantau hasil pelatihan tersebut. Sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar