Laman

  • Home

Rabu, 24 Juni 2020

Tentang Kelebihan GULANAS

Tentang Kelebihan GULANAS

Gula cair GULANAS dirintis sejak tahun 2012 dengan perjalanan R&D yang cukup panjang untuk ukuran usaha skala kecil, yoitu 2012 - 2014 untuk R&D produk dan 2014 - 2016 untuk R&D pasar, sehingga bisa dikatakan GULANAS memulai bisnisnya secara utuh adalah tahun 2016. Sebuah langkah yang jarang dilakukan oleh para pelaku usaha kecil, yaitu melakukan R&D! 

Upaya di R&D produk selama 4 tahun tersebut telah banyak mencatatkan banyak hak patent dalam asset intagible bagi PT Gula Energi Nusantara sebagai pemilik merk GULANAS, yang salah satunya adalah patent untuk teknologi pengolahan gula tebu cair langsung dari tebu. Selain itu yang terbaru adalah pengajuan patent teknologi pemrosesan gula rendah glikemik untuk semua jenis gula agar aman bagi penderita diabetes. 

Singkatnya bisa dikatakan bahwa GULANAS hadir dengan back ground R&D atau inovasi dalam teknologi gula, yang hal ini mungkin membedakan GULANAS dengan UMKM yang lain. 

Dalam kesempatan ini saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman dalam pemasaran gula cair GULANAS kepada para prospek customer kami, yang mungkin hal ini bisa memberikan inspirasi kepada para pelaku UMKM yang kurang percaya diri dengan produknya, padahal produknya sebenarnya adalah produk yang bagus.

Tentang Kelebihan GULANAS

Seringkali dalam setiap pertemuan awal dengan prospek customer saya digertak oleh prospek customer dengan pernyataan-pernyataan berikut:

1. Harga gula tebu cair Bapak lebih mahal daripada pesaing.
2. Harga gula aren cair Bapak mahal.

Meskipun sebenarnya banyak pertanyaan yang diajukan kepada kami, namun 2 pertanayaan ini yang kami garis bawahi, karena justru bisa menjadi bumerang bagi yang mengajukan pertanyaan. Dan saya pun biasanya cuma menanggapi dengan tersenyum, dan balik bertanya:
  1. Memang, selain gula tebu cair impor ada gula tebu cair lain selain GULANAS di Indonesia? Kebanyakan Cafe dan Resto menggunakan fructose dan glucose, bukan gula tebu cair seperti GULANAS. Mengapa kami yakin? Karena kami punya patent teknologinya.
  2. Memang ada banyak gula aren cair merk lain yang lebih murah dari GULANAS? Namun berdasarkan riset pasar kami, harga para pesaing di kisaran 30% di atas kami. Mengapa? Karena kami memiliki teknologi yang mampu membuat efisiensi dalam produksi sehingga mampu menghadirkan harga yang rasional.
Di sinilah terlihat kami sangat diuntungkan dengan "perjuangan awal" kami yaitu dengan melakukan R&D terlebih dahulu sebelum memulai bisbis gula cari ini. Inilah investasi mahal yang telah kami lakukan untuk merk GULANAS, karena kami memiliki keyakinan banyak bisnis ini akan besar saat 3-4 tahun mendatang.

Kebanyakan calon customer menggertak tanpa informasi yang lengkap terhadap suatu produk, mereka terlalu yakin dengan metode-metode negosiasi yang selama ini mereka lakukan. Mungkin mereka berpikir bahwa kami bisa menurunkan harga kami yang sudah jauh lebih murah daripada pesaing, padahal sebenarnya kami telah memberikan harga yang paling terbaik untuk mereka. Sukses!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar