Laman

  • Home

Senin, 06 April 2020

Bagaimana Cara Memasarkan Layanan Baru Secara Efektif?

Bagaimana Cara Memasarkan Layanan Baru Secara Efektif?
Ketika datang untuk memasarkan layanan (servis), terkadang bisa lebih menantang daripada memasarkan suatu produk. Anda tidak menjual sesuatu yang nyata! Anda sebenarnya menjual yang tidak terlihat. Anda tidak dapat melihat, menyentuh, atau merasakan suatu produk, sehingga bagi calon pelanggan tidak peduli apakah itu bisnis atau konsumen yang membeli suatu layanan dapat dianggap sebagai membeli risiko.

Ketika menjual layanan, pemasaran secara efektif dan menciptakan pengalaman pelanggan yang baik sangat penting untuk menutup transaksi. Pengalaman keseluruhan memiliki dampak pada nilai yang dirasakan dari servis yang memudahkan risiko yang mungkin dirasakan prospek.

Menciptakan Pengalaman Melalui Pesan Pemasaran

Tujuan Anda adalah untuk mengidentifikasi masalah atau titik rasa sakit yang dirasakan prospek dan secara efektif menunjukkan kepada mereka bagaimana layanan Anda memecahkan masalah atau titik sakit tersebut. Tantangan dan tugas Anda adalah untuk mensimulasikan dan menciptakan pengalaman melalui pesan pemasaran Anda untuk menarik perhatian mereka.

Layanan juga cenderung memiliki reputasi yang dibangun di atas satu orang. Orang-orang yang terlibat dalam penjualan dan pelaksanaan layanan memiliki kemampuan untuk membuat atau menghancurkan reputasi perusahaan. Lebih sulit untuk melakukan kontrol kerusakan untuk perusahaan jasa, yang berarti Anda harus selalu berada di permainan Anda dan reputasi Anda harus tetap tidak ternoda dan murni. Satu ulasan buruk bisa membuat Anda gulung tikar.

Memasarkan Perusahaan Layanan

Konsumen sering merasa lebih sulit untuk membandingkan vendor layanan. Mereka tidak dapat menyentuh atau merasakan produk, melainkan mereka harus percaya bahwa layanan akan dilakukan seperti yang dijanjikan. Bagaimana Anda dapat membantu konsumen membandingkan Anda dengan vendor lain?

Layanan tidak dapat dikembalikan. Jika suatu layanan dibeli tetapi tidak memenuhi harapan konsumen, mereka tidak dapat mengembalikannya untuk produk baru. Kegagalan layanan untuk tidak memberikan pengalaman menjual biaya waktu konsumen dan sebagai individu dan bisnis, kita sering merasa waktu kita lebih berharga daripada uang. Perlu diingat bahwa dalam pemasaran tradisional kami memiliki 4 Ps. Ketika datang ke pemasaran layanan kami menambahkan tiga lagi. Pemasaran 4 P tradisional meliputi:
  • Produk
  • Harga
  • Tempat
  • Promosi

Tiga Komponen Tambahan untuk Dipertimbangkan:
  • Orang: Semua orang yang terlibat baik secara langsung atau tidak langsung dari konsumsi suatu layanan adalah penting. Orang-orang dapat menambahkan nilai signifikan ke penawaran layanan. Orang menjual layanan dan membuat atau menghancurkan pemasaran layanan yang Anda tawarkan. Saatnya untuk melihat "wajah" layanan Anda dan mengevaluasi.
  • Bukti Fisik: Cara pemberian layanan perlu dikomunikasikan dan ditindaklanjuti. Anda menciptakan pengalaman tak berwujud sehingga komunikasi dan dokumentasi adalah satu-satunya bukti fisik yang harus Anda bagikan dengan konsumen Anda. Pastikan Anda melakukan cukup banyak.
  • Proses: Prosedur dan aliran kegiatan tentang bagaimana layanan dikonsumsi adalah elemen penting dari strategi Anda dalam layanan pemasaran. Semuanya harus berjalan dengan lancar untuk menjaga kepercayaan konsumen Anda.

Dengan mengembangkan 4-P pemasaran Anda dan meningkatkannya menggunakan tiga strategi pemasaran di atas Anda dapat berhasil memasarkan layanan Anda meskipun Anda menjual yang tidak terlihat. Jika Anda merasa macet ketika memasarkan layanan Anda, coba anggap itu sebagai produk. Ini sering dapat menempatkan kerangka di sekitar pemasaran Anda dan membantu menerobos melalui kebiasaan pemasaran.

Pikirkan layanan Anda memiliki produk tidak berwujud yang menawarkan pengalaman khusus dan layanan unggul kepada prospek. Pengalaman atau layanan superior apa yang membuat pelanggan Anda merasa senang dengan pembelian mereka? Itulah perasaan yang harus Anda pasarkan dalam mengikatnya dengan hubungan dan nilai. Jika Anda dapat menggunakan upaya pemasaran Anda untuk menunjukkan tidak hanya pengalaman itu tetapi mengapa layanan yang Anda tawarkan lebih baik daripada orang lain di pasar Anda dapat melihat banyak keberhasilan dalam upaya pemasaran Anda.

Periksa materi pemasaran Anda dan pastikan Anda mengatasi hal-hal berikut dalam format yang jelas dan mudah dipahami:
  • Apa layanannya? Apa yang dilakukan bisnis Anda?
  • Mengapa layanan ini penting? Masalah apa yang dipecahkan? Titik nyeri apa yang mereda?
  • Apa manfaat yang ditawarkan layanan Anda? Apakah ini menghemat waktu, menghemat biaya atau mengurangi sumber daya?
  • Apa kirimannya? Apa yang diharapkan pelanggan?

Anda dapat memasarkan layanan secara efektif dengan memastikan bahwa Anda berfokus pada masalah atau titik sakit yang diselesaikan dan menjadi jelas pada kiriman yang Anda tawarkan. Tetapkan harapan sebelumnya, ini membangun kepercayaan dan memastikan bahwa pelanggan Anda tidak akan memiliki penyesalan pembeli. Sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar