Laman

  • Home

Senin, 27 Januari 2020

Pentingnya Media Promosi untuk Mengangkat Brand Lokal.

Pentingnya Media Promosi untuk Mengangkat Brand Lokal.
Perjuangan untuk mengangkat brand lokal Indonesia di pasar yang lebih luas dan bahkan kancah internasional, terus kami gelorakan. Bekerjasama dengan Gambaran Brand yang memiliki Brand Adventure Indonesia dan bersama teman-teman Brand Activist Indonesia, RumahUMKM.Net terus berupaya memperjuangkan brand lokal naik kelas dalam persepsi pasarnya.

Dalam setiap obrolan kami bersama dengan brand-brand activitist daerah, kami sering menyinggung apa artinya kiprah seorang brand activist jika tidak didukung oleh media promosi yang mumpuni, yang memiliki audience yang loyal dan segmented. Terkait hal ini kami mencoba mengangkat brand-brand lokal Jawa Tengah (karena wilayah kami adalah Jawa Tengah) melalui media blog RumahUMKM.Net, DiahDidi.Com yang merupakan media kami sendiri. 

Media IG @bunda_didi adalah media yang kami persiapkan untuk promosi brand lokal yang sudah siap secara profesional. Media ini akan dilengkapi dengan 3 cooking studio, yaitu 2 cooking studio indoor dan 1 cooking studio outdoor untuk pembuatan konten visual, berupa foto produk dan cooking video. 

Dengan follower yang sangat memadai serta digarap secara organik dan interaksi yang cukup bagus, media IG @bunda_didi sangat potensial digunakan untuk edukasi pasar dan perkenalan brand. Dimana hal ini seringkali dilupakan oleh brand lokal Indonesia sehingga kurang dilirik pasar ketika digelar di pasar tradisional atau pasar modern, karena pasar belum tahu atau bahasa kerennya belum "aware".





Fasilitas dari RumahUMKM.Net juga dilengkapi dengan ruang konsultasi, yang siap melayani brand lokal untuk mereview logo melalui grafologi dan fengshui, konsultasi branding, konsultasi marketing kreatif, konsultasi manajemen perusahaan dan kurasi produk. Sesuai dikemas dalam konsep one-stop solution, karena jaringan pemasaran RumahUMKM.Net juga telah siap untuk menampung pemasaran brand-brand lokal baik untuk pemasaran dalam negeri maupun pemasaran ekspor.

Sebagaimana diketahui, sebenarnya produk-produk lokal (UMKM) sudah mulai cukup bersaing baik dalam hal mutu produk, kemasan maupun harga jual, hanya saja produk tersebut kurang dikenal di pasar karena pelaku UMKM atau pemilik brand lokal tidak melakukan upaya promosi secara optimal. Promosi harus dilakukan secara mandiri tanpa harus menunggu fasilitasi dari pemerintah, karena entrepreneurship berpinsip pada kemandirian dan daya saing.

Pada akhirnya kami pun bisa mulai membangun jalan pintas dalam melakukan scale up brand-brand lokal, meskipun harus kami lakukan secara bertahap dan mandiri. Sukses!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar