Laman

  • Home

Rabu, 29 Januari 2020

Membuat Katalog Produk

Membuat Katalog Produk
Selain kartu nama dan company profile, marketing tool yang penting lainnya adalah katalog produk. Para pelaku UMKM harus memiliki marketing tool ini dalam membangun jaringan pemasaran. Berikut adalah hal-hal penting dalam membangun katalog produk:

Mengapa katalog itu penting?

Katalog, seperti logo atau kartu nama, adalah alat yang digunakan untuk mengidentifikasi dan memperkuat kesadaran merek. Spesialis pemasaran tahu berapa banyak ketelitian yang terlibat dalam pembuatan katalog dan seberapa banyak katalog yang baik dapat membuat perbedaan dalam hal penjualan.

Sangat penting untuk membuat dokumen, sebanyak mungkin:
  • fungsional: mudah untuk berkonsultasi dan dirancang secara intuitif;
  • menarik: memiliki penutup yang kuat, kertas berkualitas tinggi, tata letak yang jelas dan modern, dll.

Dalam format apa katalog dapat dibuat?

Pertama-tama, mari kita lihat format katalog. Katalog selalu dibuat secara digital, tetapi produk jadi dapat menjadi salah satu dari dua jenis:
  • Katalog cetak (mis., Katalog meja, katalog IKEA *)
  • Katalog digital (PDF, flipbook, aplikasi, dll.)

*) publikasi yang paling banyak didistribusikan di dunia. 211 juta kopi dikirim pada tahun 2017 dengan tujuan mempromosikan kegiatan 328 toko di 28 negara.

Cetak katalog

Seperti yang diketahui IKEA, katalog cetak tetap menjadi salah satu alat penjualan terbaik dunia. Publikasi berbasis kertas ini memiliki banyak keuntungan:

Paparan merek yang konstan

Katalog adalah benda fisik yang biasanya disimpan di atas meja atau meja, sehingga selalu tersedia dan dapat diakses dengan mudah. "Kehadirannya yang rumit / berat" membuat merek Anda terus-menerus terekspos kepada pelanggan Anda (salah satu prinsip dasar periklanan adalah, pada kenyataannya, paparan merek).

User-friendly

Katalog cetak selalu tersedia dan mudah dikonsultasikan oleh orang-orang dari segala usia. Untuk pemahaman yang lebih baik, kita harus membandingkannya dengan alternatif digitalnya. Mari kita pikirkan tentang bagaimana Anda mencari item dalam katalog online. Pertama, Anda membutuhkan koneksi internet yang baik. Kemudian, Anda harus menemukan dokumen yang Anda butuhkan. Jika Anda beruntung, ada TOC yang dapat dinavigasi, sehingga Anda dapat pergi ke halaman kanan dengan klik; jika tidak, Anda harus membaliknya dengan tangan sampai Anda menemukan barang yang Anda inginkan.

Keterbacaan

Pernahkah Anda mencoba untuk berkonsultasi katalog di iPad, mungkin saat berbicara dengan pelanggan? Jika Anda mengklik di tempat yang salah, Anda dapat dengan mudah berakhir di halaman lain. Jika Anda perlu memeriksa detail, Anda harus memperbesar, mempertaruhkan kesempatan mengklik tombol yang tidak diinginkan.

Pencarian Cepat

Katalog cetak memungkinkan Anda untuk memasukkan bookmark di mana pun Anda butuhkan, sehingga Anda dapat dengan mudah kembali ke halaman yang Anda perlu periksa dalam beberapa detik.

Katalog digital

Mari kita beralih ke katalog digital. Katalog dibuat menggunakan alat digital, dan saat ini sebagian besar perusahaan hanya menggunakan cara digital untuk mendistribusikan dan mempromosikan dokumen mereka.

Katalog digital biasanya dibuat dalam format PDF, untuk pengiriman cepat dan mudah ke pelanggan. Dimungkinkan juga untuk membuat flipbook menggunakan perangkat lunak khusus. Flipbook adalah publikasi online interaktif yang meniru majalah kertas. Untuk membuat flipbook, sering kali diperlukan dokumen PDF lengkap yang siap dikonversi menjadi format interaktif.

Katalog digital menghadirkan sejumlah penghematan dibandingkan dengan biaya pencetakan dan distribusi, yang mendekati nol. Selain itu, berbagi dan mempromosikan dokumen Anda lebih cepat, karena Anda hanya perlu mengunggahnya ke situs web Anda dan membagikannya.

Manfaat dari katalog cetak tidak ada dalam katalog digital, namun ... Ini dapat diringkas dalam hal keterbacaan yang lebih besar, keramahan pengguna, dan perasaan keterlibatan dan profesionalisme secara umum.

Bagian mana yang membentuk katalog?

Katalog adalah dokumen yang terdiri dari banyak bagian berbeda. Beberapa selalu digunakan, seperti sampul, daftar isi, dan sampul belakang; yang lain tergantung pada jenis proyek dan jika diperlukan:
  • Sampul depan
  • Indeks jempol
  • Halaman pengantar: deskripsi, iklan
  • Daftar isi: bab / bagian, sub bab, indikator nomor halaman
  • Katalog: pemisah bab
  • Daftar isi: urutan abjad, atau dengan kode
  • Halaman akhir: deskripsi, iklan, catatan
  • Sampul belakang


Bagaimana Anda mengatur katalog?

Informasi yang ingin kami masukkan harus diatur mengingat bagaimana klien akan berkonsultasi dengan katalog. Anda perlu mempertimbangkan banyak elemen: apakah klien akan mencari produk berdasarkan kategori, atau akankah ia membolak-balik setiap halaman? Apakah klien lebih suka versi kertas atau digital?

Dalam kebanyakan kasus, jika kita berbicara tentang katalog bisnis, akan berguna untuk mengatur elemen berdasarkan kategori atau atribut produk, seperti harga, warna, aplikasi, dan sebagainya.

Katalog dengan berbagai kegunaan menyajikan struktur yang berbeda. Pikirkan katalog medis, misalnya, di mana artikel disusun menurut abjad. Terkadang, berguna untuk mengatur produk secara intuitif atau menggunakan kriteria yang tidak terlalu ketat, mungkin mencampur aturan. Dengan cara ini, pelanggan akan lebih terlibat dengan berkonsultasi pada setiap halaman.

Siapa orang yang paling cocok untuk membuat katalog?

Tidak ada seorang pun, figur tunggal yang membuat katalog. Jawabannya adalah banyak orang terlibat dalam tugas itu.

Tim penjualan, pemasaran, TI, dan grafik semuanya terlibat dalam proses pembuatan katalog. Departemen grafis dapat di-rumah atau di-outsourcing (ke agen komunikasi / desainer grafis freelance).

Elemen apa yang saya perlukan untuk membuat katalog?

Untuk membuat katalog, Anda perlu:
  • Data produk
  • Gambar-gambar
  • Layout Katalog
  • Mari kita melihatnya secara detail

Pertama-tama, untuk membuat katalog Anda memerlukan data produk Anda. Menurut data produk, maksud kami: kode (SKU / nomor item), kategori, subkategori, nama produk, deskripsi, atribut, harga, barcode, dll.

Informasi ini dapat terkandung dalam:
  • Database bisnis / sistem ERP: SAP, Oracle, IBM AS400, Microsoft Dynamics, Sage, Infor, ePromis, dll.
  • Satu atau lebih lembar Excel (atau file CSV, TXT)
  • File XML
  • File SQL
  • Situs Perusahaan
  • File katalog sebelumnya (Adobe InDesign, QuarkXPress, dll.)
  • Gambar-gambar
  • Sebelumnya, setelah Anda mengumpulkan semua informasi tekstual yang ingin Anda masukkan dalam dokumen Anda, Anda harus mengumpulkan semua gambar artikel dan simbol / ikon akhirnya, jika diperlukan.


Jika Anda membuat katalog cetak, Anda akan memerlukan gambar produk berkualitas tinggi (200/300 dpi). Gambar berkualitas baik sangat penting untuk membuat katalog Anda menjadi dokumen profesional.

Seringkali, Anda tidak akan memiliki semua gambar produk yang Anda inginkan dan mungkin mencoba mengambilnya dari situs web perusahaan Anda. Gambar-gambar ini tidak akan memiliki kualitas yang baik (biasanya 72 dpi); oleh karena itu, mereka tidak cocok untuk digunakan dalam katalog cetak.

Layout Katalog

Saat Anda telah mengumpulkan semua elemen yang diperlukan, Anda dapat beralih ke fase operasi pembuatan tata letak katalog. Pada fase ini, perancang grafis terlibat, lebih dari itu jika Anda membuat edisi pertama katalog, atau jika Anda mencari pembenahan tata letak sebelumnya.

Desain grafis dapat dilakukan oleh pekerja in-house atau outsourcing ke agen freelancer atau komunikasi. Perancang akan membantu Anda memantapkan ide-ide Anda tentang cara mengatur informasi dan gambar produk serta menjaga gaya:
  • Penutup dan penutup belakang;
  • Halaman pengantar;
  • Tata letak halaman / halaman Master: header, footer, indeks ibu jari, warna kategori, kolom halaman (1, 2, 3, atau lebih), dll .;
  • Daftar Isi (TOC): Urutan pengurutan klasik (Urutan urutan nomor halaman), Fotografi TOC, Urutan abjad (berdasarkan kategori, berdasarkan produk, berdasarkan apa yang Anda inginkan) dan Chapter Separator TOC;
  • Pemisah bab;
  • Tata letak produk (lihat empat contoh tata letak produk berbeda pada gambar di bawah);
  • Pembuatan ikon / simbol industri tertentu.
  • Perancang akan membuat banyak konsep, biasanya menggunakan Adobe InDesign, sampai semua persyaratan Anda terpenuhi.

Proses penerbitan: Apa jenis proses penerbitan yang ada?

Setelah tata letak disetujui, salah satu langkah penting dimulai: proses penerbitan. Ini terdiri dari memasukkan informasi ke dalam katalog dengan cara yang terstruktur.

Langkah ini dapat dilakukan secara manual atau menggunakan perangkat lunak otomatis.

Kita berbicara tentang:
  • Penerbitan manual: Salin dan tempel (ini membutuhkan banyak waktu dan rentan kesalahan)
  • Penerbitan otomatis: Perangkat lunak di rumah / di tempat (paket perangkat lunak ini sangat mahal, dan tata letak sulit dibuat; dukungan adalah layanan berbayar)
  • Layanan penerbitan cloud: Perangkat lunak cloud atau SaaS (murah, layout sepenuhnya dapat diedit, dan dukungan termasuk dalam harga proyek).


Proses penerbitan manual

Pertama-tama, mari kita mulai dengan proses penerbitan manual. Membuat katalog Anda secara manual terdiri dari menyalin dan menempelkan semua data, sepotong demi sepotong, dari sumber data Anda ke dalam dokumen Anda.

Ini adalah tugas yang dapat menempati sumber daya (in-house atau outsourcing) untuk waktu yang lama, beberapa minggu / bulan, tergantung pada berapa banyak artikel / halaman yang harus dibuat. Elemen penting lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika Anda perlu membuat katalog adalah tingginya kemungkinan kesalahan, karena fakta bahwa manusia yang mendorong proses ini, bukan mesin.

Proses penerbitan otomatis lahir untuk mengatasi kekurangan ini.

Proses penerbitan otomatis

Istilah "penerbitan otomatis" mengacu pada solusi perangkat lunak / plugin yang memungkinkan Anda untuk mengimpor data produk secara otomatis dari datasheet / database ke dalam dokumen yang sedang dibuat.

Ini adalah solusi yang perlu diinstal di PC Anda, seperti perangkat lunak klasik. Setiap komputer membutuhkan lisensi perangkat lunaknya sendiri. Ketika Anda harus membuat pagination, Anda hanya dapat bekerja pada PC yang sebelumnya menginstal perangkat lunak.

Aplikasi ini memungkinkan kami membuat dokumen dalam format tertentu, atau sebagai PDF. Hanya beberapa dari mereka yang memungkinkan pengguna membuat file dalam format Adobe InDesign (INDD, IDML, dll.).

Solusi otomatisasi katalog Pagination memiliki banyak keuntungan:
  • Mudah digunakan. Tidak perlu pelatihan khusus
  • Kebebasan penuh dalam tahap pembuatan (desain) tata letak dokumen
  • Kemungkinan menggunakan setiap jenis sumber data (Excel, CSV, XML, ekspor dari sistem ERP / database / aplikasi bisnis)
  • Sistem Cloud tidak memerlukan pengaturan perangkat lunak apa pun. Perangkat lunak ini tersedia kapan saja, di mana saja, dan di perangkat apa pun (Chrome, Firefox, Safari, Explorer, dll.) Dan sistem operasi (Windows, Mac OS, Linux, Android, dll.)
  • File dibuat baik dalam PDF (dalam resolusi tinggi dan rendah, siap untuk dicetak, atau untuk distribusi digital) dan format InDesign (INDD, IDML). Mereka siap dibuka dengan Adobe InDesign dan dapat diubah secara manual, bila perlu.
  • Sistem Cloud memberi Anda kemampuan untuk terus menggunakan PC selama proses pembuatan dokumen, dan sistem notifikasi email akan memberi tahu Anda ketika proses telah selesai dan dokumen siap untuk diunduh.
  • Perangkat lunak ini dijual sebagai biaya berlangganan tahunan. Perubahan harga sesuai dengan jenis dokumen yang ingin Anda buat, dan itu termasuk pengaturan dokumen, pemeliharaan evolusi proyek, dan layanan pelanggan yang cepat (melalui telepon & email).
  • Berapa biaya pembuatan katalog?
  • Akhirnya, mari kita lihat biaya untuk membuat katalog profesional. Sulit menghabiskan kurang dari Rp 20.000.000,- (estimasi) untuk proyek grafik katalog.

Sistem penerbitan otomatis dapat mengurangi biaya banyak. Membuat proyek editorial dengan sistem penerbitan basis data cloud dapat menelan biaya Rp 8.000.000 – Rp 12.000.000, tergantung pada kerumitan dokumen.

Buat katalog - Fase pencetakan

Sekarang kami telah menemukan cara membuat katalog, mari beralih ke fase pencetakan. Menemukan printer yang baik relatif mudah, tetapi untuk menemukan yang tepat, Anda perlu memeriksa harganya. Secara praktis, printer sering kali merupakan garis pertahanan terakhir sebelum dokumen dicetak.

Terutama jika Anda membuat katalog pertama Anda, atau jika Anda bekerja sama dengan agensi atau profesional yang berpengalaman, jangan berhemat dalam pencetakan. Jika Anda dapat menemukan printer yang bagus, printer yang dapat membantu Anda dalam situasi sulit atau tidak terduga, jaga agar ia tetap dekat dengan Anda. Proses pencetakan adalah hal yang sulit, dan ada ribuan variabel untuk dikelola agar semuanya menjadi baik. Jangan memberi tekanan pada printer Anda ketika datang ke pengaturan waktu, karena Anda berisiko memaksa perkembangan kondisi tergesa-gesa, seperti mengeringkan tinta atau mengikat lem. Anda mungkin dapat memaksa beberapa proses, tetapi Anda berisiko mengalami kejutan yang tidak menyenangkan.

Biaya pencetakan tergantung pada banyak variabel, seperti:
  • Jumlah salinan yang akan dicetak
  • Jumlah halaman dalam katalog
  • Kualitas kertas
  • Pemrosesan khusus (mis., Indeks ibu jari)

Semoga sukses!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar