Laman

  • Home

Selasa, 14 Januari 2020

Memahami Verbal Branding

Minuman Innocent

Keika komunikasi semakin lebih cepat dan lebih visual, cara brand memilih dan menggunakan bahasa (Merek Brand) sangat mempengaruhi sejumlah besar saluran, dari media sosial, mesin pencari, iklan, hubungan masyarakat, konten situs web, pemasaran langsung dan banyak lagi. 

Bahasa bertanggung jawab untuk mengekspresikan dan membujuk, untuk menginformasikan, menyatakan dan mengkarakterisasi, membangun hubungan, telegraphing dan bercerita. Kata-kata memang, seperti pernah dijelaskan oleh Rudyard Kipling, adalah obat yang paling kuat digunakan oleh umat manusia. 

Panduan gaya menguraikan aturan tata bahasa seputar bahasa perusahaan. Mereka mengatakan bagaimana menulis.  Panduan nada dan cara berbicara tentang sifat bahasa yang harus digunakan. Biasanya ini adalah daftar karakteristik, yang boleh dilakukan dan jangan. Namun pedoman tersebut jarang mempertimbangkan pengaruh janji merek, esensi merek dan nilai-nilai merek yang paling penting dalam membentuk merek dalam kata-kata dan daftar periksa itu sendiri sering sangat luas sehingga pedoman tersebut dapat ditafsirkan sebagai sejumlah cara dalam situasi yang berbeda. 

Tidak ada dokumen yang menjelaskan mengapa penulis harus menulis apa yang mereka tulis. Sebaliknya, pedoman Merek Verbal terbaik mengambil isyarat mereka langsung dari elemen inti strategi merek dan mengartikulasikan cara menerapkan semangat merek secara konsisten di setiap titik sentuh verbal. Sangat menggoda, setiap kali kita berbicara tentang menempa bahasa untuk sebuah merek, untuk percaya bahwa ada satu audiens utama yang benar-benar perlu memahami mekanisme dan struktur - penulis itu sendiri. 

Bagaimanapun, mereka adalah orang-orang yang bertanggung jawab untuk menyusun komunikasi. Sangat menggoda untuk percaya bahwa pedoman nada dan cara serta panduan gaya akan mencakup semuanya dengan baik. Namun orang yang bertanggung jawab untuk mencetak Merek Verbal membutuhkan lebih dari 'mengapa' dan 'bagaimana cara' jika Merek Verbal ingin bekerja sesuai potensinya. Mereka sebenarnya membutuhkan Ekosistem Verbal yang konsisten di sekitar mereka yang berkomitmen untuk mendukung dan memperkuat identitas verbal. Itu karena tidak ada keputusan verbal yang dibuat secara terpisah. Itu diatur di kedua sisi penciptaan oleh influencer dengan banyak mengatakan dalam kata-kata apa yang akhirnya digunakan. Karena itu sangat penting bahwa dalam membentuk Merek Verbal yang kuat bahwa perusahaan melibatkan dan menyelaraskan tiga kelompok berbeda:
  • Komisaris - orang-orang yang memberi pengarahan dalam pekerjaan dan karenanya mendefinisikan apa yang harus dicapai oleh kata-kata dalam situasi apa pun.
  • Para penulis sendiri - orang-orang yang mendefinisikan dan menciptakan bahasa merek dan yang menghidupkan nada dan cara hidup melalui komunikasi yang mereka lakukan. 
  • Evaluator - mereka yang bertanggung jawab untuk menilai pekerjaan dan penandatanganan. Mereka tidak hanya mencakup pemasar tentu saja tetapi juga manajer produk (akurasi teknis), tim hukum (risiko dan kepatuhan), pemilik merek, dan manajemen komunikasi. Jika orang yang menugaskan pekerjaan memilih untuk melihat bahasa dengan jelas yang sangat berbeda dari bagaimana merek perlu diungkapkan, hasilnya bisa sangat membingungkan. Jika penulis bekerja sesuai keinginan dan tanpa mengacu pada aturan, maka karya kreatif akan kurang konsisten dan 'bertarung' dengan kepribadian merek. Jika mereka tidak memahami sifat dan alasan di balik gaya merek, tim hukum atau penandatangan persetujuan lainnya dapat dengan cepat berupaya memitigasi risiko atau menguraikan manfaat melalui penambahan dan kualifikasi bersyarat yang merusak aliran dan integritas. 
Kecuali ketiga kelompok yang memiliki pemahaman yang jelas dan konsisten tentang apa yang ada di-merek secara verbal dan apa yang tidak, semuanya bisa saja melakukan kesalaha. Lakukan dengan benar - dan Merek Verbal sangat efektif untuk menarik perhatian audiens dan menyampaikan pemahaman bahwa akan sulit untuk 'mengklaim' dengan cara lain apa pun.

Minuman Innocent


Minuman Innocent misalnya adalah ahli dalam menyeimbangkan kesederhanaan dan kenaifan tertentu yang disengaja. Ada sesuatu yang sangat lucu dan murni tentang penggunaan permainan kata-kata, huruf kecil dan grafik seperti anak-anak. Memang tidak bersalah. Sulit untuk percaya bahwa merek ini adalah pemimpin pasar di sektor yang sangat kompetitif dan penuh sesak - yang membuat pendekatannya menghirup udara segar (dan nyata). 

The Economist juga menonjol di pasar publikasi bisnis yang ribut dan berisik dengan mengurangi komunikasi pemasarannya menjadi kata-kata putih khasnya dengan latar belakang merah. Tak perlu dikatakan (mungkin karena sangat tersirat) bahwa mereka yang membaca majalah menganggap diri mereka terpelajar. Bahasa merek sejelas ini dan barang ini tidak terjadi secara kebetulan. Juga tidak terjadi secara terpisah. Itu dibangun karena orang-orang yang bertanggung jawab untuk secara kolektif membawa Merek Verbal ke kehidupan memahami bahwa kata-kata yang baik, kata-kata yang kuat, kata-kata yang indah, kata-kata yang kuat adalah sumber yang kaya akan afinitas - dan penilaian. Mereka mengambil risiko. Mereka mendorong batas-batas verbal. Mereka menolak keinginan untuk mengatakan apa pun selain apa yang perlu dikatakan. 

Dan setiap orang yang terlibat dalam menghidupkan kata-kata memahami hal itu. Mereka bekerja sangat keras pada identitas verbal mereka karena mereka tahu bahwa merek dinilai dengan cara ini. Sebanyak mereka dinilai secara visual. Jika merek Anda tidak berbicara dalam bahasa yang Anda miliki, Anda tidak memiliki suara. Anda berisik. Proyek Blake Dapat Membantu: Lokakarya Brand Positioning dan Lokakarya Storytelling Merek Strategis Branding Strategy Insider adalah layanan dari The Blake Project: Konsultasi merek strategis yang berspesialisasi dalam Penelitian Merek, Strategi Merek, Perizinan Merek, dan Pendidikan Merek. Sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar