Laman

  • Home

Kamis, 16 Januari 2020

Memahami Produk Teknologi

Rapat Evaluasi Panduan & Form Penjurian Krenova 2020
Harus dipahami bahwa tidak ada sesuatu yang harus langsung sempurna, pasti ada proses untuk mencapainya. Demikian halnya dengan ajang Krenova Jateng yang sudah berlangsung bertahun-tahun, selalu dievaluasi dan diperbaiki agar semakin lebih baik kinerjanya dan semakin fokus pada tujuannya.

Berlangsung di kantro BAPPEDA Propinsi Jawa Tengah, rapat koordinasi juri untuk penyelenggaraan Krenova Jateng 2020 di gelar untuk menyamakan presepsi dan ekspektasi para juri Krenova 2020. Berbagai kesepakatan dan perubahan dari panduan dan penilaian tahun lalu akan berubah di tahun 2020.

Fokus pada partisipasi masyarakat, Krenova Jateng 2020 diharapkan bisa menjaring produk-produk Inovasi dari masyarakat umum Jawa Tengah. Krenova Jateng kali ini sudah lebih fokus pada masyarakat bukan pada sekolah, sementara aturan-aturan sebelumnya masih memungkinkan peserta Krenova dari kalangan sekolah. Peserta pun bukan mewakili dari akademis melainkan dari wakil masyarakat.

Dengan kondisi ini BAPPEDA Daerah dituntut untuk lebih aktif menemukan inovator-inovator di daerahnya. Publikasi dan promosi di tingkat daerah sangat dibutuhkan agar setiap lapisan masyarakat mendapatkan kesempatan untuk berkiprah bagi bangsa dan negara.

Membangun Entrepreneurship di Bidang Produk Berteknologi.

Ditekankan pula bahwa dalam penilaian Krenova Jateng 2020 ini, komitmen dari investor untuk memulai bisnis berbasis teknologi sangat penting dan masuk dalam penilaian para juri. Ide yang mereka wujudkan dalam prototype atau metode harus mampu diterapkan dalam masyarakat serta harus bisa menjadi bisnis di masa mendatang.

Kondisi ini yang akan menjadi pertimbangan dari BAPPEDA Daerah bahwa peserta dari tingkat sekolah (dalam Krenova 2020 harus atas nama masyarakat) karena komitmen keberlangsungan inovasi ini harus bisa dipertanggungjawabkan. Bukan hanya sekedar menang Krenova dan kemudian selesai tugasnya.

Produk Teknologi, Bukan Variasi Produk.

Masih sering dijumpai BAPPEDA Daerah mengajukan peserta Krenova dengan produk variasi makanan, bukan teknologi pangan. Dalam Krenova 2020 kali ini, penyaringan produk inovasi ini akan diperketat.

Produk berteknolgi adalah fokus dari ajan Krenova Jateng, karena asal mula produk teknologi diawali dengan adanya penelitian, fokus pada sistem input-proses-output, proses yang lebih efisien dan produktif dan terukur.

Pada ajang Krenova Jateng 2020 ini, kualitas inovasi akan menjadi kepedulian semua juri bukan pada kuantitasnya. Setiap kota dan kabupaten memiliki peluang mengirimkan peserta sebanyak 5 peserta, dan diharapkan dari seluruh 35 kota dan kabupaten di Jawa Tengah ada wakilnya.

Sukseskan Krenova Jateng 2020!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar