Laman

  • Home

Selasa, 10 Desember 2019

Mengintip Trend & Inovasi Marketing Tahun 2020

Trend & Inovasi Marketing Tahun 2020.
Menjelang tahun 2020 ini tentunya teman-teman UMKM membutuhkan pembekalan informasi mengenai trend marketing di tahun 2020. Setidaknya mereka mereka paham apa yang sedang dihadapi dan apa yang harus mereka lakukan menghadapi trend marketing tahun 2020.

Bersumber dari berita di Forbes.Com yang kami rangkum, berikut adalah gambaran trend marketing di tahun 2020.

Teknologi telah membuat menghubungkan orang-orang dari segala penjuru dunia dari berbagai negara dan kebudayaan yang berbeda dengan mudah. Berbagi informasi menjadi lebih mudah diakses daripada sebelumnya, sehingga menghasilkan product awareness atau mempromosikan layanan menjadi lebih mudah. Dan karena internet adalah alat yang sangat kuat yang dapat digunakan untuk menghasilkan ROI, menginvestasikan sumber daya dalam bidang marketing digital tidak dapat diabaikan. Menurut eMarketer, “pengeluaran iklan digital di seluruh dunia diperkirakan akan mencapai lebih dari $375 miliar pada tahun 2021.”

Marketing Trend 2020.

Maka, Anda harus mengikuti tren agar bisa bersaing dengan kompetitor. Luangkan waktu sejenak untuk berpikir kritis tentang dampak perubahan teknologi pada bisnis Anda. Manfaatkan teknik-teknik bisnis yang sudah ada dan terbukti berhasil. Cobalah untuk memprediksi arah ke mana perginya teknologi di masa depan. Bisnis Anda akan berkembang jika Anda mempertahankan dan secara aktif menjangkau pelanggan baru secara proaktif.

Salah satu alat untuk menjangkau pelanggan Anda di era digitalisasi adalah melalui media sosial. Media sosial menawarkan Anda kemampuan untuk menjangkau pelanggan baru dengan cepat dan mudah, mempersingkat saluran penjualan dan memudahkan pengguna berbelanja.

Tahun 2020, diperkirakan bahwa post di media sosial yang dapat dibeli akan menjadi hal yang lumrah. Karena itu, kami ingin membagikan trend marketing digital untuk tahun 2020 yang harus Anda perhatikan:

Chatbot

Banyak perusahaan akan terus menggunakan chatbot. Chatbot adalah program perangkat lunak yang efektif dalam berinteraksi dengan pengunjung situs web dan pelanggan. Chatbots berkomunikasi secara alami dengan orang-orang yang melihat situs dan dapat menjawab pertanyaan mereka secara real-time.

Chatbots menggunakan interaksi verbal atau jendela obrolan untuk membantu pengguna web menemukan apa yang mereka cari.

Menyewa seseorang untuk memantau dan berkomunikasi dengan pengunjung di situs web Anda bisa jadi memakan biaya yang tinggi, tetapi chatbots menghemat biaya dengan menjawab pertanyaan atas nama Anda. Dan selanjutnya, pelanggan cenderung menghargai layanan yang dipersonalisasi dan menjawab pertanyaan mereka.

Manfaat Tambahan Menggunakan Chatbots dalam Pemasaran Digital:

Menghemat Waktu

Tidak seperti manusia, chatbot dapat memberikan jawaban dengan cepat untuk semua jenis pertanyaan sehingga pelanggan dapat membuat keputusan lebih cepat.

Kepuasan Pelanggan

Berbeda dengan manusia, chatbot tidak perlu waktu untuk istirahat. Pelanggan bisa mendapatkan informasi kapan pun mereka inginkan. Dan karena chatbot memberikan respon secara lebih akurat, tingkat konversi penjualan Anda juga akan meningkat.

Temperamen yang baik

Chatbot tidak pernah temperamental. Anda tidak akan pernah mendengar pelanggan mengeluh karena permintaan atau komplainnya ditolak. Chatbot tidak bias, jelas, dan informatif – semua kualitas yang membuat pelanggan Anda merasa nyaman.

Penggunaan Pesan Pribadi

Mendekati tahun 2020, banyak perusahaan akan mulai mengalihkan fokus mereka pada strategi memanfaatkan aplikasi perpesanan pribadi dengan lebih baik. Aplikasi smartphone seperti WhatsApp, Viber dan WeChat sudah semakin populer. Alih-alih menggunakan email, perusahaan mengadopsi penggunaan aplikasi pribadi serta grup pesan pribadi.

Merek-merek besar sudah menjalani percobaan dalam memonetisasi aplikasi perpesanan. Nantinya, pelanggan akan bisa membayar produk secara langsung melalui aplikasi perpesanan. Mengirim dan menerima uang akan jauh lebih mudah.

Beberapa aplikasi seperti WeChat Pay sudah membuat kemajuan signifikan dalam membuat pembayaran online menjadi lebih mudah; Pengguna WeChat, Venmo, dan PayPal sudah terbiasa menggunakan jenis aplikasi ini untuk mentransfer uang ke teman mereka.

Meningkatnya penggunaan kecerdasan buatan (AI)

Sebutan “Artificial Intelligence” (AI) punya arti yang persis seperti sebutannya. AI mengacu pada robot atau mesin yang memiliki kemampuan untuk bekerja seperti manusia dengan menggunakan sensor dan input manusia untuk mengumpulkan fakta tentang suatu situasi dan juga dapat mengumpulkan/menyimpan data pencarian untuk meningkatkan pengalaman pengguna di masa mendatang. AI menggunakan kombinasi berbagai fitur seperti chatbot dan asisten suara untuk menemukan jawaban dengan cepat.

Sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan AR. Ikea, misalnya, memiliki aplikasi yang memungkinkan pengguna memvisualisasikan seperti apa perabot di rumah mereka sebelum melakukan pembelian.

Juga ada asisten virtual seperti Alexa dan Siri yang merupakan asisten suara yang memberikan layanan pelanggan yang sangat baik. Sama seperti manusia, mereka dapat menerima pesanan dari pengguna dan bekerja di belakang layar atas nama mereka.

Contoh lainnya juga ada Cardinal Digital Marketing yang bahkan memiliki perangkat lunak marketing perawatan kesehatan yang dengan dukungan AI yang disebut Patient Stream. Patient Stream yang memungkinkan dokter dan penyedia layanan kesehatan untuk mempersingkat proses untuk mendapatkan pasien baru.

Dalam beberapa tahun terakhir, augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) telah menjadi sangat populer dan muncul sebagai tren teratas dalam marketing. Pada tahun 2020, AR diperkirakan akan melampaui popularitas VR meskipun VR memimpin di awal.

Konten Visual dan Video Interaktif dan Berkualitas

Pembeli masa kini mencari pengalaman baru saat sedang online, yang berarti lebih banyak interaksi. Bahkan, 91% orang dari mereka mencari lebih banyak konten visual dan interaktif. Pelanggan merespons konten visual dengan baik sehingga video sebagai alat penjualan digital yang penting pada tahun 2019 terus hingga tahun 2020 dan seterusnya. Ada beberapa alasan:

Konten interaktif berbeda dan baru sehingga lebih menonjol.

Jenis konten ini berfungsi untuk membuat pengunjung berkunjung lebih lama di halaman Anda. Konten interaktif sangat mudah dibagikan, dan ketika pengguna membagikan konten ini, itu membantu menumbuhkan kesadaran akan merek Anda. Sederhananya, konten interaktif lebih menarik. Pengguna lebih menikmatinya ketimbang konten lain.

Jangan mengabaikan live video. Rata-rata, live video di Facebook Live dan Instagram Live membuat audiens Anda menonton tiga kali lebih lama daripada video yang direkam sebelumnya. Durasi penontonan harian untuk video Facebook Live sudah empat kali lipat dalam satu tahun, dan menghasilkan interaksi enam kali lebih banyak daripada video tradisional.

Selain interaktif, konten juga perlu berkualitas tinggi agar memungkinkan Anda menunjukkan keahlian Anda dan berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Konten Anda juga disediakan oleh mesin pencarian bagi mereka yang mencari di internet, sehingga terus menghasilkan konten berkualitas tinggi adalah suatu keharusan.

Iklan Hyper-Targeted

Perusahaan menggunakan iklan digital untuk memasarkan produk mereka, namun tidak jarang bahwa iklan tersebut tidak ada kaitannya dengan minat dan ketertarikan mereka yang dituju. Iklan-iklan seperti ini tidak hanya diabaikan namun juga dibenci oleh konsumen sehingga mereka menghindari merek tersebut.

Majalah Forbes menyatakan bahwa koneksi digital yang berlebihan ini menyebabkan iklan atau merek yang terus membombardir orang yang tidak berkaitan dan tidak relevan dengan iklan mereka akan diabaikan oleh 49% orang.

Tapi di sisi lain, orang menyukai konten yang bagus.

Jika merek Anda konsisten mengirimkan pesan yang sesuai dengan orang yang dituju, maka 36% dari mereka akan merespons dengan membeli produk.

Banyak perusahaan yang menyadari tren ini dan sudah berencana melakukan hal tersebut. Kami memperkirakan bahwa pada tahun 2020, sebagian besar perusahaan akan menargetkan audiens yang tepat dan pengguna hanya akan melihat (dan merespons) iklan yang sangat relevan.

Personalisasi

Tahun 2020 akan menjadi tahun personalized marketing. Konsumen cukup mahir dalam menyeleksi iklan generik yang tidak memiliki kaitan dengan mereka. Dengan demikian, upaya periklanan tradisional menjadi kurang efektif. Jadi, apa yang bisa dilakukan? Personalisasi!

Saat ini, hanya beberapa perusahaan yang menggunakan beberapa bentuk personalisasi, salah satunya adalah Amazon yang sudah melakukannya dengan baik.

Mereka membangun bisnis internet mereka dengan menganalisis perilaku pelanggan dan mempromosikan produk berdasarkan anggapan dan riwayat pembelian pengguna di masa lalu. Hal ini menampilkan produk yang mungkin menarik dengan menaruh produk yang serupa atau komplementer di tab Rekomendasi, dan Amazon melihat bahwa taktik peningkatan ini bekerja dengan baik dalam menumbuhkan bisnis mereka.

Dalam sebuah survei terhadap 1.000 orang, 90% menyatakan bahwa mereka merasa bahwa personalisasi adalah hal yang menarik. Bahkan 79% konsumen merasa frustrasi jika konten yang mereka tonton tidak dirancang khusus untuk mereka.Yang lebih penting bagi bisnis Anda adalah kenyataan bahwa 80% mengakui bahwa mereka akan lebih cenderung memberikan bisnis mereka kepada perusahaan yang menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi kepada mereka.

Menurut Gartner, pada tahun 2020 setidaknya 90% dari pengiklan online akan mulai menggunakan personalisasi pemasaran dalam beberapa bentuk atau bentuk. Dan pada tahun 2021 akan ada peningkatan signifikan dalam situs web yang sepenuhnya dipersonalisasi.

Personalisasi benar-benar kunci keberhasilan kampanye pemasaran digital pada tahun 2020. Menurut Dale Carnegie, “nama seseorang adalah suara paling manis dan paling penting bagi orang itu dalam bahasa apa pun.”

Kutipan ini menunjukkan pentingnya personalisasi. Ini adalah salah satu alasan mengapa perusahaan dan penjual memanggil Anda dengan nama depan Anda setiap kali Anda melihatnya di email Anda.

Ini adalah alat terbaik untuk meningkatkan konversi, dan inilah alasan mengapa beberapa penjual telah memanfaatkannya selama beberapa dekade untuk meningkatkan upaya marketing mereka.

Satu studi menunjukkan bahwa kampanye email hasil personalisasi menerima 29% angka buka email lebih tinggi dan 41% angka klik-tayang lebih tinggi daripada email tradisional tanpa personalisasi.

Daftar email adalah rencana cadangan penjual yang cocok untuk dipersonalisasi. Daftar bersegmen dengan email blast yang dipersonalisasi telah terbukti lebih bekerja daripada email generik yang dikirim ke seluruh anggota yang ada dalam daftar.

Manfaat utama personalized marketing adalah kontrol untuk menjangkau kelompok pelanggan tertentu. Dan dengan mengumpulkan data pengguna dari segmen daftar, survei, atau studi, Anda memiliki posisi yang lebih strategis untuk membuat kampanye email yang lebih relevan dan efektif terhadap audiens yang ditargetkan berdasarkan kebiasaan, minat, dan perilaku pembelian mereka.

Misalnya, jika audiens target Anda menyukai film dan hiburan umum, Anda dapat memasukkan referensi budaya pop saat mengirim email Anda, membuat posting blog, atau bahkan dalam formulir opt-in email Anda untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dengan konten Anda.

Itu berarti jika Anda belum mencoba personalisasi dalam strategi marketing digital Anda, maka Anda menyianyiakan-banyak manfaat. Berikut beberapa alasannya:

SERP di posisi nol

Kedudukan teratas dalam SERP ada di posisi nol yang adalah cuplikan teks yang ditampilkan di atas hasil pencarian. Lokasi utama ini sering memberikan informasi yang berkaitan dengan permintaan pencarian, juga menyediakan tautan ke halaman dari mana informasi tersebut diambil.

Posisi nol adalah hasil pencarian yang pertama, dan terkadang satu-satunya hasil pencarian yang akan dilihat oleh sejumlah pengguna. Karena itu, posisi ini sangat didambakan dan harus menjadi fokus dari upaya Anda.

Sementara banyak pemilik bisnis mengapresiasi fakta bahwa penjualan terus berubah dengan cepat, mereka yang bersedia beradaptasi dan berevolusi akan terus menarik pelanggan berkualitas tinggi di dunia digital.

Transparansi

Penelitian menunjukkan bahwa perusahaan yang menghasilkan informasi yang transparan dan mudah dicerna cenderung mempertahankan 94% pelanggan mereka.

Namun, bagaimana cara Anda menangani data pribadi pelanggan sangatlah penting. Pada tahun 2018, kebijakan GDPR lebih aktif ditegakkan untuk memastikan bahwa perusahaan menangani data pelanggan secara transparan.

Ini berarti akan ada penekanan yang lebih besar pada transparansi di masa depan; perusahaan akan diminta untuk sepenuhnya transparan tentang jenis informasi apa yang dibagikan untuk mempromosikan produk mereka.

Berikut adalah tips untuk meningkatkan transparansi, berikut adalah Tip tentang Cara Meningkatkan Transparansi:
  • Tetapkan nilai-nilai inti perusahaan Anda.
  • Pastikan bahwa penjualan bukan satu-satunya tujuan Anda.
  • Terbuka dengan pelanggan Anda – beri tahu mereka sebanyak mungkin tentang dengan siapa mereka berbisnis.
  • Segera tanggapi jika pelanggan mengajukan beberapa kekhawatiran atau pertanyaan.
  • Mampu menerima kritik konstruktif dari pelanggan Anda dan menanggapi dengan nada ramah, tidak menghakimi.
  • Menciptakan ruang dan mendorong orang untuk memberikan saran berbeda untuk membantu meningkatkan produk Anda – memfasilitasi komunitas seputar merek Anda.

Google Ads Smart Bidding

Mereka yang terlibat dalam marketing digital sudah terbiasa dengan otomatisasi, tetapi sekarang Google telah mengumumkan pembaruan Google Ads yang kemungkinan akan mengarah pada otomatisasi dan smart bidding (penawaran cerdas) menjadi yang normal.

Google Ads menggunakan pembelajaran mesin untuk mengoptimalkan bid Anda. Hal ini memberi Anda beberapa kemampuan baru untuk membantu memaksimalkan konversi, termasuk:
  • Kemampuan untuk memilih tindakan konversi di tingkat kampanye
  • Kemampuan untuk mengatur bid Anda agar berubah secara otomatis saat penjualan dimulai atau berhenti
  • Kemampuan untuk mengoptimalkan bid pada beberapa kampanye dengan menggunakan serangkaian tindakan konversi yang dipilih
Perilaku Pelanggan Baru

Selama menjaga kepuasan pelanggan yang sudah didapatkan, bisnis Anda juga harus aktif membawa pelanggan yang baru. Berikut adalah beberapa cara yang akan berlaku pada space marketing digital pada tahun 2020 dan seterusnya:

Perusahaan harus bekerjasama dengan influencer: Baru-baru ini, penelitian menunjukkan bahwa sekitar 86% wanita harus berkonsultasi dengan media sosial sebelum memutuskan pembelian suatu produk. Dan ini penting – konsumen ingin merek yang jujur, ramah, dan membantu. Jika suatu merek mendapat umpan balik positif dari pengguna lain, maka itu kemungkinan akan mendatangkan pengguna baru.

Perusahaan harus fokus pada konten video: Sebuah survei yang dilakukan oleh Wyzowl menunjukkan bahwa sekitar 95% orang telah menonton video yang menjelaskan produk atau layanan mereka.

Dengan mem-publish video buatan sendiri, perusahaan lebih terlibat dan berinteraksi langsung dengan pelanggan mereka dengan cara memberikan informasi yang bermanfaat secara aktif.

Perusahaan juga meningkatkan transparansi karena pelanggan cenderung mempercayai dan menghargai keahlian mereka.

Pertumbuhan dalam Marketing Digital

TheDrum menunjukkan bahwa pada tahun 2020 dan selama beberapa tahun ke depan, industri perangkat lunak digital global akan tumbuh sebesar $ 74,96 miliar.

Akibatnya, lebih banyak uang akan disalurkan untuk marketing digital. CMO memperkirakan bahwa sampai tahun 2022, sekitar 87% dari anggaran marketing akan dihabiskan untuk marketing digital.

Faktanya, pertumbuhan dalam marketing digital ini akan menghasilkan bentuk marketing yang disebut “Agile marketing”, yang merupakan bentuk marketing yang mengukur seberapa efisien suatu merek atau perusahaan dalam mencapai sasaran dan tujuan marketingnya.

Tim agile marketing mengembangkan strategi kemenangan dan hasil teoretis untuk memberi tahu stakeholder mereka dengan tujuan mengimplementasikannya dengan cepat. Tidak ada cara yang sempurna untuk menerapkan metodologi agile di organisasi Anda dalam waktu yang singkat (meskipun kami menemukan bahwa teknik hybrid tampaknya berfungsi paling baik).

Pada dasarnya, pertumbuhan dalam marketing digital diterjemahkan menjadi kecepatan di mana produk dan layanan baru dikembangkan dan didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Agile marketing semakin populer di media sosial sejak merek dan penjual menghabiskan beberapa tahun terakhir mencari cara untuk terhubung dan berkomunikasi di Facebook, LinkedIn, Pinterest, Twitter, dan lainnya.

Saluran media sosial ini memberikan wawasan dan data yang sangat besar tentang jenis konten apa yang berhasil bekerja dan cara terbaik untuk memproduksinya.

Penyedia Perangkat Lunak Marketing Tunggal

Saat ini, ada 1 ton vendor teknologi marketing. Sebuah perusahaan rata-rata menggunakan hingga 91 layanan cloud marketing.

Jumlah ini luar biasa, itulah mengapa banyak orang beralih ke satu perangkat lunak yang menyinkronkan setiap tool. HubSpot telah merangkul tren ini dan mulai diikuti yang lain.

Tidak lama lagi, banyak perusahaan akan menggunakan penyedia perangkat lunak marketing tunggal.

Berikut adalah manfaat membayar dan menerapkan tool perangkat lunak marketing:
Mengurangi pekerjaan yang membosankan: membantu dalam menghilangkan tugas yang berulang dan membantu Anda membangun rutinitas sehari-hari
Upaya marketing yang efisien: Anda dapat melacak di mana keberadaan Anda dalam perjalanan pembelian dengan pelanggan Anda, dan dapat berkomunikasi dengan mereka secara lebih efektif.
Meningkatkan akuntabilitas
Membuat manajemen pelanggan lebih mudah dikelola
Anda dapat mendokumentasikan kemajuan lebih cepat dan lebih mudah.

SEO Generasi Selanjutnya

Saat ini, banyak perubahan dan pembaruan sedang dan terus terjadi di industri mesin pencarian. Perubahan dalam algoritma pencarian ini sangat memengaruhi hasil pencarian pengguna.

Setiap algoritma baru hadir dengan berbagai manfaat atau masalah, tergantung pada bagaimana Anda melihatnya. Pada akhirnya, tujuan mesin pencarian adalah membantu pengguna mendapatkan hasil spesifik yang menjawab pertanyaan mereka.

Maka, Anda akan melihat bahwa di tahun 2020 dan seterusnya, kualitas hasil pencarian akan meningkat drastis.

Pencarian Bertenaga Suara

Seiring dengan pertumbuhan teknologi yang terus meningkat pesat, kita akan melihat semakin banyak orang yang menggunakan smartphone dengan voice assistant (asisten suara).

Fitur-fitur seperti Google, Alexa, dan Siri berguna dalam marketing digital. Voice assistant dapat mencari sesuatu, membaca teks dengan keras, dan bahkan mendiktekan pesan teks untuk Anda sehingga Anda bisa menggunakan smartphone tanpa harus menggenggamnya.

Pencarian suara juga penting untuk keperluan bisnis Anda. Ini membantu dalam pertumbuhan gerakan mobile-friendly dan menambah nilai SEO lokal. Pencarian suara juga meningkatkan penggunaan untuk Artificial Intelligence dan memprioritaskan semantik pencarian.

Tips untuk optimisasi Power Search:
  • Memahami Bahasanya: Ketika orang menggunakan mesin pencarian, banyak yang menggunakan kalimat panjang dengan keyword spesifik. Maka, untuk mengoptimalkan peluang ditemukannya pencarian dalam hasil pencarian suara, gunakan keywords yang lebih panjang dan kalimat lengkap (pikirkan apa yang akan ditanyakan seseorang kepada teman tentang produk atau layanan tertentu).
  • Jadikan Percakapan: Saat menerapkan pencarian suara di situs web Anda, gunakan nada percakapan yang menarik ketika membuat teks tetapi ingatlah untuk menggunakan kalimat lengkap dan tata bahasa yang benar.
  • Jawab Pertanyaan: Sebagian besar orang menggunakan internet untuk mendapatkan informasi, entah sedang meneliti produk atau layanan yang mereka butuhkan atau sedang mencoba mencari jawaban di Google cara menipu dalam kontes trivia tengah malam. Maka, pikirkanlah hal ini ketika membuat konten untuk pencarian bertenaga suara. Sertakan setiap pertanyaan yang mungkin diajukan orang mengenai produk Anda dan berikan jawaban terperinci.
  • Lebih Fokus Pada Retensi Pelanggan
Di tahun-tahun mendatang, perusahaan juga akan mulai mengalihkan perhatian mereka dari mendapatkan pelanggan baru menjadi mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Perusahaan-perusahaan ini memahami bahwa dibutuhkan lebih sedikit uang untuk memuaskan pelanggan yang sudah ada dan akan menyalurkan lebih banyak upaya di tahap tengah dan akhir dari perjalanan pembeli. Karena mengumpulkan data yang lebih baik dan berfokus pada segmentasi pasar membantu menghemat biaya.

Mempertahankan pelanggan membantu meningkatkan pendapatan karena ketika Anda mempertahankan pelanggan yang sudah ada, maka mereka cenderung memberitahu teman-teman mereka dan memberi Anda referensi. Pelanggan yang loyal juga cenderung lebih langsung dan jujur kepada Anda mengenai masalah atau masalah apa pun, memberi Anda kesempatan untuk meningkatkan merek Anda.

Kesimpulan

Jika Anda menjalankan bisnis, penting untuk mengetahui tentang tren marketing saat ini dan berada di posisi teratas ke mana pun arah marketing digital di masa depan.

Dan seperti halnya Amazon, Anda dapat mulai mempersonalisasikan produk Anda, menggunakan media sosial untuk menjawab pertanyaan, dan menerapkan marketing video untuk mendapatkan kepercayaan dan menunjukkan transparansi. Ingat, transparansi sangat penting jika Anda menangani data klien apa pun. Dan ada banyak sistem perangkat lunak marketing yang dapat mempersingkat semua aktivitas online Anda dan hubungan Anda dengan pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar