Laman

  • Home

Senin, 09 Desember 2019

Bengok Craft, Mengeksplorasi Potensi Asli Ambarawa.

Firman Setyaji dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukannya bersama Bengok Craft.
Tujuan dari entrepreneurship adalah meningkatkan kesejahteraan baik bagi diri sendiri maupun masyarakat sekitar. Kesadaran ini sepenuhnya telah dimiliki oleh Firman Setyaji, yang merupakan founder dan CEO dari Bengok Caft yang membangun bisnis dengan dasar pemberdayaan masyarakat di sekitar daerah Rawa Pening, Kabupaten Semarang. Bisnsi yang dilakukannya bukanlah semata untuk pribadi melainkan juga untuk mengembangkan kesejateraan masyarakat sekitarnya.

Sejak berdiri pada tahun 2019, Bengok Craft berupaya untuk terus menjadi usaha yang menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan. Hal ini telah diupayakan, tidak hanya melalui komitmen sebagai pendiri dan pemilik, tetapi juga dalam setiap proses bisnis yang meliputi berprinsip pada zero waste, pemberdayaan masyarakat, dan mengantisipasi perubahan iklim. 

Produk-produk yang dihasilakn oleh Bengok Craft adalah produk-produk asli berbahan lokal deerah sekitar dengan sumber daya lokal yang telah diberdayakan. Produk yang paling dominan saat ini adalah kerajinan enceng gondok yang memang bahan bakunya melimpah di daerah perairan Rawa Pening.

Dengan usianya yang masih dini sampai dengan saat ini, Bengok Craft telah memberdayakan 15 keluarga sekaligus telah berhasil memproduksi 3.000 produk dengan 10 varian. Performa finansial yang sehat dan terus berkembang terlihat dengan nyata dari penjualan di awal tahun sebesar Rp 3.000.000 hingga September 2019 mencapai Rp 15.000.000 per bulan.

Keyakinan bahwa prinsip keberlanjutan ini dapat membuka sebuah jendela untuk melihat sebuah usaha kerjinan yang melibatkan masyarakat sekitar, sekaligus tekad untuk membuktikan bahwa usaha ini bukan hanya untuk meraih keuntungan, tetapi juga menjadi bagian dari gerakan pemberdayaan masyarakat serta promosi kekayaan alam Rawa Pening pada dunia.

Beberapa produk kerajinan dari Bengok Craft yang diproduksi dari bahan baku lokal dan sumber daya manusia dari masyarakat sekitar adalah sebagai berikut:
















Komitmen pemberdayaan masyarakat pun membalut keterlibatan Bengok Craft dengan masyarakat, tidak hanya keterlibatan dengan masyarakat dewasa tetapi justru sudah dimulai keterlibatannya dengan anak-anak. Tujuannya adalah untuk memantau bakat dan minat mereka untuk mengeksplorasi potensi lokal menjadi karya-karya kerajinan yang berkelas dan mampu meningkatkan kesejahteraan mereka.

Produksi kerajinan di setiap rumah tangga di daerah sekitar Rawa Pening.

Fasiltias produksi Bengok Craft.

Menggali potensi SDM anak-anak dari masyarakat sekitar.

Terlibat sejak awal dalam pengembangan SDM di daerah sekitar Rawa Pening.

Sharing & Education di hadapan masyarakat sekitar.

Mengenalkan budaya lokal kepada anak-anak.

Menggali bakat dan kreasi anak-anak.

Bengok Craft adalah sebuah cita-cita kemakmuran masyakarat sekitar daerah Rawa Pening. Daerah ini telah bersolek sebagai daerah wisata, sebuah tanggung jawab sosial telah dilakukan oleh Bengok Craft dalam mengeduaksi masyarakat untuk siap dan berdaya dalam perubahan wujud daerah Rawa Pening di masa mendatang. 

Daerah yang akan menjadi destinasi wisata ini harus benar-benar siap sebagai destinasi wisata seutuhnya dimana masyarakat harus mampu menyerap kesejahteraan dari perubahan ini. Sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar