Laman

  • Home

Selasa, 26 November 2019

Temu Usaha (Match Making) dan Kemitraan Bagi Pelaku UKM Kendal.

Temu Usaha (Match Making) dan Kemitraan Bagi Pelaku UKM Kendal.
Permasalahan pemasaran masih menjadi isu utama dari pembinaan UKM di Kabupaten Kendal sampai ketika kami diminta untuk memberikan pembekalan "Membangun Jejaring Usaha & Perluasan Pasar Produk UKM Kabupaten Kendal" pada kegiatan Temu Usaha (Match Making) dan Kemitraan Bagi Pelaku UKM Kendal di Agro Wisata Tirto Arum Baru yang diselenggarakan oleh Baperlitbang Kabupaten Kendal.

Ada 3 aspek yang harus dibedah dalam permasalahan pemasaran produk UMKM, yaitu: produk, pasar dan branding. 

Kurasi Produk UKM Kendal
Terkait masalah produk, dalam kegiatan ini kami melakukan kurasi atas produk-produk UKM Kendal untuk melihat apakah produk tersebut telah layak untuk dipromosikan atau dipasarkan di luar wilayah Kendal. Masalah kualitas (kemasan dan kemasan), legalitas, kapasitas produksi dan kontinuitas supply menjadi fokus utama dalam seleksi produk UKM yang layak dipromosikan. Bagi yang belum memenuhi kriteria-kriteria tersebut di atas maka selanjutnya akan mendapatkan bimbingan dan pendampingan dari instansi terkait.

Masalah pasar, beberapa produk UKM Kendal sudah ada yang berhasil menembus pasar ekspor seperti produk briket arang bathok kelapa yang pada kegiatan ini UKM produsen briket tersebut memberikan sharing pengalaman ekspor kepada para peserta pelatihan. Produk lain dari Kendal yang juga telah menembus pasar ekspor adalah opak singkong. Pemahaman mengenai segmentasi, targeting dan positioning pasar perlu diberikan kepada para peserta pelatihan melalui sesi pelatihan pemasaran, karena sebagian besar pelaku UMKM yang menjadi peserta di pelatihan ini kurang memahaminya dan bahkan belum mampu merencanakan strategi pemasaran untuk produknya.

Masalah branding atau promosi, beberapa produk Kendal yang menjadi andalan seperti kopi, jambu merah, pisang bulu, gula aren, bandeng perlu mendapatkan sentuhan khusus dalam kreativitas produksi serta perlu promosi yang masih di berbagai media untuk mengembangkan awereness pasar atas produk-produk asli Kendal tersebut.

Temu Usaha dan Kemitraan Kabupaten Kendal.
Temu Usaha dan Kemitraan Kabupaten Kendal.
Terkait dengan akselasi perkembangan usaha, maka kami dari RumahUMKM.Net membekali materi bagaimana membangun jejaring usaha, mulai dari arti kemitraan, tujuan kemitraan, hakikat kemitraan, prinsip dan element kemitraan, pola kemitraan dan strategi bagaimana membangun akselerasi usaha dengan kemitraan.

Pelaku UMKM harus dibekali materi tersebut di atas sebelum dipertemukan dengan mitra, baik mitra pemasaran, mitra supplier, mitra pengembangan serta mitra pembiayaan. Dalam pembekalan ini pun kami berusaha membuat kondisi pelatihan ini kondusif untuk menciptakan kemitraan atas peserta pelatihan yang satu dengan yang lainnya.

Hadirnya CV Indo Arab yang pada kesempatan ini diwakili langsung oleh direkturnya, Ibu Istikhanah, memberikan sharing peluang dan pengalaman atas usaha ekspor briket arang bathok kelapa. Pasar ekspornya dalah Saudi Arabia, Qatar dan Kuwait. Pasar-pasar ini perlu dijajagi juga untuk produk-produk UKM dari Kabupaten Kendal yang lain, yang tentunya dengan lokomotif-nya adalah CV Indo Arab.

Semoga semangat membangun dan mengembangkan UKM di kota dan kabupaten tetap menggelora agar peluang UKM di daerah tersebut selalu terbuka. Sukses!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar