Laman

  • Home

Rabu, 13 November 2019

Technopreneur Camp Part 2

Technopreneur Camp Part 2, Hotel Neo Semarang.
Rangkaian workshop bagi para inventor Krenova 2019 dan PPBT (Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi) berlanjut ke sesi II setelah sesi I berhasil dilaksanakan di Hotel Atria Magelang bulan Oktober lalu. Workshop kedua ini dilaksanakan di Hotel Neo Semarang dan pada sesi ini materi yang diberikan antara lain adalah perkembangan inkubator bisnis di Jawa Tengah, pembuatan laporan keuangan, pembuatan proposal PPBT, akses permodalan dan kurasi produk berbasis teknologi.

Yang menarik pada workshop sesi kedua ini adalah kurasi produk berbasis teknologi yang dilakukan langsung oleh Direktur PPBT Kemenristek, Ibu Retno Sumekar. Kurasi ini dilakukan secara random pada sebagian besar produk berbasis teknologi karya para peserta workshop.

Direktur PPBT Kemenristek melakukan kurasi produk berbasis teknologi.
Penekanan akhir pada komersialisasi juga menuntut para peserta belajar bagaimana memahami HPP dan Harga Jual Produk, laporan rugi laba, laporan arus kas dan laporan neraca neraca. Pembekalan laporan keuangan dilakukan oleh Bu Kentris dari UNISBANK sementara pembekalan perkembangan inkubator bisnis di Jawa Tengah dilakukan oleh KKIB UNDIP.

Workshop pembuatan laporan keuangan usaha.
Pembekalan pembuatan proposal PPBT dipandu oleh IKITAS Semarang, karena bagian ini menjadi sangat penting dalam pembiayaan awal sebagai PPBT. Sementra dari Bank Indonesia Kanwil Jateng di Bidang UMKM, Ibu Esti Binkaningsih memberikan gambaran program pembinaan UMKM dan akses modal yang dilakukan oleh Bank Indonesia.

Penutupan workshop Technopreneur Camp.
Diharapkan dengan 2 sesi workshop (I & II) ini, para inventor Krenova 2019 dan peserta PPBT Jawa Tengah bisa segera melakukan komersialisasi pada produknya, sekaligus menciptakan lapangan usaha yang akan berdampak sosial pada masyarakat sekitar. Pesan untuk menurunkan angka kemiskinan ini juga disampaikan oleh Bapak Agung Koesmarjono, KaBid LitBang BAPPEDA Jawa Tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar