Laman

  • Home

Minggu, 03 November 2019

Marketing Tools

Marketing Tools
Banyak sekali pelatihan pemasaran diberikan kepada UMKM, namun marketing tool sendiri sering kali terlewat atau bahkan tidak terpikirkan sama sekali. Padalah justru marketing tool ini adalah etape pertama yang harus kita capai sebelum melangkah pada praktek marketing yang sesungguhnya.

Dalam pelatihan pemasaran untuk UMKM oleh RumahUMKM.Net, materi marketing tools menjadi materi pokok yang harus diberikan kepada UMKM agar mereka nantinya sudah siap ketika dilepas untuk melakukan promosi dan pemasaran sendiri.

Apa itu Marketing Tools? 

Definisi dan contoh Marketing Tool adalah alat yang digunakan perusahaan untuk mengembangkan dan mempromosikan produk dan layanan mereka. Dalam konteks ini, kata ‘alat‘ mengacu pada teknik, strategi, dan bahan. 

Sebagian besar bisnis menggunakan beberapa alat pemasaran yang berbeda, seperti iklan, surat langsung, dan riset pasar untuk meningkatkan penjualan mereka. Perusahaan memiliki berbagai alat pemasaran yang dapat mereka gunakan. Beberapa dari mereka secara khusus untuk meningkatkan penjualan, sementara yang lain fokus pada pengumpulan data konsumen. 

Penting untuk mengetahui alat mana yang terbaik untuk bisnis Anda. Dengan kata lain, alat apa yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan dan sasaran utama Anda. Dalam kebanyakan kasus, orang menggunakan beberapa alat pemasaran secara bersamaan. SmallBusiness.chron.com mengatakan hal berikut mengenai alat pemasaran: “Bisnis menggunakan berbagai alat pemasaran untuk mengomunikasikan informasi perusahaan, merangsang minat pelanggan, dan memotivasi tindakan. 

Pendekatan pemasaran terintegrasi menerapkan beberapa taktik untuk melibatkan pelanggan dan membangun bisnis. "

Marketing Tools.
Jenis alat pemasaran.

Di bawah ini ada beberapa alat pemasaran dengan penjelasannya tentang apa itu dan mengapa bisnis menggunakannya. 

Iklan baris 

Iklan baris atau iklan baris berguna untuk menghasilkan arahan. Dalam konteks ini, kata ‘lead‘ berarti pelanggan potensial. Iklan baris dapat mengarahkan orang ke situs web atau halaman web tertentu (kata tersebut ada sebagai satu atau dua kata, yaitu, ‘halaman web’). Mereka juga dapat menarik orang yang mencari informasi lebih lanjut. 

Media sosial 

Dalam dunia pemasaran Internet, media sosial adalah alat pemasaran tempat Anda mencoba mengembangkan hubungan online interaktif dengan konsumen. Tujuan Anda bukanlah, misalnya, untuk secara diam-diam menambang data pelanggan. 

Blogging, posting, berbagi, dan tweeting adalah alat pemasaran media sosial yang populer. Berbagi media, menyematkan, bookmark, dan mengomentari situs web media sosial juga populer. Pemasaran Internet mengacu pada pemasaran yang hanya terjadi secara online. Optimisasi mesin pencari (SEO) dan iklan online adalah contoh pemasaran Internet. Ada beberapa cara untuk meningkatkan SEO Anda. Salah satu langkah pertama adalah mengamankan nama domain yang andal dan sederhana yang relevan dengan situs, industri, atau kata kunci yang ingin Anda cocokkan. Optimalisasi mesin pencari mengacu pada teknik untuk meningkatkan tampilan situs web seseorang di mesin pencari.

Survei 

Survei berguna untuk menentukan produk mana yang akan dibuat dan juga untuk meningkatkan atau meningkatkan barang yang ada. Kata ‘barang‘ dalam konteks ini berarti ‘produk.’ Survei juga bermanfaat jika Anda ingin menilai produk Anda dan saingan Anda. Sebuah survei dapat menanyakan sampel yang representatif kepada konsumen apa yang mereka sukai tentang produk Anda dan pesaing Anda. Anda dapat melakukan survei tatap muka, di telepon, melalui pos biasa, atau online. Sebagian besar profesional pemasaran akan menyebutkan survei ketika Anda meminta mereka untuk membuat daftar alat pemasaran yang paling penting. 

Google Analytics 

Jika Anda memiliki bisnis online atau perusahaan Anda memiliki situs web, Google Analytics sangat berguna. Ini memberi Anda gambaran dari mana pengunjung Anda berasal. Ini juga memberi tahu Anda apa jenis orang yang dikunjungi, dan konten apa di situs web Anda yang berkinerja terbaik. Anda juga dapat menggunakan Google Analytics untuk menghitung konversi pengunjung. Data ini akan membantu Anda menetapkan tujuan konversi. 

Direct Mail

Direct mail atau pemasaran surat langsung secara khusus menargetkan pelanggan potensial. Secara tradisional, kami menyebut surat-surat itu sebagai 'pesan.' Sejak munculnya Internet dan email, kami juga memiliki 'pesan email.' Mengenai emailshots, MediaTraining.Ltd.uk mengatakan: "Mendesain sebuah emailshot berbeda dengan membuat halaman web atau mendesain untuk dicetak karena Anda harus mempertimbangkan kebutuhan spesifik audiens target Anda dan persyaratan teknis aplikasi email yang berbeda." Ini membawa kita ke alat pemasaran email modern yang banyak pemasar masih menganggap lebih efektif daripada jenis pemasaran digital lainnya. 

Alat Pemantauan Media 

Alat pemasaran ini memindai web dan memberi tahu Anda tentang percakapan yang relevan dengan perusahaan, produk, atau merek Anda. Alat-alat ini memindai, misalnya, situs media sosial, forum, blog, dan video. Dalam artikel Huffington Post, Matthew Collis, seorang profesional pemasaran dan komunikasi, membuat komentar berikut: "Pemantauan media memungkinkan Anda menemukan apa yang orang katakan tentang Anda secara online sehingga Anda dapat masuk dan merespons atau bereaksi terhadap percakapan, mengurangi penyebaran PR negatif, dan bahkan membantu meningkatkan kesadaran akan produk, layanan, atau organisasi Anda."

Program Loyalitas Pelanggan 

Loyalitas pelanggan mengacu pada kemungkinan bahwa pelanggan yang sudah ada kembali. Dengan kata lain, seberapa sering pelanggan kembali lagi dan lagi. Ini berbeda dari loyalitas merek. Di antara alat pemasaran yang diabaikan oleh banyak usaha kecil, program loyalitas pelanggan adalah salah satu yang paling umum. Sayang sekali. Itu jauh lebih murah dan membutuhkan lebih sedikit waktu untuk mendapatkan pelanggan yang sudah ada untuk membeli produk Anda daripada yang baru. Beberapa studi menunjukkan bahwa biayanya tujuh kali lebih banyak untuk mendapatkan pelanggan baru untuk membeli dari Anda daripada yang sudah ada. 

Otomatisasi 

Alat otomatisasi adalah alat pemasaran yang menghemat banyak waktu. Pemasar dapat menghemat waktu yang terbuang untuk melakukan tugas-tugas harian seperti menyimpan file dan email ke spreadsheet. Beberapa alat memungkinkan Anda membuat rantai applet. Dengan kata lain, pernyataan kondisional sederhana atau pernyataan 'jika ini maka itu'. IFTTT (JIKA Ini Maka Itu) adalah salah satu layanan tersebut. Ini berfungsi dengan Facebook, Twitter, Fitbit, Google Drive, dan Gmail. Ada ratusan alat pemasaran di luar sana. Semuanya terdengar fantastis ketika Anda membaca tentang mereka. Banyak dari mereka yang fantastis! Namun, berhati-hatilah. Anda hanya perlu beberapa di antaranya. Selektiflah.

Selain hal-hal tersebut di atas, para pelaku UMKM harus bisa membangun company profile sendiri, catalog produk, daftar harga, kartu nama, website (blog) serta tools-tools lain yang diperlukan dalam promosi dan pemasaran. Jika terkait dengan event pameran, para pelaku UMKM pun harus sudah memiliki exhibition kit agar penataan pamerannya lebih praktis dan rapi. Sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar