Laman

  • Home

Kamis, 31 Oktober 2019

Pentingnya Sponsorship untuk Event.

Pentingnya Sponsorship untuk Event

Seorang penggiat UMKM pasti tidak akan terlepas dari penyelenggaaraan event, baik itu hanya berupa event: business matching, pelatihan/workshop maupun pameran. Event bisa juga dianggap sebagai applikasi ilmu marketing, karena didalamnya merupakan praktek dari sementasi, targeting dan positioning yang sebenarnya. Keberhasilan sebuah event dimulai dari keberhasilan menentukan STP, konsep acara yang menarik sesuai dengan STP-nya serta hadirnya sponsor yang mendukung finansial dan non finansial event tersebut.

Terkait hal tersebut, pada hari ini kami melakukan kunjungan ke berbagai perusahaan baik perbankan dan perusahaan otomotif yang memiliki program promosi yang menyasar kepada UMKM. Salah satu tujuan kunjungan kami adalah Suzuki, sebuah perusahaan otomotif yang memproduksi mobil niaga untuk keperluan operasional perusahaan.

Pembincaraan-pembicaraan yang kami lakukan hari ini dengan Suzuki lebih terkait kepada eksplorasi informasi tentang pontensi kerjasama event yang terkait dengan pembinaan dan pengembangan UMKM, kemungkinan sposorship yang ada, serta kepentingan-kepentingan atau benefit apa yang sponsor inginkan untuk kegiatan sponsorship ini.

Edukasi sponsorship ini perlu kami tuliskan agar para penggiat UMKM atau kelompok UKM (komunitas) mampu menyelenggarakan event-event sendiri dengan bantuan sponsor, tidak harus menunggu fasiltasi dari pemerintah.

Tentang Sponsorship.

Sponsorship adalah sebuah kegiatan dalam mendukung kebutuhan finansial maupun non finansial untuk sebuah organisasi, perorangan ataupun penyelenggara sebuah acara. Di dalam aktivitas sponsorship sendiri pasti melibatkan dua pihak yaitu antara pemberi dukungan atau yang biasa disebut pihak sponsor dan juga pihak penerima dukungan (sponsee).

Apa saja benefit dalam menjalankan aktivitas sponsorhip bagi para pemberi sponsor terutama untuk perusahaan?

Yuk simak beberapa alasan mengapa aktivitas sponsorship menjadi penting untuk dijalankan oleh sebuah perusahaan.

1. Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan.

Dengan melaksanakan aktivitas sponsorship, tentunya sebuah perusahaan dapat meningkatkan brand awareness atau kesadaran akan produk dari perusahaan tersebut. Apalagi kalau event / acara yang disponsori memiliki target pengunjung yang sesuai dengan target dari perusahaan. 
Sebagai contoh, sebuah perusahaan minuman olahraga (sport drink) mensupport sebuah event marathon, maka tentu citra dari perusahaan tersebut akan semakin kuat di benak pengunjung / peserta event tersebut. Apalagi kalau kegiatan sponsorship dapat dilakukan secara berkelanjutan.

2. Meningkatkan Exposure dari Perusahaan / Brand.

Dalam menjalankan suatu acara / event tentunya penyelenggara juga akan melibatkan media untuk meliput atau mempromosikan acara mereka. Hal ini tentunya juga akan berdampak ke pihak sponsor yang mensupport acara tersebut. Secara tidak langsung, brand akan mendapatkan exposure atau sorotan dari beberapa media yang bekerjasama dengan event.

3. Mampu Berhubungan Secara Langsung ke Konsumen.


Berbeda dengan kegiatan marketing lainnya, kegiatan sponsorship tentu akan langsung bersentuhan dengan target pengunjung di suatu event, sehingga pengalaman menggunakan atau merasakan manfaat dari sebuah produk sponsor akan lebih mudah diraih oleh sebuah produk. 
Contohnya adalah dengan mengadakan sedikit kegiatan aktivasi ataupun memasang sebuah booth pada sebuah acara, maka produk akan dengan mudah berinteraksi dengan para pengunjung dan bisa mendapatkan feedback secara langsung dari pengunjung acara

4. Menghemat Biaya Marketing dari Perusahaan
.

Dibandingkan beberapa aktivitas marketing lainnya seperti iklan di televisi, billboard maupun media lainnya, biaya aktivitas sponsorship marketing bisa dibilang masih di bawah dari biaya beriklan lainnya.
 Karena dengan menjalankan paket sponsorship, biasanya sebuah produk bisa mendapatkan exposure lebih dari satu media publikasi untuk sebuah event.

Selain itu target yang didapat pun biasanya lebih sesuai dengan karakteristik dari suatu produk tersebut.

5. Meningkatkan Citra Positif Sebuah Perusahaan
.

Di dalam aktivitas sponsorship juga terkandung fungsi public relation yaitu untuk meningkatkan image/citra dari perusahaan tersebut. 
Seperti yang dijelaskan pakar periklanan Frank Jefkins, salah satu manfaat sponsorship bagi perusahaan adalah untuk memperlihatkan niat baik organisasi/perusahaan dalam melaksanakan tanggung jawab sosialnya.

Misalnya, sebuah perusahaan mendukung event Gerakan Lingkungan secara konsisten, maka secara perlahan akan terbentuk sebuah citra bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang perduli terhadap lingkungan di benak konsumen.

Jadi untuk STroopers, sebelum membuat sebuah proposal sponsorship akan lebih baik bisa mengetahui beberapa manfaat dan pentingya sponsorship untuk sebuah produk sehingga ketika kalian membuat suatu acara dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dari setiap produk yang ingin kalian ajak bergabung menjadi sponsor ya guys!

Sponsorship dalam aktifitas Event Promo.

Tujuan sponsorship dalam sebuah project dalam hal ini event atau program adalah :

  • Untuk melancarkan suatu kampanye periklanan melalui publikasi nama-nama serta produk-produk perusahaan yang seluas-luasnya oleh media masa yang meliputi jalannya acara yang disponsori tersebut.
  • Untuk mendukung strategi atau kebijakan pemasaran.
  • Untuk memperlihatkan niat baik organisasi atau perusahaan guna melaksanakan tanggung jawab sosialnya.
Ketika kita mengajukan penawaran sponsorship kepada sebuah Brand yang akan mendukung penyelenggaraan program, kita akan mempelajari dan mengidentifikasi calon sponsor yang kuat, dan harus dipahami dulu, apa keuntungan yang dapat ditawarkan kepada mereka, karena mereka tidak akan begitu saja memberikan supporting investment apabila tidak mendapatkan benefit yang rasional buat brand/produk mereka. Setelah itu baru dibuat ringkasan eksekutif (executive summary), dan menyusun paket proposal sesuai dengan apa yang diinginkan sponsor, hal ini untuk mendapatkan peluang besar Anda mendapatkan sponsor. kira-kira apa saja yang diharapkan sponsor dari kerjasama ini :

1. Bagaimana Membangun hubungan dengan konsumen untuk menambah brand equity.

Brand equity (nilai persepsi komersial) suatu produk dipengaruhi oleh nama, jaminan kualitas, serta prestise tertentu kepada konsumen. dan untuk memperkuat ikatan dalam pertukaran. sponsorship akan memberikan tambahan nilai kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap produk tersebut.

2. Apakah bisa Mendukung program Komersial yang sedang berjalan.

Sponsor yang bertujuan commercial programme adalah bahwa sebuah perusahaan mensponsori suatu program lain dengan tujuan untuk menjalankan aktifitas promosi yang diperlukan yang sedang dijalankan, untuk kepentingan perusahaannya serta untuk mendukung kegiatan promosi mereka sendiri melalui upaya komunikasi pemasaran yang terpadu.

3. Manfaat Pengembalian modal dari biaya yang telah dikeluarkan.

Manfaat penyediaan sponsorship secara finansial adalah mengembalikan dana yang telah dikeluarkan pihak perusahaan untuk mensponsori suatu event dalam jumlah tertentu. baik langsung melalui penjualan di area product supporting, maupun tidak langsung seperti peningkatan penjualan sebagai efek dari awareness pengunjung terhadap produk sponsor.

4. Membonceng kekuatan citra Brand dari Produk yang disponsori.

Target audiens juga akan terkena dampak merek secara tidak langsung, yakni melalui pihak ketiga (kegiatan yang disponsori). Hal ini dapat mengakibatkan meningkatnya nama dan pencitraan serta rasa percaya (believability) yang lebih besar dari merek tersebut.

Sebuah program yang besar atau nama besar penyelenggara dapat membawa dampak memperluas target audience yang begitu besar dan kepercayaan akan kekuatan image produk sponsor tersebut. Sponsor supporting juga dapat menyebabkan reaksi yang baik konsumen dan aktifnya pasar.

5. Membangun Brand Awareness dalam jangka panjang.

Disamping untuk membangun dan meningkatkan citra merek atau perusahaan, dan untuk memperkuat keakraban merek produk di masyarakat dalam jangka pendek, tujuan utama dari sponsor adalah untuk membangun kesadaran merek (Brand Awareness ) bagi produk dalam jangka panjang.

Keikut sertaan sponsor dalam sebuah program sebagai salah satu langkah melebar diluar kekuatan program mereka sendiri, karena telah terbantu dengan program tambahan (Additive programme support) yang dibuat oleh orang lain.

6. Membangun kemitraan yang solid dan saling berdampak untuk jangka panjang.

Mari kita melirik, apa tujuan dibalik kerjasama yang disetujui oleh pihak sponsor dari program yang kita

ajukan. Banyak sekali Event Organizer atau penyelenggara acara melihat pencarian sponsor semata-mata sebagai aktivitas penggalangan dana untuk mendukung acara yang dibuat. Hal ini tidak dilihat sebagai hal yang menguntungkan bagi pihak sponsor.

Sponsorship lebih lanjut dapat menjadi sebuah bentuk kerjasama kemitraan pemasaran antara perusahaan pendukung dengan brand yang di programkan. Mereka ingin kegiatan sponsorshipnya dapat dijadikan sebagai sarana untuk mencapai berbagai sasaran program mereka sendiri sekaligus

Kita harus siap menjadi bagian dari jalinan kemitraan upaya pemasaran yang saling menguntungkan, kegiatan sponsorship harus berorientasi impact yang diupayakan bersama dan mempertahakna keuntungan itu dalam program selanjutnya, agar dapat mempertahankan hubungan kerjasama untuk jangka panjang.

7. Menambahkan Pengalaman pemasaran produk dan penggalian orientasi Target Audience.

Saat ini para sponsor juga mengharapkan agar kita membantu mereka memahami lebih mendalam mengenai orientasi dan perilaku kebutuhan dari para pengunjung acara yang kita selenggarakan.

Mereka ingin mengetahui alasan orang-orang tersebut mau untuk datang ke sebuah acara, apa yang menjadi daya tarik utamanya, Bagaimana cara jitu penyampaian komunikasi bellow the line (non iklan media massa) dimana produk dapat berhubungan langsung dengan konsumen, Para sponsor juga ingin dapat memperbaiki atau meningkatkan pengalamannya.

8. Compability with the Company’s atau Brand positioning.

Menyelenggarakan event berarti menempatkan secara langsung posisi produk secara lebih mendalam dimata konsumen. Dibeberapa jenis event sponsorship secara langsung berkaitan dengan produk (Sponsor tunggal) seperti perusahaan rokok yang mensponsori acara musik atau festival-festival hiburan, event sponsorship ini dipilih karena kesesuaian image brand secara langsung/tidak langsung dengan produk tersebut serta target audiencenya.

Perusahaan yang mensponsori suatu kegiatan, biasanya mendapatkan fasilitas eksklusif untuk mendapatkan manfaat dari kegiatan tersebut (Massage capasity), misalnya fasilitas tempat-tempat (space) tertentu untuk pemasangan logo brand produk-produk perusahaan disekitar lokasi kegiatan event tersebut, dan juga tentunya akan masuk dalam program broadcasting, iklan atau liputan ke media massa.

9. Mempertimbangkan untuk mengungguli aktifitas event produk kompetitor.

Ketika suatu produk mengetahui apa saja kegiatan sponsorship produk sejenis sebagai kompetitornya, mereka akan mencari cara bagaimana mengungguli image brandnya dalam posisi dimata target konsumen yang sama.

Jika sebuah produk sepatu aktif dalam event atau kegiatan olah raga tertentu, maka merek sepatu saingannya akan melakukan aktifitas yang serupa atau sejenis sesuai dengan target yang sama secara umum.

Persaingan sponsorship pada brand jenis tertentu dapat memberi kesempatan untuk “mengadu” satu calon sponsor dengan yang lain dalam rangka mencari benefit tertinggi. Jika sebuah produk minuman cmpetitor sudah mensponsori suatu program event lain tapi dalam penggolongan yang sama, sampaikan hal itu kepada calon sponsor minuman anda. Mereka akan mempertimbangkan bargain yang ‘lebih’ untuk anda.

Saat ini tidak ada satu perusahaan pun yang memberikan dukungan materi atau apapun dari permohonan yang tidak dikenal atau tidak jelas reputasinya, Siapapun yang bersedia menyediakan sponsor pasti ingin agar perusahaannya meraih keuntungan dari pengeluarannya, mendapatkan nama baik atau agar dikenal lebih luas.

Sponsorship yang didasarkan pada kemitraan mampu memberikan beragam jenis hasil yang menyebabkan sponsor manapun sulit untuk meninggalkan kerjasama kemitraan tersebut. Investasi dalam bentuk tunai atau barang dalam suatu kegiatan, yang akan mendapatkan imbalan sebagai akses potensi komersial yang terkait dengan kegiatan ini. Sukses!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar