Laman

  • Home

Sabtu, 21 September 2019

Memahami Arti Brand

Memahami Arti Brand.

Daripada sering mendengar para pelaku UMKM berdebat mengenai arti brand, maka ada baiknya saya sharing tulisan dari pakar brand dari emotivebrand.com, semoga bisa membantu pemahaman yang lebih baik meskipun baru pada tahap memahami arti brand.

Sejarah Merek

Banyak orang - bahkan mereka yang telah bermerek - berjuang menjawab pertanyaan: Jadi, apa mereknya?

Istilah "merek" pertama kali muncul lebih dari setengah abad yang lalu sebagai cara bagi peternak untuk mengidentifikasi hewan mereka. Pada akhir 1880-an, barang-barang kemasan seperti Coca-Cola mulai lepas landas. Merek digunakan untuk membedakan mereka dari kompetisi generik.

Tetapi ketika branding berkembang, pemasar menyadari ada lebih banyak makna pada merek Coca-Cola daripada hanya nama yang tidak umum.

David Ogilvy, "Bapak Iklan" mendefinisikan merek sebagai "jumlah tidak berwujud dari atribut produk".

Kamus Merek mendefinisikan merek sebagai "persepsi seseorang terhadap suatu produk, layanan, pengalaman, atau organisasi".

Marty Neumeier, penulis dan pembicara tentang semua hal merek, mendefinisikan merek dengan terlebih dahulu menjelaskan apa yang bukan merek: “Merek bukan logo. Merek bukan identitas. Merek bukanlah produk". Neumeier selanjutnya mengatakan bahwa
"merek adalah perasaan seseorang tentang suatu produk, layanan, atau organisasi".

Seiring berkembangnya branding, merek menjadi lebih subjektif - lebih banyak tentang persepsi dan akumulasi makna. Konsepsi kami tentang apa arti merek menjadi semakin rumit, sulit untuk didefinisikan, dan sulit untuk dijabarkan dengan satu definisi.

Mendefinisikan Merek sebagai Tidak Terdefinisi?

Jadi, mengapa mendefinisikan merek menjadi begitu sulit? Wawasan apa yang dapat kita kumpulkan dari kesulitan ini?

1. Merek bermakna berbeda bagi orang yang berbeda pada waktu yang berbeda pula.

Sebuah merek tunggal berarti sesuatu yang unik bagi setiap orang - baik itu konsumen saat ini, konsumen potensial, karyawan, rekrutan, atau hanya di dalam dunia pada umumnya. Merek itu dinamis. Mereka dapat memainkan peran yang berbeda tergantung pada siapa mereka berinteraksi dan kapan. Beberapa orang terhubung dengan aspek-aspek tertentu dari suatu merek, sementara yang lain terhubung secara bermakna dengan yang lain. Dan sering kali, hubungan seseorang dengan suatu merek dapat benar-benar berkembang - meningkatkan kepercayaan, kesetiaan, makna, dan keterlibatan. Merek yang cerdas dan sukses bekerja untuk menjangkau semua audiens yang berbeda yang penting bagi bisnis mereka dan bertujuan untuk memajukan hubungan merek mereka dengan masing-masing individu.

2. Merek tidak berbentuk.

Di Emotive Brand, kita sering menganggap merek sebagai samar-samar dan tidak terbatas. Suatu merek dapat merupakan jumlah dari pengalaman atau interaksi merek, tetapi pengalaman dan interaksi tersebut memiliki kemungkinan tak terbatas. Setiap titik kontak penting. Setiap momen penting. Meskipun kami berupaya menciptakan struktur untuk merek dalam bentuk arsitektur merek, arsitektur itu selalu mengakomodasi pertumbuhan dan perubahan - sehingga merek dapat mengembangkan, memperluas, merespons, dan bergeser seiring perkembangan zaman.

3. Merek adalah tentang perasaan, dan perasaan itu rumit.

Ketika Anda bertanya kepada orang-orang mengapa mereka menyukai merek tertentu, seringkali sulit bagi mereka untuk menentukannya. Mereka mungkin memberikan daftar alasan yang rasional dan logis, tetapi pada akhirnya, sering kali muncul perasaan. Bagaimana perasaan merek itu terhadap mereka? Dan mengapa mereka kembali untuk perasaan itu? Mengapa perasaan itu berarti bagi mereka? Merek yang sukses saat ini selalu diresapi secara emosional. Mereka memiliki makna emosional yang luar biasa bagi orang-orang dan itulah yang membuat merek itu dicintai dan dihormati.

4. Merek-merek terkenal yang sangat dikenal sering digunakan untuk mendefinisikan apa merek itu.

Lebih sering daripada tidak, pertanyaan tentang mendefinisikan merek apa dijawab dengan daftar merek-merek terkenal yang terkenal. Pikirkan Nike, Apple, Google, dll. Meskipun contoh-contoh ini dapat mengungkapkan banyak tentang apa merek itu, hanya memikirkan definisi dalam hal nama-nama besar ini tidak cukup. Pertimbangkan semua jenis merek - besar dan kecil, global dan lokal, baru dan lama. Bahkan mungkin mempertimbangkan bisnis apa yang tidak memiliki merek dan apa yang membuat mereka berbeda dari bisnis yang telah membangun merek yang mereka andalkan. Ada banyak hal untuk dipelajari dari semua merek yang berinteraksi dengan kami setiap hari. Setiap merek bermakna karena sesuatu yang berbeda, dan inilah yang sering membedakan merek dan membuatnya kuat bagi orang-orang yang berarti bagi merek itu.

5. Menentukan dampak suatu merek seringkali lebih mudah daripada mendefinisikan apa merek itu.

Ketika kita berbicara tentang mendefinisikan apa sebuah merek, kita sering berbicara tentang apa yang membuat merek berdampak bagi bisnis: ROI yang lebih kuat, kepemimpinan yang selaras, tempat kerja yang lebih terlibat, dll. Dan ketika kita membahas dampak - apakah itu dari penyegaran merek, positioning baru, kampanye hebat, atau hanya keterlibatan merek lebih jauh - di situlah kami melihat merek benar-benar berfungsi. Di situlah kita melihatnya hidup dan melakukan tugasnya. Ambil dampak dari tempat kerja yang terlibat. Di sini, kita melihat merek dalam aksi - menciptakan makna dan nilai spesifik yang disesuaikan untuk karyawan dan rekrutmen yang cocok yang meningkatkan inovasi, produktivitas, kreativitas, loyalitas.

Menemukan Pemahaman Bersama tentang Merek.

Meskipun ini adalah latihan yang sulit, membangun pemahaman bersama tentang bagaimana Anda mendefinisikan merek Anda dan apa artinya bagi bisnis Anda dapat membantu memandu merek dan bisnis Anda ke depan. Dengan menyelaraskan apa yang membuat merek Anda unik, Anda dapat membangun strategi pemasaran di sekitarnya dan memungkinkan merek Anda mencapai potensi penuhnya. Berbicara tentang merek Anda, bagaimana Anda mendefinisikannya, apa artinya, dan dampaknya dapat melakukan hal-hal besar bagi bisnis Anda.

Jadi, bagaimana Anda mendefinisikan apa merek itu? Bagikan komentar Anda di bawah ini!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar