Laman

  • Home

Rabu, 07 Agustus 2019

Marketing adalah Mengenai Giving & Networking.

Marketing adalah Mengenai Giving & Networking.
Mungkin jika belum pernah menjalani karir sebagai seorang marketing selama puluhan tahun, saya tidak akan berani mengatakan bahwa sebenarnya ilmu marketing yang paling esensial adalah berbagi (giving) dan silaturahmi (networking). Pengalamanlah yang menuntun saya untuk membuktikan sendiri betapa dahsyatnya kedua ilmu tersebut. 

Secara teknis dan kuantitatif memang masih sulit menjelaskan kedua hal tersebut, namun secara kualitatif memang kedua kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat fundamental bagi seorang marketing. 

Kunci utama untuk membuka pasar adalah keberanian, dan keberanian ini diperoleh ketika kondisi psikologis kita berada "level atas". Merangkai dan meyimpulkan berbagai sari pengalaman para senior bahwa "yang tesisa dari (tindakan) memberi adalah keberanian", maka mencapai level atas kita harus berani memberikan atau berbagi sesuatu yang menjadi benefit target pasar kita. 

Hal inilah yang mendasari bahwa seorang marketing harus mempertimbangkan promosi yang benar-benar memberikan benefit (keuntungan) kepada konsumen atau sesuatu yang dibutuhkan oleh konsumen, terlebih jika bisa disajikan secara kuantitatif dengan hitungan nominal. Edukasi juga merupakan kegiatan berbagi kepada target pasar, selama materi edukasinya adalah untuk benefit target pasar.

Kebiasaan berbagi ini akan memicu bertumbuh-kembangnya jaringan atau networking bisnis yang nantinya akan banyak memberikan kemudahan dalam pemasaran dan penjualan perusahaan. Networking adalah sebuah kegiatan untuk keluar dari keterbatasan yang dimiliki perusahaan saat ini, dari hal-hal yang awalnya tidak mungkin, networking bisa mengubahnya menjadi mungkin. Dalam era digital ini, kunci sukses usaha banyak ditentukan oleh kekuatan networking bisnisnya, dalam dalam bisnis sejenis maupun bisnis yang terkait. 

Demikian sedikit yang bisa saya share hari ini. Sukses!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar