Laman

  • Home

Rabu, 08 Mei 2019

Instant Noodle Ala UMKM : Mie Ongklok Instan Wonosobo.


Semakin ke depan, tuntutan kebutuhan akan kepraktisan makanan akan semakin besar. Tetapi ada yang justru semakin unik, karena makanan khas daerah pun semakin menjadi buruan bagi generasi millenial saat ini yang merupakan "petualang" di bidang apapun. Berarti bisa kita artikan bahwa produk makanan khas lokal yang praktis dan instan akan menjadi primadona di masa mendatang.

Kegiatan visitasi UMKM dalam rangka seleksi UKM Pangan Award kali ini membawa kita ke kota juara pangan, yaitu Wonosobo, dimana salah satu peserta UKM Pangan Award 2019 ini adalah Mas Desta. Apalagi produknya jika bukan Mie Ongklok Instan yang sudah saya kenal sejak debutan pertama 3 tahun yang lalu. 

Konsep di atas diapplikasikan oleh Mas Desta untuk produk Mie Ongkloknya. Jika sebelumnya Mie Ongklok sebagai makanan khas Wonosobo disajikan di warung-warung makan Mie Ongklok yang harus dinikmati orang ketika mereka berkunjung ke Wonosobo, maka sekarang orang dari luar Wonosobo bisa menikmati Mie Ongklok dengan kemasan instan.

Mie Ongklok Wonosobo, Makanan Khas Asli Wonosobo.
Mie Ongklok Instan Mas Desta.

Mie Ongklok Mas Desta ini berbahan dasar mocaf dengan bumbu racikan yang telah dibuatnya instan. Tidak sulit mencari bahan baku tersebut di Wonosobo yang kaya akan produk agricultural-nya, hal ini yang memberikan nilai lebih produk Mie Ongkok ini yang mampu mengeksplorasi kekayaan sumber daya alam lokal. Terlebih lagi masa depan Mie Ongklok adalah ke arah industri, sehingga mampu menyerap SDM yang banyak. Saat ini karyawan Mas Desta sudah 12 orang, atau 2 kali lipat dari tahun yang lalu.

Untuk pemasaran, pesanan dari online maupun offline sudah cukup berkembang pesat. Namun akan lebih baik jika ke depan Mie Ongklok instan ini bisa dipasarkan dengan penunjukan-penunjukan distributor sehingga mengurangi beban pemasaran dari pihak produsen. 

Kemasan Mie Ongklok Instan Mas Desta.
Pastinya untuk ke arah depan, Mas Desta butuh support dari banyak pihak terutama ketika produknya sudah masuk ke tahap industri, mulai dari legalitas yang lebih besar yaitu BPOM dan SNI, maupun pengembangan-pengembangan kapasitas produksi dan pemasaran.

Selalu harus ada kata "mulai" dan Mas Desta telah memulai bisnis ini, masalah berikutnya adalah "proses" yang akan terus dijalani oleh Mas Desta untuk terus belajar dan berkembang. Mengenai "hasil" maka kesuksesan cukup ditengarai sebagai perbaikan-perbaikan yang dilakukan secara kontinyu dari kesalahan-kesalahan sebelumnya, hari esok harus lebih baik dari sekarang. Sukses untuk Mie Ongklok Mas Desta!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar