Laman

  • Home

Jumat, 10 Mei 2019

Es Gempol Pasar Gang Baru.

Es Gempol Pasar Gang Baru.
Tahu apa yang mesti saya pesan kepada istri saya ketika belanja di Pasar Gang Baru (Pecinan) Semarang? Selain kue cucur pasti adalah es gempol. Es Gempol adalah minuman dari gempol/pleret, santan, dan gula cair. Kata gempol berarti adonan dari tepung beras yang dibentuk, lalu diwarnai dan akhirnya dikukus. Gempol disiram dengan santan dan gula, dan seringkali ditambah es.

Minuman ini banyak ditemukan di daerah Solo sampai dengan Jepara, selain juga di Bandung, Jakarta dan Semarang. Rasa manis bercampur rasa gurih santan dan gempol serasa padu menggoda lidah.

Es gempol ini sudah cukup menarik bagi saya, namun ketika saya sering melihat santan kemasan yang ternyata bisa juga diproduksi oleh perusahaan skala UMKM maka harapan saya muncul bahwa sebenarnya es gempol ini bisa dikemas menjadi minuman yang tahan lama dan bisa dijual di didistribusikan melalui retail modern maupun online. Apakah ada yang sudah membuatnya? Sepertinya selama ini saya belum pernah melihatnya atau mengetahuinya.

Kadang ide bisnis muncul dari pemikiran-pemikiran sederhana tersebut, dengan pengetahuan produksi dan teknologi pangan sepertinya ide tersebut di atas bisa diwujudkan. Memang akan banyak tantangan untuk teknologi pengawetan bahan, namun jika hal tersebut sulit dalam bentuk cair sebenarnya bisa dicapai dalam bentuk bubuk atau powder, yaitu bubuk santan powder yang telah dicampur dengan gula kristal ditambahkan dengan gempol kering.

Tujuan saya menulis es gempol ini adalah untuk menginspirasi UMKM kami untuk berinovasi dengan cara-cara modern dalam menyajikan minuman tradisional. Sudah saatnya kita mengikuti perkembangan jaman, tidak bisa terus dengan cara-cara yang tradisional. Sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar