Laman

  • Home

Selasa, 07 Mei 2019

Chang Cahe Pletok, Minuman Khas Banjarnegara.

Chang Cahe Pletok, Minuman Khas Banjarnegara Dalam Bentuk Instan.
Visitasi UKM Pangan Award 2019 ke Kabupaten Banjarnegara mempertemukan kami dengan produk Chang Cahe Pletok yang diproduksi oleh kelompok usaha yang dipimpin oleh Bu Eni. Minuman ini memang untuk dikonsumsi oleh masyarakat yang tinggal di daerah Dataran Tinggi Dieng yang dingin. 

Oleh kelompok usaha tersebut minuman ini dibuat dalam bentuk serbuk dan instan sehingga lebih mudah untuk didistribusikan. Dari pertemuan tahun lalu sudah banyak progress perbaikan dalam kemasan, produk maupun kinerga bisnisnya, yang masih perlu dibantu untuk pengembangan UMKM ini adalah dalam hal promosi.

Kabupaten Banjarnegara telah memiliki ikon minuman yaitu Dawet Ayu, namun kehadiran Chang Cahe Pletok bisa juga menjadi ikon baru minuman dari Kabupaten Banjarnegara. Yang paling penting adalah pelaku usaha tersebut memiliki semangat dan kemauan yang kuat untuk berkembang dan maju.

Terkait dengan kelemahan promosi maka pada saat visitasi dan kurasi hari ini, saya menyarankan Bu Eni untuk menugaskan generasi muda di sekitarnya untuk menggarap digital marketingnya, termasuk sosial media dan website-nya. Atau bahkan mungkin kerjasama pemasaran dan promosi dibisa menggandeng pihak luar dari wilayahnya.

Minuman lokal yang khas yang dikemas dalam bentuk instan memang menjanjikan pasar yang lebih baik, dan hal ini telah dilakukan oleh kelompok usaha Bu Eni ini. Bahkan dengan legalitas yang telah dimiliki yaitu PIRT dan Halal MUI, produk ini bisa ditawarkan ke negara-negara tetanggan kita sepeti Malaysia dan Singapura.

Semoga semangat mengangkat potensi lokal dari UMKM-UMKM Jawa Tengah terus tumbuh, dan mampu menggarap potensi tersebut dengan cara-cara yang modern baik dalam hal kemasan maupun teknologi produksinya. Masih banyak peluang pasar, baik di dalam dan luar negeri. Sukses!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar