Laman

  • Home

Rabu, 10 April 2019

Mencoba Lebih Kreatif.

Mencoba Lebih Kreatif.
Tulsian ini adalah terjemahan Google dari tulisan Keith Sawyer: 

Anda mungkin menganggap kreativitas sebagai sesuatu yang dipasarkan oleh pemasar atau copywriter yang cerdik ketika mereka perlu membuat iklan yang menarik, atau sifat pribadi yang hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu, seperti yang dimiliki oleh pengusaha serial atau aktor improvisasi yang cemerlang, yang dimiliki secara alami. Tetapi menurut Keith Sawyer, psikolog riset dan penulis "Zig Zag: Jalan Mengejutkan Menuju Kreativitas yang Lebih Besar," semua orang bisa lebih kreatif hanya dengan mengambil delapan langkah bertahap, tetapi tidak harus dalam urutan linier. Jalannya menuju kreativitas lebih bolak-balik, suatu proses di mana langkah-langkah menuju imajinasi dan orisinalitas yang lebih besar membangun dan saling memberi makan.

Buku ini adalah permata, penuh dengan temuan-temuan menarik dari studi penelitian dan banyak taktik yang akan membuat Anda berpikir secara berbeda. Bahkan, Sawyer menganjurkan apa yang mungkin merupakan perubahan radikal dalam pola pikir bagi kebanyakan orang. Memunculkan ide-ide bagus bukanlah sesuatu yang kita tinggalkan sampai ada kebutuhan yang mendesak. Sebaliknya, ini adalah keterampilan yang dapat dipraktikkan setiap hari untuk memecahkan masalah kehidupan serta menemukan peluangnya.

Berikut adalah langkah-langkahnya untuk menumbuhkan kreativitas, bersama dengan contoh tips yang dapat membantu Anda di sepanjang jalan.

1. Ajukan pertanyaan yang tepat.

Sawyer menceritakan kisah awal Starbucks dan Instagram. Tidak ada perusahaan yang akan menjadi seperti sekarang ini jika pendirinya terus berusaha untuk memecahkan pertanyaan awal yang mereka coba jawab. Alih-alih bertanya, "Bagaimana saya bisa membuat ulang bar espresso Italia di Amerika Serikat?" Howard Shultz akhirnya melihat apa yang tidak berhasil dengan gagasan itu sebagai gantinya bertanya, "Bagaimana saya bisa menciptakan lingkungan yang nyaman dan santai untuk menikmati kopi yang enak?" Dan sementara Kevin Systrom awalnya merenungkan bagaimana ia bisa membuat aplikasi berbagi lokasi yang hebat, pertanyaan yang lebih baik ternyata adalah "Bagaimana kita bisa membuat aplikasi berbagi foto yang sederhana?"

Sawyer menawarkan banyak teknik untuk menghasilkan banyak pertanyaan.

Dengan cepat, tanpa terlalu memikirkannya, tulis 10 variasi dari pertanyaan yang sama. Misalnya, untuk pertanyaan klasik "Bagaimana saya bisa membuat perangkap tikus yang lebih baik," Anda mungkin bertanya seperti "Bagaimana cara mengeluarkan tikus dari rumah saya?" dan "Apa yang diinginkan tikus?" atau "Bagaimana saya bisa membuat halaman belakang saya lebih menarik bagi tikus daripada rumah saya?" Salah satu pertanyaan baru Anda kemungkinan akan lebih baik daripada yang asli.

Debug hidup Anda. Mengkritik secara brutal produk atau situasi yang tidak sempurna yang Anda hubungi setiap hari. Setelah Anda memiliki daftar, pikirkan cara untuk menghilangkan gangguan. Ini dapat meningkatkan kreativitas karena masalah kecil seringkali merupakan gejala dari masalah yang lebih besar. Steve Jobs, seorang inovator jenius, unggul dalam menemukan bug yang mengalihkan perhatian dari pengalaman pengguna suatu produk.

Buat sesuatu lalu tafsirkan kembali. Terkadang sebelum Anda mendapatkan pertanyaan yang tepat, Anda harus membuat sesuatu. Setelah Anda melakukannya, pikirkan kreasi Anda digunakan untuk tujuan selain dari niat awal Anda. Proses ini membuang asumsi pertama Anda, memaksa Anda untuk mempertimbangkan perspektif baru.

2. Menjadi seorang ahli.

Rahasia kesuksesan yang luar biasa bukan terletak pada kemampuan alami, tetapi dalam praktik yang disengaja. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa menjadi kelas dunia dalam hal apa pun membutuhkan 10.000 jam latihan. Namun, bukan hanya melakukan hal yang sama berulang kali. Ini harus melibatkan mendorong diri sendiri untuk menguasai tugas hanya sedikit di luar kemampuan Anda.

Anda harus menjadi ahli dalam suatu bidang sebelum Anda bisa kreatif di dalamnya. "Pencipta yang sukses tidak hanya menyukai pengetahuan, mereka haus akan hal itu. Mereka tidak bisa berhenti bertanya, dan mereka selalu melampaui apa yang telah mereka pelajari dari guru dan buku," tulis Sawyer. Ada banyak metode untuk melakukan ini.

Dengarkan pembicaraan TED. Itu adalah video gratis dari pidato yang menginspirasi, lucu, atau menarik yang dibuat oleh orang-orang brilian. Untuk memulai, lihat 6 TED Talks yang Harus Ditonton Setiap Pengusaha.

Gunakan semua indra Anda untuk mempelajari subjek secara menyeluruh. Katakanlah Anda ingin belajar tentang kota Mystras, Yunani. Anda dapat mempelajari beberapa bahasa Yunani, mencari foto-foto online Peloponnese, memasak beberapa makanan tradisionalnya, menonton video festival tradisionalnya, streaming radio lokalnya, dan mengirim email ke seorang pemilik penginapan di sana untuk mendapatkan informasi orang dalam tentang apa kota itu. benar-benar seperti.

Dapatkan mentor. Hampir semua pemenang Hadiah Nobel memilikinya.

3. Bersikap terbuka dan sadar.

Orang-orang kreatif selalu mencari solusi yang mungkin. Anda dapat melakukan ini dengan menjadi lebih sadar dan melatih perhatian, yang melibatkan hal-hal yang secara sengaja memperhatikan dan tidak mengelompokkan orang yang Anda temui berdasarkan harapan Anda atau kategori yang telah Anda tetapkan dalam pikiran Anda. Alih-alih, cobalah bersikap terbuka dan ingin tahu dan tahan terhadap stereotip orang.

Ciptakan keberuntungan Anda sendiri. Para peneliti telah menemukan orang-orang yang menggambarkan diri mereka sebagai orang yang beruntung cenderung lebih memperhatikan hal-hal daripada orang yang digambarkan dengan tidak beruntung. Mereka juga bertindak atas peluang tak terduga dan berjejaring dengan orang lain karena mereka penasaran. Orang yang tidak beruntung cenderung tegang dan begitu fokus pada tujuan yang sempit sehingga mereka kehilangan kesempatan.

Jangan biarkan kecelakaan mengganggu Anda. Banyak penemuan - seperti Penicillin, The Slinky dan permen karet - muncul karena seseorang tidak menyikat melewati kecelakaan, tetapi mempelajarinya sebagai gantinya.

Main dengan mainan anak-anak. Bermain anak-anak sangat bagus dalam membuat koneksi baru. "Aku tidak sedikit pun sadar diri tentang koleksi mainanku," tulis Sawyer. "Jika kamu berjalan ke hampir semua perusahaan superkreatif, kamu akan menemukan mainan di semua tempat." 

4. Bermain dan berpura-pura.

Saat Anda bermain, pikiran Anda bisa mengembara dan alam bawah sadar Anda punya waktu untuk bekerja. Inilah sebabnya mengapa cuti dari pekerjaan diperlukan agar kreativitas berkembang. 

Jelajahi masa depan. Bayangkan diri Anda menjadi sangat sukses lima tahun dari sekarang. Tuliskan sebanyak mungkin detail tentang seperti apa kesuksesan ini. Kemudian tulis sejarah bagaimana Anda sampai di sana bertanya pada diri sendiri pertanyaan seperti, "Apa langkah pertama yang Anda ambil untuk bergerak menuju tujuan Anda?" atau "Apa hambatan awal dan bagaimana Anda melewatinya?" 

Tinggalkan sesuatu yang dibatalkan. Jika pada akhir hari Anda meninggalkan tugas sedikit belum selesai mungkin lebih mudah untuk memulai pada hari berikutnya. Itu karena benang kognitif dibiarkan menggantung dalam pikiran Anda dan saat Anda melakukan kegiatan non-kerja, alam bawah sadar Anda mungkin terhubung dengannya dan memberi Anda wawasan mendadak.

Menjadi seorang pemula. Pelajari cara melakukan sesuatu yang baru, seperti Hula-Hooping, juggling, ukiran kayu, atau memanah.

5. Hasilkan banyak ide.

Ini adalah bagian di mana Anda menemukan ide, dan banyak dari mereka. 

Daftar kegunaan yang tidak biasa untuk benda rumah tangga biasa. Apa banyak cara berbeda Anda bisa menggunakan penjepit kertas, batu bata, atau pisau? Beri diri Anda lima menit untuk membuat daftar panjang. Jangan khawatir tentang apakah ide Anda bodoh atau tidak. 

Coba jatuhkan. Di sinilah Anda menggunakan asosiasi gratis untuk terus menghasilkan kata-kata baru. Kuncinya, bagaimanapun, adalah menggunakan jenis koneksi yang berbeda antara masing-masing. Misalnya, jika Anda mulai dengan "wortel", Anda tidak dapat mengaitkan sayur lain dengan bebas; alih-alih, Anda bisa memilih "tongkat," seperti pada frasa "wortel dan tongkat," lalu "lem" karena Anda memikirkan tongkat lem. Contoh lain: "Rock" mungkin mengarah ke "Scotch" karena Anda meminumnya di atas batu. 

Tetapkan waktu ide. Blokir waktu yang teratur ketika Anda tajam, santai, dan tidak terganggu. Julia Cameron, penulis buku self-help populer "The Artist's Way" menyarankan untuk mengambil waktu 30 menit setiap pagi untuk menulis ulang dalam jurnal. Ketika Anda melakukannya, Anda akan melihat ide-ide baru masuk. 

6. Fuse Idea (Ide Penghubung).

Ini melibatkan menggabungkan hal-hal yang biasanya tidak berjalan bersama. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, ahli saraf Inggris Paul Howard-Jones meminta orang untuk membuat cerita dengan memberi mereka hanya tiga kata. Untuk satu set orang kata-kata itu terkait, seperti "sikat," "gigi," dan "bersinar." Seperangkat orang lain menerima kata-kata yang tidak berhubungan seperti "cow," "zip," dan "star." Orang-orang yang menerima kata-kata yang tidak berhubungan membuat cerita yang lebih kreatif. 

Buat asosiasi jarak jauh. Buka halaman 56 dalam dua buku berbeda dan temukan kalimat kelima di masing-masing buku. Sekarang buat cerita yang menceritakan hubungan antara keduanya.

Gunakan analogi. Temukan kesamaan antara dua hal yang di permukaan tampak berbeda. Temukan sesuatu yang dihapus dari masalah Anda, lalu tentukan lima sifat strukturalnya. Alih-alih mendaftar "tajam" atau "logam" untuk pisau, misalnya, Anda ingin mengidentifikasi hal-hal seperti "membutuhkan tekanan ke bawah untuk memotong." Bagaimana karakteristik ini dapat diterapkan pada apa pun yang Anda coba pecahkan?

Terlibat dengan orang-orang yang berbeda dari Anda. Kita bergaul dengan orang-orang yang seperti kita, dan sementara melakukan hal itu mungkin menghibur, itu tidak melar. Coba bayangkan diri Anda sebagai orang lain - seperti koki, siswa asing, inspektur bangunan. Bagaimana orang-orang seperti itu melihat dunia?

7. Pilih ide terbaik.

Jika Anda telah mengikuti enam langkah pertama, Anda harus memiliki banyak ide. Sekarang triknya adalah memilih yang terbaik.

Ketahuilah apa yang Anda cari. Untuk melakukan itu, Anda perlu memercayai intuisi Anda - perasaan bahwa sebuah ide memiliki keindahan. Sawyer juga merekomendasikan untuk pergi dengan ide-ide yang sederhana, elegan, dan kuat (yang terakhir mengacu pada desain yang akan tetap bekerja di bawah kesulitan atau jika digunakan secara tidak benar).

Buat ide saling bersaing satu sama lain. Pilih dua dari mereka dan tentukan perbedaannya, bahkan dengan cara yang paling halus. Atau jika Anda memiliki lebih dari 50 ide, tuliskan masing-masing pada catatan tempel atau kartu indeks. Pindahkan gagasan yang tampaknya saling terkait erat. Anda akan tiba di kelompok gagasan dan dapat melihat perbedaan menarik di antara gagasan; mungkin mereka semua berbeda di sepanjang dimensi yang sama.

Lihatlah melewati yang baik. Setelah Anda memutuskan bahwa ide itu bagus, identifikasi pro dan kontra, tetapkan masing-masing satu angka antara satu dan 10 sesuai dengan seberapa penting itu. Total pro harus jauh lebih tinggi daripada hitungan Anda untuk kontra. Anda juga harus memikirkan skenario terburuk. Hal-hal buruk apa yang mungkin terjadi untuk menggagalkan kesuksesan ide Anda?

Jangan pernah berhenti mengedit. Segalanya selalu bisa dibuat lebih baik. Temukan advokat iblis untuk menghasilkan banyak alasan mengapa ide Anda buruk. Atau, minta orang yang Anda percayai akan jujur ​​dengan Anda untuk melihat secara kritis ide Anda. Dan bahkan ide-ide yang gagal dapat digunakan kembali. Post It, Sawyer menunjukkan, adalah hasil dari perekat yang tidak berfungsi dengan baik.

8. Buat sesuatu dari ide-ide hebat Anda.

Sawyer memegang perusahaan desain Silicon Valley IDEO untuk penggunaan "pemikiran desain," yang berusaha untuk mendapatkan versi sederhana dari sebuah ide ke dunia sedini mungkin - mungkin dalam satu jam atau sehari - dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti sebagai tanah liat atau kardus untuk memberi bentuk pada konsep baru. Ini adalah cara berpikir melalui pembuatan, suatu proses yang sering mengarah pada lebih banyak ide.

Menggambar. Bahkan jika Anda pikir Anda tidak bisa menggambar, setidaknya Anda bisa menggambar dan tidak ada yang pernah melihat apa yang Anda tulis di atas kertas. Masalah abstrak - seperti hubungan Anda dengan seseorang atau beban kerja yang menghancurkan - paling diuntungkan dengan mengubahnya menjadi sketsa. Kartun dengan bentuk berlebihan atau menggunakan simbol sederhana membantu.

Buat kolase. Raih setumpuk majalah dan cari foto dan iklan. Gunting apa pun yang terkait dengan masalah Anda dengan cara apa pun dan rekatkan pada papan poster besar. Simpan karya seni ini di dekat meja Anda di mana Anda dapat merenungkannya. Anda mungkin mendapatkan perspektif baru tentang masalah Anda.

Bangun sesuatu. Lego, Tinkertoys, Erector Set, pemodelan tanah liat, Silly Putty, dan Play-Doh adalah semua bahan bagus yang bisa Anda gunakan untuk membangun ide Anda. Sawyer sendiri menyimpan sekantong Lego di kopernya untuk saat-saat ketika dia tidak ada hubungannya.

Lihatlah buku Sawyer jika Anda ingin tahu lebih banyak - ia mengklaim buku itu menawarkan lebih dari 100 tips tentang cara menjadi lebih kreatif.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar