Laman

  • Home

Selasa, 30 April 2019

Memastikan Bisnis Anda Bisa Berjalan.

Memastikan Bisnis Anda Bisa Berjalan.
Dalam setiap layanan klinik bisnis kami, masih banyak para pemula usaha yang menanyakan hal-hal yang seharusnya menjadi kewajiban mereka tetapi justru ditanyakan kepada orang lain, misalnya: "Apakah Pak Gendut yakin bahwa bisnis saya ini bisa berjalan baik dan menghasilkan?" 

Dan biasanya saya pun balik bertanya kepada mereka: "Apakah anda yakin bahwa bisnis akan berjalan dengan baik?"

Keyakinan menjadi sangat penting ketika anda akan memulai suatu bisnis, dan mungkin untuk memulai semua hal. Keyakinan tersebut adalah kewajiban para pemula usaha, yang mestinya mereka datang pada klinik bisnis kami sudah dengan kondisi yang yakin atas apa yang akan dipilihnya agar konsultasi bisa berjalan produktif dan efektif.

Banyak perubahan terjadi saat ini, bahkan hampir terjadi di semua aspek, tetapi untungnya masih ada beberapa hal yang masih bertahan, yaitu: esensi dan dasar-dasar bisnis, sifat-sifat manajemen yang dimiliki hampir semua pengusaha sukses, yaitu: keuletan, komitmen dan visi, dan keterampilan bisnis dasar. Namun karena sudah banyak hal yang berubah maka diperlukan strategi baru dalam mengelola bisnis, strategi yang dirancang untuk bekerja dalam iklim bisnis yang berubah.

Dari pengalaman-pengalaman dan pengamatan yang saya lakukan, ada beberapa hal yang bisa saya sampaikan untuk memastikan bahwa bisnis anda akan berjalan dengan baik, yaitu:
  1. Memiliki rencana tertulis. Tanpa rencana, maka ide anda hanyalah sebuah mimpi. Buku itu tidak harus berupa buku, tetapi anda perlu beberapa halaman yang menguraikan tujuan, strategi, pembiayaan, rencana penjualan dan pemasaran tertentu, dan penentuan uang tunai yang Anda perlukan untuk menyelesaikan sesuatu. Menulis semuanya adalah langkah pertama yang sangat penting!
  2. Jangan berkutat dengan rencanamu, improvisasi. Setiap jenderal militer yang hebat dalam sejarah telah mengetahui bahwa bahkan rencana yang paling baik pun terkadang harus dilemparkan ke dalam api ketika peluru mulai terbang. Sesuaikan, hadapi, dan taklukkan.
  3. Jaga ego anda dan dengarkan orang lain. Penasihat (konsultan) sangat penting karena anda membutuhkan orang untuk memantulkan ide, memeriksa apa yang anda  telah lakukan, dan mendorong anda ke prestasi yang lebih besar, membuat anda bertanggung jawab atas apa yang anda lakukan. Selalu bersikap baik, jaga kata-kata anda dan menindaklanjuti komitmen, bahkan ketika kondisi sulit dan menantang. Hal ini bukan sekedar tentang anda; tetapi tentang bisnis. Jangan dibawa ke hal-hal pribadi dan jauhi emosi. Jangan biarkan ego anda mengambil kendali bisnis anda.
  4. Pantau semuanya, dan kelola dengan angka. Buat sistem tertulis untuk semuanya, karena anda akan mendapat manfaat darinya nanti. Hal Ini adalah cara anda melatih karyawan anda dan mempertahankan konsistensi. Ketahui pencapaian anda dan periksa setiap hari dan buat semua keputusan berdasarkan apa yang mereka katakan kepada anda. Salah satu perhitungan yang paling penting adalah proforma arus kas. Tentukan berapa banyak uang tunai yang anda butuhkan untuk melakukan bisnis, dan jangan mulai tanpa uang tunai yang diperlukan.
  5. Delegasikan kepada karyawan dan hindari pengelolaan mikro mereka. Tugas seorang manajer adalah mendelegasikan dan kemudian memeriksa kemajuan. Jadi jangan menjadi orang yang gila kontrol. Buat organisasi bisnis tetap datar. Jika anda mendelegasikan secara efektif, anda akan mendapatkan lebih banyak dan lebih baik dari yang anda harapkan. Memiliki pelatihan tertulis dan rencana orientasi yang sebenarnya sehingga karyawan anda tahu apa yang diminta dari mereka. Gunakan sistem penghargaan berbasis insentif, dan pertahankan sikap tidak masalah tentang masalah yang muncul.
  6. Gunakan Internet! Ini sangat kuat dan sangat hemat biaya, tetapi membutuhkan waktu dan keterampilan. Ini adalah tentang menciptakan komunitas, menggunakan jejaring media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, dan blog untuk membangun hubungan dengan pasar anda. Anda perlu naik pesawat karena anda butuh akselerasi dan anda melakukannya karena pesaing anda.
  7. Temukan kembali bisnis Anda. Hal ini mengenai laba bersih (profit), bukan pendapatan kotor, yang ingin anda fokuskan. Pisahkan diri anda dari sejarah anda dan ciptakan keunggulan kompetitif baru, baik itu niche yang terfokus atau layanan super, tetapi tidak dengan diskon!
7 hal tersebut adalah best practise dan rangkuman dari berbagai sumber praktisi yang saya dapatkan. Saya hanya perlu mengingatkan anda untuk mendalami setiap poin yang saya sampaikan di atas. Yang terpenting, bersenang-senanglah. Menjadi wirausaha adalah pilihan anda, jadi buatlah pilihan itu berhasil. Anda dapat bertahan, bangkit dan berhasil dalam usaha anda, jika anda mengikuti jalan yang benar. Sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar