Laman

  • Home

Jumat, 05 April 2019

Kriteria Penilaian UMKM Bermasa Depan.

UKM Pangan Award 2016.
Penjurian gelaran UKM Pangan Award 2019 tingkat propinsi Jawa Tengah akan segera dimulai bulan April 2019 ini, dengan jadwal visitasi mulai tanggal 12 April 2019 mendatang. Nominasi UMKM telah diserahkan oleh Kota dan Kabupaten masing-masing ke Bidang Industri Agro Disperindag Propinsi Jawa Tengah untuk dilakukan penilaian administrasi awal sebelum dilakukan visitasi dengan tujuan untuk pembinaan para pelaku UMKM yang menjadi wakil dari masing-masing kota dan kabupaten.

Untuk tahun 2019 ini, komposisi juri pun telah mengalami perubahan dengan mengambil wakil dari unsur akademisi untuk penilian terhadap kinerja manajeman dan bisnis plan, dari BPOM untuk penilaian terhadap keamanan pangan dan legalitas pangan, dari unsur pembina UMKM untuk pembinaan dang pengarahan perbaikan, dan dari unsur pasar yang akan memberikan penilaian terhadap kinerja pemasaran dari UMKM tersebut.

Di tahun ini pula, penilaian UKM Pangan Award akan lebih transparan agar kinerja seleksi dan penjurian ini bisa juga dijadikan referensi edukasi bagi UMKM yang lain yang belum mengikuti gelaran UKM Pangan Award ini. Secara umum, di bawah ini adalah kriteria penilaian yang akan menjadi acuan para juri dalam menilai produk dan kinerja usaha dari para peserta UKM Pangan Award 2019 nanti:

Secara umum kriteria penilaian UKM Pangan Award 2019 tidak akan bergeser jauh dari hal-hal berikut:

  1. Inovasi & Originalitas; Peserta UKM Pangan Award dituntut untuk menghadirkan produk-produk pangan yang kreatif dan inovatif serta benar-benar original karya mereka atau produk yang khas dari daerahnya.
  2. Visi & Perencanaan Bisnisnya; Visi dan perencanaan bisnis yang matang merupakan salah satu kriteria yang akan dinilai. Peserta UKM Pangan Award 2019 harus benar-benar seorang yang berpola pikir pengusaha, sehingga memiliki cita-cita jangka panjang dan cara-cara untuk mencapainya.
  3. Produk & Kemasan; Kualitas produk, termasuk cita rasa dan finishing produk, dan kemasan yang menarik yang sesuai dengan target pasar merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh para peserta UKM Pangan Award 2019.
  4. Kinerja Pengelolaan SDM
  5. Kinerja Pengelolaan Keuangan
  6. Kinerja Pengelolaan Produksi
  7. Kinerja Pengelolaan Pemasaran
Yang dimaksudkan dengan penilaian kinerja, pengelolaan SDM, pengelolaan keuangan, pengelolaan produksi dan pengelolaan pemasaran adalah penilaian secara praktis atas kinerja manajemen UMKM tersebut. Bukan hanya produk dan kemasan yang dinilai tetapi aspek manajemen juga tidak kalah pentingnya dalam porsi penilaian.

Kami berharap dengan kriteria-kriteria penilaian tersebut di atas, penilaian juri akan lebih obyektif dan trasparan disampain pembinaan yang dilakukan oleh pemerintath kota dan kabupaten pun bisa lebih terarah. Kami yakin bahwa informasi ini juga bermanfaat bagi UMKM lain yang belum ikut gelaran UKM Pangan Award sehingga bisa menjadi referensi edukasi bagi mereka untuk melakukan persiapan-persiapan di masa mendatang untuk mengikuti gelaran ini. Sukses!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar