Laman

  • Home

Senin, 15 April 2019

Boomerang, Membangun Pasar Komunitas.

Boomerang, Membangun Pasar Komunitas.
Konsultasi UMKM hari ini mendapatkan tamu dari UMKM produsen Boomerang, Harpa Boomerang. Harpa sendiri merupakan singkatan dari Haryo Pangarso, atau nama si pelaku UMKM tersebut (gambar paling kanan). Pada konsultasi ini, Mas Haryo Pangarso banyak bertanya mengenai konsep-konsep kreatif dalam pengembangan pasar komunitas boomerang di Jawa Tengah.

Sebenarnya boomerang sendiri tidak sepenuhnya berasal dari Australia, karena pada jaman penjajahan HIndia Belanda ditemukan bukti bahwa di Indonesia (Sulawesi) ditemukan boomerang juga, dari bahan bambu. Jika saat ini di Semarang dan sekitarnya mulai muncul komuniitas-komunitas olah raga boomerang maka hal itulah yang dikendaki oleh Mas Haryo Pangarso dan beberapa pengrajin boomerang yang lain.

Ada beberapa pengrajin seperti Mas Haryo Pangarso di kota Semarang sampai dengan Salatiga dan mereka semua sedang berjuang untuk mengembangkan gerakan masyakarakat untuk olah raga boomerang. Sudah mulai bermunculan komunitas-komunitas olah raga boomerang di kota Semarang dan Salatiga.

Untuk jenis-jenis boomerang sendir terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:
  • Boomerang EDUKASI, adalah jenis boomerang yang diperuntukkan untuk para pemula, biasanya berbahan baku kerja, fiber maupun karet. Bahkan saat ini Mas Haryo Pangarso telah mengembangkan bahan baku plastik recycle untuk jenis boomerang ini. Dengan jensi bahan baku yang ringan dan lentur ini maka boomerang edukasi tidak berbahaya bagi penggunannya.
  • Boomerang KOMPETISI, adalah jenis boomerang yang diperuntukkan untuk kompetisi (pertandingan) sehingga penggunanya adalah pengguna yang telah mahir. Bahan yang digunan bisa bermacam-macam, tetapi lebih banyak merupakan komposit dari fiber dan karet.
  • Boomerang KOLEKSI, adalah jenis boomerang yang diperuntukkan untuk koleksi. Boomerang ini biasanya dihiasi dengan lukisan yang tematik atau sesuai pesanan, berbahan kayu asli yang memang sudah bengkok. Harganya pun cukup mahal untuk boomerang jenis ini.

Selain untuk alat olah raga atau hobby, boomerang merupakan media lukis yang sangat menarik. Produk-produk dari Harpa Boomerang sangat bervariasi, baik dari sisi bentuk maupun lukisannya. Ada yang berbentuk palu, wayang, hewan atau apapun, karena banyak sekali yang bisa dibuat boomerang.

Boomerang jenis EDUKASI bisa dijadikan alat permainan bagi anak-anak, dan sudah mulai digemari di pasaran. Boomerang jenis inipun mulai dilirik oleh Ibu-Ibu rumah tangga yang tidak hanya ingin keluar rumah hanya untuk jalan-jalan, melainkan untuk bermain dengan anak-anak maupun teman-teman komunitas.

Beberapa perguruan tinggi yang memiliki fakultas olah raga mulai menggandeng produsen dan komunitas untuk mengembangkan olah raga baru, lempar boomerang. Penguasaan teknik melempar, arah angin dan wawasan atas jarak dan lintasan akan banyak membantu atlet lempar boomerang menjadi mahir. Pasar perguruan tinggi inilah yang saat ini diincar oleh Harpa Boomerang untuk menyebarluaskan hobby lembar boomerang di masyarakat.

Untuk boomerang KOLEKSI, dibutuhkan kreativitas yang tinggi untuk membuat produk boomerang Semarang bisa menembus pasar ekspor. Beberapa produsen boomerang di Salatiga bahkan sudah ekspor ke Australia. Di Australia yang dikenal sebagai asal boomerang justru tidak banyak produsen boomerang. 

Perjuangan Mas Haryo Pangarso untuk tembus pasar ekspor boomerang akan kami dampingi, pasti butuh waktu yang tidak singkat namun dengan semangat yang tinggi, kami yakin boomerang lokal ini bisa mulai digemari di pasar lokal maupun ekspor. Sukses!







1 komentar:

  1. Alhamdulillah..terima kasih luar biasa kepada mas Gendut Marjoko atas tulisannya.. selamat datang di dunia bumerang yg tanpa batas ...hikmah ilmu penerbangan sampai kepada sang Pencipta..Saluth , sukses selalu.

    BalasHapus