Laman

  • Home

Jumat, 15 Maret 2019

Simple Survey dengan Facebook.

Simple Survey dengan Facebook.
Sosial media adalah tool yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari networking, marketing maupun survey pasar. Hal mana sering saya lakukan untuk mendapatkan jawaban dari audience sosial media saya, terutama facebook. 

Dengan pengelolaan facebook yang benar, terutama dalam audience management, maka kita bisa melakukan banyak hal dengan facebook. Usahakan audience kita adalah segment atau target market kita sehingga komunikasi yang kita bangun di facebook sangat efisien dan efektif.

Kegiatan ask question, get answer perlu kita lakukan untuk melakukan survey ringan atas satu hal. Misalnya belum lama ini saya melemparkan pertanyaan : "Apakah UMKM lebih memilih mentor yang bersertifikasi atau seorang mentor yang praktisi, meskipun tanpa sertifikasi?" 

Dari berbagai jawaban UMKM ternyata lebih dari 90% mereka memilih seorang mentor yang praktisi, dengan berbagai alasan antara lain:
  1. Best Practise, UMKM membutuhkan banyak contoh riil dalam wirausaha, mengapa ini bisa dilakukan dan mengapa ini tidak perlu dilakukan dan apa alasannya. Menurut harapan mereka, seorang praktisi bisa memberikan contoh pengalamannya sendiri dalam berwirausaha dan hal ini sangat penting bagi para pelaku UMKM.
  2. Pelaku UMKM memiliki waktu yang terbatas untuk mencerna sebuah teori dari mentor yang bukan praktisi. Meskipun sebenarnya teori tersebut juga dibutuhkan, tetapi dengan mentor seorang praktisi teori ini diperingkas dengan contoh-contoh riil.
  3. Pelaku UMKM ingin melihat bukti nyata.
Survey ringan ini saya maksudkan untuk memberikan alasan dalam melakukan berbagai perubahan sistem pembinaan dan pelatihan yang selama ini telah berjalan. Dalam entrepreurship apa yang kita lakukan harus terukur dan terbukti. Misalnya dalam pelatihan marketing dasar maka diharapkan setelah pelatihan mereka langsung mendapatkan gambaran siapa pasar mereka, dan apa yang mesti mereka lakukan selanjutnya.

Untuk mendukung perubahan ini, maka saya pun akan menggandeng "siapa yang sebenarnya dibutuhkan oleh UMKM". Misalnya dalam pelatihan pemasaran diusahakan melibatkan pihak calon buyer setelah sebelumnya diseleksi para pelaku UMKM yang memang sudah layak dipertemukan dengan buyer. Tujuannya adalah quick win, dan UMKM bisa melihat hasil nyata dari pelatihan tersebut.

Hal serupa akan dilakukan juga pada pelatihan financial usaha, yang akan melibatkan pihak lembaga finansial. UMKM yang akan mengikuti pelatihan inipun akan diseleksi sesuai dengan audience yang dibutuhkan oleh lembaga finansial.

Untuk UMKM yang belum masuk kategori-kategori seleksi tersebut akan dimatangkan lebih lanjut dengan program-program pelatihan praktis yang langsung mengarah kepada tujuan. 

Berbagai survey sederhana bisa kita lakukan dengan facebook ketika kita membutuhkan jawaban dari audience kita. Mulailah dengan bertanya kepada pasar atau audience kita. Sukses!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar