Saatnya Telur Asin Bangkit Kembali.

Salted Egg Sauce Chicken - DiahDidi.Com
Bisa dibilang tulisan saya ini agak terlambat, karena seharusnya saya menulisnya di pertengahan tahun lalu ketika snack salted egg fish skin menjadi booming di negara-negara Singapore, Philipina, Hongkong dan juga USA. Tapi tidak ada salahnya jika tujuan saya menuliskan ini adalah untuk memotivasi teman-teman UMKM di Kabupaten Brebes yang memproduksi telur asin.

Sebagaimana beberapa tahun terakhir, saya sering mendengar keluhan dari teman-teman UMKM atas menurunnya penjualan telur asin mereka disamping harga bahan baku yang terus menaik. Belum sempat ketemu solusinya waktu itu, namun trend salted egg fish skin telah menjawab kesulitan-kesulitan dari teman-teman produsen telur asin di Kabupaten Brebes.

Trend ini pun kemudian disusul dengan merebaknya salted egg sauce chicken di tahun ini. Sebuah jawaban beruntun yang disikapi dengan sangat optimis oleh teman-teman UMKM. Kedua trend makanan ini sudah saya cicipi langsung, yang pertama yaitu salted egg fish skin saya dapatkan produknya dari teman yang mendapatkan produk ini langsung dari pabriknya di Tangerang, sementara salted egg sauce chicken saya coba di Solo.

Salted Egg Fish Skin.
Rasa otentik gurik dari telur asin (salted egg) memang menjadi fenomena baru dalam dunia kuliner saat ini. DiahDidi.Com mendapatkan kesempatan membuat resep salted egg sauce chicken ketika mendapatkan endorse dari UMKM produsen telur asin yang telah mengkhususkan diri dalam supply sause telur asin (hanya kuning telurnya saja yang diambil) - bisa dilihat di IG @bunda_didi.

Trend kuliner yang terjadi saat ini merupakan momentum yang tepat bagi para produsen telur asin di Kabupaten Brebes untuk kembali berjaya setelah beberapa tahun terakhir agak menyurut penjualannya. Mereka bisa menjadi supplier bahan baku telur asin memang sudah menjadi kegiatan utama, atau mengembangkan produk snack kripik kulit ikan bumbu telur asin ini, bahkan bisa juga mengembangkan produk baru yang senada dengan trend yang terjadi saat ini.

Bisa dibayangkan jika restaurant seperti KFC, McDonnald, A&W memiliki pengembangan menu dengan saus telur asin maka betapa banyak produk telur asin dari teman-teman UMKM bisa terserap ditambah dengan supply ke pabrik snack kulit ikan bumbu telur asin. Pada akhirnya semua ada jawabannya. Suskses!



Komentar