Laman

  • Home

Senin, 25 Februari 2019

Step-by-Step Membangun Kreativitas Dengan Media Magic.

Step-by-Step Membangun Kreativitas.
Berdiskusi dengan Denny Darko tentang membangun kreativitas pasti akan selalu menarik. Sebagai seorang magician, namun saya lebih mengenalnya sebagai seorang konseptor kreatif dan seorang entertrainer, Deny Darko memiliki kapasitas lebih untuk berdiskusi tentang "sesuatu yang baru" dan otentik. 

Sekitar setahun lalu kami berdiskusi bagaimana mengembangkan sebuah konsep training "Step-by-Step Membangun Kreativitas dengan Media Magic". Mengapa hal ini kami diskusikan? Banyak mendengar informasi bahwa dunia panggung semakin sempit bagi teman-teman magician membuat kami cukup prihatin dengan profesi tersebut. Kami harus membuat panggung kami sendiri!

Panggung yang kami maksudkan ke depan bukanlah panggung hiburan, melainkan panggung edukasi. Rancangan training di atas sangatlah special, yaitu membangun kreativitas yang terstruktur dalam waktu yang relatif singkat, mungkin 1 atau 2 hari training. Bukan hal yang mudah, oleh sebab itu pola-pola berpikir seorang magician kami hadirkan di sini.

Proses menjadi seorang magician sangat menarik, karena terstruktur dan jelas. Output kami dari training tersebut bukanlah menjadi seorang magician, melainkan menjadi seorang yang kreatif. Proses inilah yang akan kami adopsi untuk training tersebut, yang tentunya dengan mentor seorang magician agar pesan yang tersampaikan tidak hanya sekedar hayalan melainkan bisa langsung tersaji dalam training tersebut. Di konsep kami, magician kamilah yang nangi akan menjadi entertrainer untuk para peserta training.



Di sisi pasar, kreativitas adalah "sesuatu" yang selama ini dicari di negara ini, karena jika berbicara masalah potensi dan asset, Indonesia tidak akan pernah ketinggalan dengan negara manapun. Dengan kreativitas, bahkan dengan potensi dan asset yang minimal, kita bisa melakukan banyak hal atau bisa dibilang bisa lebih produktif.

Gelar konsep dan brain storming.

Gelar konsep dan brain strorming.

Untuk sedikit menengok apa isi dari konsep training tersebut, berikut adalah gambaran kasar dari konsep "Step-by-Step Membangun Kreativitas Dengan Media Magic":




Terlihat pada konsep tersebut tentang arti "minset reset" yang merupakan tahap penting dalam membangun kreativitas, dimana semua peserta harus "dilepaskan" dari kebiasaan pola berpikir yang lama. Cara untuk melakukan mindset reset adalah dengan cara membuat mereka "kagum" (=terperangah), dimana pada kondisi ini para peserta tanpa sadar telah melepas pola pikir lamanya dan siap dengan pola pikir yang baru.

Membuat peserta kagum dan tidak habis pikir, akan membuat pikiran sadar mereka "menyerah" untuk diberikan input baru, yaitu pola pikir kreatif. Berbagai cara untuk membuat mereka kagum akan kami lakukan, mulai dari mentor, materi maupun suasana. 

Semoga konsep sederhana ini bisa membantu bangsa kita menjadi lebih kreatif dan up to date. Sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar