Laman

  • Home

Senin, 11 Februari 2019

Pasar Cafe & Resto, Target Utama dari Gula Cair GULANAS.

Pasar Cafe & Resto, Target Utama dari Gula Cair GULANAS.
Permasalahan pemasaran di kalangan UMKM seringkali terjadi pada hal yang paling mendasar, yaitu: mereka tidak tahu siapa pasarnya! Mereka tidak paham bagaimana melakukan segmentasi pasar, targeting dan positioning, sehingga kegiatan pemasaran yang mereka lakukan tidak efektif dan efisien dan akhirnya mereka tidak sanggup lagi melakukan kegiatan pemasaran.

Segmentasi pemasaran dimaksudkan untuk membuat skala prioritas atas segmen  pasar yang akan kita garap, meskipun terlihat semua segmen pasar bisa dilayani. Targeting dimaksudkan untuk membuat fokus atas segmen pasar tersebut atau siapa yang akan kita bidik. Dengan memahami kedua hal tersebut di atas, maka kita akan intensif untuk melakukan komunikasi pasar dan juga menyerap permasalahan dan kebutuhan pasar. Info pasar yang paling penting adalah permasalah dan kebutuhan dari pasar itu sendiri.

Dengan memahami keduanya maka selanjutnya perusahaan akan menentukan solusi atas permasalahan dan kebutuhan tersebut, yaitu produk yang akan kita pasarkan! Apakah produk tersebut mampu memenuhi kebutuhan target pasar? Hal inilah yang akan terus kita cari tahu selama dalam melakukan kegiatan pemasaran. Positioning adalah "umpan" yang akan disajikan kepada target pasar.

Teori tersebut di atas adalah apa yang kami lakukan dalam memasarkan produk gula cari GULANAS. Meskipun pasar retail (konsumsi) juga merupakan pasar yang bisa digarap, namun prioritas pasar adalah pasar bisnis yaitu Hotel, Resto dan Cafe selain industri makanan dan minuman. Dengan menetapkan segementasi pada pasar bisnis dengan target Resto dan Cafe, produk gula cair GULANAS lebih cepat berkembang dan bisa terserap oleh pasar dengan baik.

Beberapa resto dan cafe yang dimiliki oleh orang asing pun sudah mulai memesan produk GULANAS, karena mereka sudah terbiasa dengan produk gula cair. Hal inilah yang membuat kami belajar banyak tentang Segmentasi, Targeting dan Positioning secara praktis karena kami melakukannya sendiri.

Semua tulisan singkat ini mampu memberikan pemahaman awal tentang strategi pemasaran bagi para pelaku UMKM. Sukses.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar