Laman

  • Home

Selasa, 26 Februari 2019

Mengincar Pasar Asia, Middle East & Africa.

Oey Andy Wijaya, Direktur Swarna Agro Nusa, Eksportir Kopi & Teh
Jika dibandingkan dengan negara-negara China, India, Vietnam dan Thailand, Indonesia harus bayak belajar mengenai bisnis agro karena meskipun memiliki potensi produk yang luar biasa namun agresivitas dalam mengembangkan akses pasar kita terbilang masih kalah dengan mereka. 

Terkait hal ini, RumahUMKM.Net hari ini kedatangan tamu dari UMKM yang fokusnya adalah ekspor, yaitu PT Swarna Agro Nusa yang diwakili oleh direkturnya langsung yaitu Mas Oey Andy Wijaya. Masalah pengembangan pasar tentunya menjadi topik diskusi kami, karena untuk produksi dan pasar regular mereka sudah cukup aman.

Andalan Swarna Agro Nusa saat ini adalah kopi dan teh, selain mereka juga mendapatkan banyak pesanan untuk produk-produk agro lainnya seperti: bubuk lada, jahe, kayu manis, cengkih dsb. 

Untuk kopi mereka memilih kopi yang sudah di-roasting dan sudah digiling, kerena untuk produk green bean harganya terlalu tipis marginnya. Berbagai produk kopi robusta dan arabica banyak mereka dapatkan dari wilayah Jawa Barat, termasuk juga dengan berbagai jenis teh.

Pasar Asia seperti Korea dan Jepang adalah prioritas target pasar mereka, selain pasar Middle East dan Africa. Pasar Africa adalah pasar yang saat ini sedang berkembang pesat, dan patut diperhitungkan mengingat pasar Eropa mulai stagnan.

Promosi adalah hal penting yang harus digarap mulai sejak saat ini, mulai dari bagaimana mereka menyiapkan marketing tool yang menarik, mulai dari marketing tool digital maupun printing. Dengan materi promosi dan marketing yang bagus, RumahUMKM.Net lebih mudah untuk mengirimkan promosi tersebut ke seluruh jaringan pasar di negara-negara yang mereka sasar.

Menggarap Pasar Lokal 

Pasar lokal pun sebenarnya sangat menjanjikan apalagi produk yang mereka buat adalah produk dengan standard ekspor. Pasar yang bisa dibidik untuk pasar lokal adalah pasar hotel, resto dan cafe.

Merk yang akan diusung untuk pasar lokal adalah "ASMAT" dengan filosofi: produk Swarna Agro Nusa adalah produk yang otentik dan merupakan kekayaan alam Indonesia sebagai mana kebanggaan kita kepada suku ASMAT di Papua.

Pasar lokal akan mulai digarap tahun ini sementara mempersiapkan packaging yang menarik. Legalitas produk dan berbagai uji produk pun telah dikantongi sehingga bisa mempercepat proses dalam menggarap pasar lokal.

Dengan hardirnya PT Swarna Agro Nusa dalam jaringan produsen RumahUMKM.Net maka akan menambah amunisi promosi RumahUMKM.Net untuk promosi produk asli Indonesia. Sukses!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar