Laman

  • Home

Sabtu, 23 Februari 2019

Beda Sales & Marketing Masih Selalu Dipertanyakan.

Beda Sales & Marketing Masih Selalu Dipertanyakan.
Bahkan tidak hanya UMKM, ternyata ada beberapa perusahaan menengah pun masih belum bisa membedakan antara sales dan marketing. Ketidakpahaman ini bisa mengakibatkan kesalahan dalam manajemen SDM di perusahaan tersebut, bisa fatal bahkan. Karena mereka selalu berpikir bahwa marketing harus menjual produk yang telah mereka hasilkan secara langsung sementara yang seharusnya menjadi tugas pokok marketing justru tidak dilakukan.

Berikut adalah sekilas perbedaan sales dan marketing:


Jika dibandingkan dengan sales marketing, tidak langsung bersentuhan dengan konsumen sehingga dikatakan marketing lebih pasif daripada sales yang setiap hari harus berorientasi pada penjualan produk secara langsung. Team sales melakukan tugas yang rutin, dengan penerapan taktik penjualan, sementara maketing lebih strategik dengan memahami pasar dan kebutuhannya dan membuat strategi produk atau paket produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Melakukan survey pasar, berkomunikasi dengan pasar, melakukan analisa pasar serta membuat strategi pemasaran adalah tugas pokok dan rutinitas dari marketing. Sementara tugas team sales adalah melakukan penjualan produk secara langsung dengan target produk tersebut harus segera terserap oleh pasar.

Membangun awareness adalah tugas marketing sementara membangun koneksi dengan prospek cusotmer adalah tugas sales. Membuat prospek mencari informasi mengenai produk adalah tugas marketing, sementara mencari prospek adalah tugas dari sales. Dalam marketing, pesan yang akan disampaikan kepada prospek, sementara dalam sales, orang akan bertemu orang.

Cukup jelas perbedaannya bukan? Bisa dikatakan bahwa sales menjual produk sementara marketing menjual program benefit. Untuk memahami benefit yang tepat untuk prospek customer, maka seorang marketing harus melakukan segmentasi, targeting dan positioning sekaligus menjabarkan strategi produk, harga, kanal distribusi dan promosi. Berarti lingkup marketing lebih luas daripada sales, bahwa untuk perusahaan dengan skala kecil - menengah, marketing dan sales masih menjadi satu bagian, meskipun sudah terjadi pemisahan fungsi.

Lantas Bagaimana UMKM Menyikapi Sales & Marketing?

Nah, ini yang paling penting. Untuk UMKM yang berorientasi pada produksi maka kebutuhan sales menjadi sangat penting, karena produk yang telah mereka hasilkan harus secepatnya terserap oleh pasar atau akan menjadi stock yang akan menghambat cash flow perusahaan. Tetapi bukan berarti mereka tidak butuh marketing, mereka butuh marketing utnuk melakukan promosi dan analisa pasar meskipun untuk prioritasnya mereka membutuhkan sales. 

Namun untuk perusahaan yang job order, seperti perusahaan mebel dan kerajinan maka yang dibutuhkan adalah marketing karena orientasi mereka adalah pasar, bukan produk. 

Di era digital ini, sudah banyak tugas sales dan marketing yang bisa digantikan meskipun belum semuanya. Applikasi bisa didesain sesuai dengan kebutuhan perusahaan, bahkan promosi pun menjadi lebih mudah, cepat dan murah. Namun, tetap saja dibutuhkan SDM yang memiliki kemampuan sales dan marketing karena semua fasilitas digital sifatnya adalah alat bantu, tidak menggantikan manusia, terlebih justru di saat era digital ini kecenderungan untuk menjadi personal dan emosional semakin terasa. Oleh sebab itu, kami mengatakan bahwa applikasi tidak akan menghilangkan peran SDM, applikasi hanya sekedar mengurangi jumlah SDM. Era digital memang menyebabkan banyak karyawan dirasionalisasi, namun peluang untuk membuka usaha di era digital sangat luas dan tidak terbatas. Sukses!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar