Laman

  • Home

Selasa, 08 Januari 2019

Sekilas Memahami Sosial Media.

Sekilas Memahami Social Media
Sosial media menjadi media yang sangat dominan saat ini, bahkan keberadaannya mampu menggeser media-media informasi yang lain. Kekuatan inti dari sosial media adalah keinginan untuk sharing apa yang kita lakukan, siapa kita, informasi tempat, pendapat kita, ekspresi kita dan sebagainya. 

Ada berbagai sosial media yang kita ikuti, namun seringkali kita sendiri tidak memahami karakter sosial media tersebut dan apa peruntukannya sehingga pemanfaatan sosial media tersebut untuk bisnis kita kurang maksimal. Pada kesempatan ini kita ingin mencoba membuat ulasan tentang sosial media dan karakter-nya masing-masing.

Twitter - Atau yang biasa disebut dengan kicauan. Dan sesuai dengan namanya social media ini dipakai untuk mengirimkan berita singkat mengenai aktivitas kita saat ini. Pemanfaatan hashtag memberikan efek penyebaran informasi sesuai dengan key word yang di-tag. 

Facebook - Adalah sosial media yang saat ini paling banyak dipakai karena banyaknya kemudahan untuk mendukung bisnis. Facebook lebih menekankan kepada siapa subyek yang membuat posting atau status, atau menunjukkan identitas pembuat status. Dengan demikian facebook organik (tanpa facebook ad) akan lebih efektif jika si pemilik akun cukup kuat personal brand-nya.

Instagram - Adalah sosial yang menggambarkan ekspresi atau moment dan suasana melalui foto dan video. Sosial media ini sangat digemari di Indonesia saat ini karena bisa menjadi media promosi yang paling efektif. Tampilan visual foto dan video yang menarik dan caption yang menarik dan emosional mampu menarik ketertarikan dari pembaca. Kemudahan dalam akses jejaring juga menjadi salah satu sebab mengapa instagram (IG) sangat diminati.

Foursquare - Adalah sosial media yang menunjukan lokasi tempat dimana kita beraktivitas. Hal ini akan memudahkan calon menemukan lokasi yang kita maksudkan.

You Tube  - Adalah sosial media yang memungkinkan kita memberikan edukasi atau menunjukkan proses suatu kegiatan dalam format video. Format audio visual memudahkan pembaca untuk memahami konten yang ditampilkan dalam sosial media ini.

LinkedIn  - Sosial media ini memang didesain untuk para profesional menunjukkan kemampuan atau ketrampilannya dalam suatu bidang. Ruang yang disediakan pun mengarah kepada para profesional untuk mengekpresikan keahliannya kepada para pengguna yang lain. Sosial media ini memang tampil lebih "serius" dalam mengekpresikan profesi dan pekerjaan kita.

Pinterest - Sosial media ini kurang begitu popular di Indonesia, namun lebih popular di USA dan Eropa. Digunakan untuk mengekspresikan kreativitas para penggunanya. Jika memang produk kita diarahkan untuk pasar di luar negeri maka bermain dengan Pinterest cukup menguntungkan, tentukan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris.

Meskipun ada banyak sosial media yang lain seperti Pandora yang didominasi music, Groupun yang dominasi promosi harga terbaik dan sebagainya, namun sosial media - sosial media yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah seperti yang tertulis di atas.

Dengan memahami karakter dan desain dari sosial media tersebut, maka para pelaku UMKM bisa memanfaatkannya sesuai dengan tujuan dan konten masing-masing agar sesuai dengan target hasil yang diinginkan. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat, meskipun tidak lengkapSukses!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar