Laman

  • Home

Senin, 07 Januari 2019

Produk Bagus atau Produk yang Dibutuhkan?

Produk Bagus atau Produk yang Dibutuhkan?
Penting bagi para pelaku UMKM untuk memahami hal ini, bahwa tugas seorang produsen adalah produk yang terbaik atau produk yang bagus. Tetapi produk yang bagus belum memberikan jaminan bahwa produk tersebut dibutuhkan oleh pasar, tetapi setidaknya produk yang bagus memberikan peluang kepada pasar untuk mempertimbangkannya.

Seorang marketing diajarkan untuk memahami pasar dan memahami kebutuhan pasar, sehingga informasi yang didapatkan dari pasar bisa disesuaikan dengan produk yang akan dibuat oleh perusahaan. Di sinilah seorang marketing dianggap sebagai jembatan penghubung antara kebutuhan pelanggan dengan perusahaan yang akan menghasilkan produk sesuai dengan kebutuhan tersebut. Inilah yang disebut dengan market-driven product, yaitu produk yang dibuat berdasarkan kebutuhan pasar.

Beberapa UMKM bertanya kepada kami, lantas bagaimana dengan para pelaku UMKM yang terlanjur membuat produk tertentu? Selama produk yang dihasilkan oleh para pelalu UMKM adalah produk primer dan sekunder serta sudah berkualitas bagus maka peluang pasar masih tetap bagus. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah harga produk UMKM saat ini cenderung lebih mahal dibandingkan dengan produk-produk industri, terlepas dari kelebihan produk UMKM yang lebih otentik. Dengan produk yang bagus, maka pelaku UMKM bisa segera melakukan promosi yang intensif secara digital agar produknya dikenal lebih banyak dan lebih luas.

Di era digital saat ini definisi loyalitas customer semakin bias, sehingga membuka peluang bagi produk-produk baru untuk bersaing. Karakter berpetualang dengan produk-produk baru seakan menjadi perilaku generasi milenial, sehingga mereka justru berlomba mencoba-coba produk baru. Kelemahannya adalah bahwa repeat order semakin sulit karena mereka tidak loyal pada satu produk.

Bagaimana dengan produk tersier? Selama produk yang dihasilkan adalah produk super, baik dari sisi desain, workmanship dan packagingnya maka dengan strategi promosi dan pemasaran yang tepat dan kreatif target hasil pemasaran bisa dicapai. Untuk produk tersier, produsen tidak perlu lagi dibebani dengan harga produk karena pasar yang mereka hadapi adalah dari segmen menengah ke atas.

Dari ulasan singkat ini sebenarnya produk bagus dan harus dibutuhkan adalah hal-hal yang wajib diperhatikan oleh produsen, jadi produk bagus saja saat ini tidaklah cukup karena persaingan sudah sangat terbuka, oleh sebab itu buatlah produk bagus yang juga dibutuhkan oleh pasar. Loyalitas bisa dibangun dengan interaksi dan komunikasi yang kondusif dengan pasar, dan tentunya pasar akan lebih nyaman jika produk yang mereka dapatkan dari kita adalah produk yang berkualitas. Suskes!