Laman

  • Home

Rabu, 09 Januari 2019

Fokus Bukan Hanya Sekedar Konsentrasi Pada Satu Hal.

Fokus bukan hanya sekedar konsentrasi pada satu hal, melainkan melakukan sesuatu dari awal hingga akhir.
Ada satu pengalaman yang ingin kami bagikan kepada teman-teman pelaku UMKM terkait dengan ajakan untuk fokus yang sering diajarkan oleh teman-teman motivator, bahwa fokus bukan hanya sekedar konsentrasi pada satu hal melainkan mengerjakan hal tersebut dari awal hingga akhir.

Dalam pendampingan UMKM selama ini memang hal yang paling mencolok menjadi permasalahan para pelaku UMKM adalah fokus pada bisnis yang digelutinya. Istilah mencoba-coba seringkali menjadi alasan mereka memiliki sebuah usaha, sehingga membuat mereka tidak pernah all out dalam mengerjakan bisnis tersebut. Dengan tidak all out pada bisins tersebut maka hasil usaha mereka pun kurang maksimal pada akhirnya dan mendorong mereka untuk mencoba bisnis lainnya lagi.

Ketika kami coba untuk berdialog dengan para pelaku UMKM yang seperti tersebut di atas, kebanyakan mereka memang belum secara detail memahami bisnis yang mereka geluti saat ini, Mereka mencoba dengan harapan mereka akan melakukan learning by doing namun ternyata ketangguhan mereka tidak cukup untuk tetap bertahan ketika pelajaran belum selesai. Mereka putus di tengah jalan.

Meskipun dari rekan-rekan motivator telah mencoba memberikan arahan dan cara untuk melakukan fokus, namun hasilnya belum maksimal sampai akhirnya kami pun mencoba untuk membedah hal sederhana ini. 

Memahami satu hal ternyata mengandung arti bahwa kita harus paham bisnis ini sampai detail sebelum kita memulai sebuah usaha. Literasi dan referensi perlu kita koleksi sebanyak banyaknya untuk mendukung impian-impian bisnis yang kita sebut dengan visi. Kemampuan menuangkan business plan adalah indikasi bahwa pelaku usaha memahami bisnis tersebut secara teori. Dan business plan tersebut merupakan alat atau tool bagi pelaku usaha untuk membantu mereka fokus pada hal yang telah mereka rencanakan.

Nah, arti selanjutnya dari fokus ternyata adalah dari sisi prakteknya yaitu melakukan bisnis tersebut dari awal sampai akhir. Dengan melakukan bisnis dari awal sampai akhir memberikan pelajaran yang sesungguhnya bahwa bisnis bukanlah hanya selembar business plan, melainkan sebuah action plan yang nyata yang melibatkan pemikiran, intuisi dan insting dalam setiap pengambilan keputusan. Keberanian dalam mengambil sebuah resiko dari waktu ke waktu adalah sebuah pengalaman yang akan terus terasah dan menjadi bekal yang sesungguhkan dalam menjalani bisnis ini. 

Mengapa harus dari awal sampai akhir? Sebuah portofolio bisnis harus dimiliki oleh seoran pelaku usaha sebelum disebut bahwa mereka telah memiliki panduan lengkap (secara praktek) dalam menjalani bisnis tersebut. Hal-hal pengambilan strategi dan taktik adalah pengalaman penting dalam portofolio tersebut. Inilah harta yang termahal dalam esensi sebuah bisnis dan harus dipahami benar oleh para pelaku UMKM. Sukses!


 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar