Laman

  • Home

Rabu, 02 Januari 2019

Banyak Customer Butuh Banyak Persiapan.

Banyak Customer Butuh Banyak Kesiapan.
Menyenangkan jika banyak customer tertarik dengan produk UMKM, namun ada banyaknya customer ini juga bisa menjadi masalah manakala UMKM tidak bisa memuaskan kebutuhannya atau bahkan justru mengecewakan mereka.

Tidak ada sebuah produk yang hadir langsung sempurna, pasti ada proses peningkatan kualitas dan perbaikan di sana-sini. Kemampuan kita dalam berkomunikasi dengan customer dengan mengatakan apa yang sebenarnya adalah kunci untuk menghindari kekecewaan yang akan terjadi di sisi customer. Yang lebih penting lagi adalah kita mau mendengarkan keluhan dan komplain customer serta mengambil tindakan cepat untuk perbaikan produk tersebut.

Kemudahan promosi dengan sosial media dan website harus disikapi dengan bijaksana, promosi yang teralu aktif sementara produk belum stabil dan belum prima bisa menimbulkan banyak potensi komplain dan kekecewaan di pihak pasar. Dari semula yang bertujuan untuk promosi bisa saja justru menjadi bumerang. Hal inilah yang seringkali terjadi dalam mempromosikan produk UMKM.

Kebanggaan atas banyaknya customer adalah kebanggaan semu, karena sebenarnya yang kita butuhkan adalah meningkatnya pesanan setiap customer secara berjenjang. Bukan banyaknya jumlah customer tetapi banyaknya pesanan setiap customer. 

Menyelaraskan kemampuan produksi dengan kemampuan pemasaran menjadi sangat penting dalam menjaga kepuasan pelanggan. Banyak customer menjadi bagus ketika kita siap dengan konsistensi kualitas dan kemampuan produksi karena tujuannya semua ekspetasi dari customer terpenuhi.

Dari semua hal yang saya ingatkan di atas, UMKM dengan basis produksi harus benar-benar siap tidak hanya dengan kualitas produk melainkan juga konsistensinya sehingga dibutuhkan sistem yang tertata untuk menjadi kualitas ini, yaitu SOP (Standard Operating Prosedur). Yang lain yang tidak boleh diabaikan dalam menjalankan SOP adalah kemampuan SDM yang memenuhi kualifikasi yang telah di-standard-kan. 

Butuh banyak persiapan untuk untuk menyerap banyak customer, apalagi ketika setiap customer memiliki karakteristik yang berbeda-beda serta mereka menuntut pelayanan yang berbeda. Tujuannya tetap sama, bahwa setiap customer yang berbisnis dengan kita dapat terpenuhi keinginan dan kebutuhannya karena inilah sebenarnya esensi dari marketing, yaitu: kepuasan pelanggan. Bukan jumlahnya, melainkan kualitas pelayanan kita kepada customer yang lebih penting. Sukses!


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar