Laman

  • Home

Rabu, 12 Desember 2018

Prospek Bisnis dan Investasi Jawa Tengah 2019

Seminar Ekonomi "Prospek Bisnis & Investasi Jawa Tengah 2019"
Bertempat di Aston Hotel & Convention Center Jl MT Haryono No 1 Purwodinatan - Semarang, Suara Merdeka menggelar seminar ekonomi dengan menghadirkan Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani dan Pengamat Ekonomi Nasional Bapak Faisal Basri dengan tajuk "Prospek Bisnis & Investasi Jawa Tengah 2019". Hadir sebagai nara sumber dalam acara ini adalah Sekda Jawa Tengah Bapak Sri Puryono, Kepada DPM PTSP Bapak Prasetyo Aribowo dan Gojek yang memberikan gambaran umum bisnis masa depan di dunia digital.

Daripada pelaku usaha bertanya-tanya mengapa bisnis semakin sulit saat ini, maka Suara Merdeka mengambil inisiatif untuk memberikan gambaran yang lebih riil dan fakta yang menggambarkan kondisi ekonomi saat ini dan ke depan. Ekonomi Indonesia mendapatkan tekanan yang berat dari kebijakan ekonomi makro negara USA yang semakin mengetat, sebagaimana yang disampaikan oleh Ibu Sri Mulyani.

Jika dari pemerintah yang diwakili oleh Menteri Keuangan menggambarkan angka-angka yang sangat optimis untuk pertumbuhan ekonomi di tahun ke depan yaitu di atas angka 5.1, maka Bapak Faisal Basri memberikan koreksi tentang pertumbuhan ekonomi yang kurang dari angka 5. Meskipun begitu Bapak Faisal Basri tetap optimis bahwa perekonomian di Indonesia akan baik-baik saja dan iklim investasi masih tetap menarik bagi pihak investor mengingat di negara-negara lain juga kondisinya tidak lebih baik dari Indonesia.

Sektor pajak yang sangat dirasakan bebannya saat ini oleh para pelaku usaha, baik perusahaan besar maupun UMKM selalu menjadi pertanyaan yang kurang tuntas diselesaikan dalam sebuah seminar ekonomi. Sebagaimana diketahui saat ini para pelaku usaha mengeluhkan beban pajak dari pemerintah yang semakin lama semakin berat karena mengejar target infrastruktur yang sangat dipaksakan, mengingat kondisi keuangan negara yang tidak dalam kondisi tidak mampu. Kondisi yang dipaksakan ini bisa menjadi beban berat bagi pelaku usaha dalam kondisi lingkungan ekonomi yang kurang kondusif saat ini.Kepentingan politik menjadi hal yang sangat mendominasi semua kebijakan-kebijakan pemerintah dalam berbagai sektor, terutama ekonomi.

Seminar ekonomi ini menjadi sumber informasi yang sangat penting bagi para pelaku UMKM untuk menentukan arah strategi pengembangan usahanya di tahun ke depan. Mereka harus mengamankan core bisnis mereka sebelum melakukan ekspansi dalam situasi yang kurang menentu di tahun depan. Atau dengan kata lain, UMKM harus bisa bertahan melewati masa-masa yang akan semakin ketat dan penuh tantangah di tahun depan. Digitalisasi dan fokus pada bisnis skala UMKM menjadi fokus pengembangan ekonomi di tahun 2019.





 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar