Laman

  • Home

Minggu, 09 Desember 2018

Mempertahankan Cita Rasa, Mempertahankan Pelanggan.

Soto Mas Boed, Jl Jati Raya Banyumanik Semarang.
Orang Jawa suka soto, dan penggemar soto di Banyumanik suka soto Mas Boed. Ha-Ha, ini adalah ungkapan promotif dari saya pribadi yang merupakan penggemar dari soto angkring Mas Boed yang berlokasi di Jl Jati Raya Banyumanik, di depan Kantor Pos Jati Raya Banyumanik.

Konsisten dalam rasa dan semuanya selalu masakan baru, itu yang merupakan rutinitas di warung soto ini. Kebetulan saya kenal baik dengan Mas Boed dan sering ngobrol dengan beliau tentang bagaimana kiat-kiat dan cita-citanya dalam mengembangkan bisnisnya di masa mendatang. Dan ternyata benar bahwa beliau sangat hati-hati dengan kualitas dan cita rasa dari produknya, bisa dikatakan beliau adalah produsen yang loyal dengan kualitas.

Dan berbagai warung soto, warung soto Mas Boed yang sangat konsisten menjaga cita rasa. Ketika yang lain mulai ditinggalkan oleh pelanggannya maka soto Mas Boed masih mendapatkan "loyalitas" dari pelanggan. Konsistensi ini secara berjenjang dijaga dari mulai pemilihan bahan baku, proses dan SDM yang mengolah masakan tersebut. Ketiga hal ini mendapatkan kontrol yang ekstra dari pemilik usaha, agar cita rasa dan kualitas produknya masih terjaga sebagaimana dengan loyalitas pelanggannya.

Saya menulis ini untuk mengingatkan pelaku UMKM yang lain untuk menjadi konsistensi dalam kualitas dan cita rasa produk pangannya. Mas Boed adalah salah satu pelaku UMKM yang sangat ketat dalam hal ini sehingga masih mendapatkan loyalitas dari pelanggannya. Hal ini pulalah yang membuat Mas Boed masih mempertimbangkan untuk membuka cabang atau franchise, karena tantantan kendali kualitas atas sumber bahan baku, proses memasak dan SDM yang mengolahnya. 

Kualitas adalah hal yang akan selalu diingat oleh pelanggan terhadap produk kita, sebuah kesalahan dalam menjaga kualitas bisa berakibat fatal terhadap hilangnya pelanggan. Mungkin hal ini yang menjadi warning dari Mas Boed alam mengelola usahanya. Semoga Mas Boed bisa segera membuat SOP dari mulai pemilihan baku, proses maupun kualifikasi SDM serta bisa mematenkan merk dagangnya agar bisa segera membuat franchise Soto Mas Boed yang tentunya ditunggu-tunggu oleh penggemarnya di luar kota. Sukses terus Mas Boed!